Tren Berkebun: Kenali Jenis Tanaman Indoor dan Tips Merawatnya

Tren Berkebun: Kenali Jenis Tanaman Indoor dan Tips Merawatnya

font size A Ǎ

Memilih untuk di rumah saja buat beberapa waktu ini bukan berarti membuat kamu tidak bisa melakukan apa-apa kan? Di fase new normal ini, banyak kalangan yang tetap memilih berada di rumah dulu sementara, dan mengulang tren yang diminati oleh banyak dari mereka: berkebun.

Sekarang ini berkebun tidak seperti mesti kalangan-kalangan terdahulu yang membutuhkan lahan luas, berbagai peralatan keras untuk bercocok tanam dan sebagainya. Berkebun sekarang ini bahkan bisa dilakukan di teras rumah atau di balkon apartemen kamu.

 

 

Selain berkebun sayuran-sayuran organik, tren tanam-menanam ini juga merambah ke jenis tanaman hias. Beberapa waktu belakangan ini, tanaman hias naik daun karena dinilai bisa membantu mengurangi tingkat tekanan karena pandemi.

Hal ini ada kemungkinannya berkaitan dengan tanaman hias yang mempunyai sentuhan magis dengan kesegaran bentuk maupun warnanya. Sehingga untuk diletakan di luar ruangan atau di dalam rumah, ruangan tersebut memiliki estetika tersendiri.

Nah, terkait dengan peletakannya yang bisa di dalam rumah, buat kamu yang tertarik dan penasaran apa saja tanaman hias yang bisa diletakan di dalam ruangan, dilansir dari situs CNN Indonesia, sila simak bahasan kali ini untuk mengetahui selengkapnya ya!

 

5 Tanaman Hias yang Cocok Untuk di Dalam Rumah

 

Tren Berkebun: Kenali Jenis Tanaman Indoor dan Tips Merawatnya

Tren Berkebun: Kenali Jenis Tanaman Indoor dan Tips Merawatnya. credit image: idntimes.com

Peace Lily

Menjadi salah satu jenis tanaman umbi yang memiliki bentukan bunga besar saat merekah, peace lily kerap menjadi tanaman hias yang bisa diletakan di dalam rumah karena bentukannya yang manis. Warnanya yang menawan, menambah estetika ruangan tersebut.

Melansir lagi dari Balcony Garden Web, peace lily ini ternyata juga bisa mengurangi spora di udara dengan cara menyerapnya, lho. Jika kamu punya ruangan di dalam rumah yang sedikit lembap, peace lily cocok sekali diletakan di sana terkait fungsinya.

Sementara itu, beberapa kalangan malah menaruh peace lily di kamar tidurnya. Hal ini disebabkan oleh aroma dan suasana relaksasi yang bisa dipancarkan dari peace lily membuat tidur menjadi semaki nyenyak.

 

Tren Berkebun: Kenali Jenis Tanaman Indoor dan Tips Merawatnya

Tren Berkebun: Kenali Jenis Tanaman Indoor dan Tips Merawatnya. credit image: thespruce.com

Dracaena

Tidak hanya peace lily saja yang bisa menyerap spora di udara, dracaena adalah salah satu tanaman hias yang juga mempunyai fungsi yang kurang lebih sama. Tanaman hias yang satu ini memiliki senyawa fenolik dan flavonoid.

Dua senyawa tersebut berfungsi sebagai penolak radikal bebas dan juga bertindak sebagai senyawa antioksidan yang sangat baik. Nah, namun dari bentukannya – dracaena cocok untuk menjadi pembatasan ruangan, lho.

Terlebih jika ruangan kamu bernuansa etnik kayu dana lam, dracaena semakin hidup dengan nilai-nilai estetikanya itu.

 

Asparagus

Ini bukan jenis makanan yang bisa dikonsumsi, ya. Asparagus yang satu ini adalah salah satu tanaman hias yang cocok sekali untuk ditaruh di dalam ruangan. Namun ada yang kamu mesti perhatikan, yaitu suhu ruangan.

Jika suhu ruangan terlalu dingin – asparagus akan cepat mati. Oleh karena itu, pastikan suhu ruangan kamu sampai pada tahap sejuk saja, tidak perlu sampai terlalu dingin.

 

Tren Berkebun: Kenali Jenis Tanaman Indoor dan Tips Merawatnya

Tren Berkebun: Kenali Jenis Tanaman Indoor dan Tips Merawatnya. credit image: freepik.com

Succulent

Malas merawat seperti menyiram air untuk tanaman hias kamu? Sukulen menjadi solusi di mana kamu yang ingin tetap memiliki tanaman hias, tapi tidak mau repot merawatnya. Sukulen adalah salah satu tanaman hias yang hemat air!

Menjadi populer di beberapa waktu terakhir ini, sukulen mirip dengan kaktus sehingga jika dijajarkan dengan jenis lainnya, akan semakin manis karena nilai estetikanya keluar dengan mudah jika ditaruh di dalam ruangan.

 

Tren Berkebun: Kenali Jenis Tanaman Indoor dan Tips Merawatnya

Tren Berkebun: Kenali Jenis Tanaman Indoor dan Tips Merawatnya. credit image: hipwee.com

Monstera

Menjadi salah satu tanaman asli dari hutan tropis Amerika bagian tengah, monstera memiliki bentuk daun hijau tua yang bentuknya khas dan unik. Tidak heran monster begitu populer di kalangan tanaman hias karena begitu estetik ketika berada di dalam ruangan.

Namun ada yang mesti kamu perhatikan nih kalau mau memiliki monstera di dalam rumah. Monstera pada getahnya memiliki racun yang cukup berbahaya untuk orang atau binatang peliharaan yang tidak sengaja memakannya.

Oleh karena itu, kamu bisa meletakan monstera di tempat-tempat yang tidak tersentuh oleh binatang peliharaan ya.

 

Tips Merawat Tanaman Hias

Berdasarkan lima tanaman hias yang ada di atas – ada beberapa cara umum untuk memeliharanya dengan baik. Pemeliharaan ini tidak seperti tanaman lainnya yang dinilai cukup sulit. Cukup sederhana dan tentunya bisa kamu terapkan dengan baik.

Perawatannya seperti:

 

  • Penyiraman 2 sampai 3 kali dalam seminggu
  • Berikan pencahayaan yang proporsional
  • Berikan kerikil di permukaan tanah untuk atur kelembapan
  • Pangkas daun tua atau kering

 

 

Wah bagaimana nih? Dari lima tanaman hias yang ada di atas – apakah sudah ada yang kamu tandai untuk mempercantik ruangan kamu di dalam rumah?

 

Feature Image – detik.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!