Cari Kerja di Tengah Pandemi? Coba Asah 5 Soft Skill Berikut Ini

Cari Kerja di Tengah Pandemi? Coba Asah 5 Soft Skill Berikut Ini

font size A Ǎ

Pandemi Covid-19 memberi dampak bagi hampir semua aspek kehidupan, tak terkecuali perekonomian. Saat ini, ekonomi Indonesia sedang menurun yang membuat banyak perusahaan harus memberhentikan sementara tenaga kerja, pemotongan gaji, hingga melakukan pemutusan hubungan kerja atau PHK.

Menurut data Kementerian Ketenagakerjaan dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja mencatat ada tiga juta tenaga yang terdampak pandemi virus corona pada tanggal 1 April sampai 27 Mei 2020.

Kondisi seperti inilah yang membuat persaingan dalam mencari kerja semakin ketat dan perusahaan pun akan semakin selektif dalam memilih karyawan. Dalam pemilihan kandidat kerja, berbagai tes juga dilakukan untuk mendapatkan pekerja dengan kemampuan yang tinggi.

Dilansir dari katadata.co.id, soft skill merupakan kemampuan yang sangat dipertimbangkan pada saat merekrut karyawan. Soft skill ini juga termasuk kecerdasan secara emosional.

Soft skill sendiri merupakan kemampuan perilaku yang dimiliki seseorang dalam mencapai karier, sehingga seseorang dapat berinteraksi baik dengan lingkungan sekitarnya. Hal ini dilakukan dengan menerapkan komunikasi yang baik, menyesuaikan diri, bekerja sama, interaksi sosial, mengelola waktu, membangun jaringan, memecahkan masalah, dan kemampuan interpersonal yang dapat meningkatkan kineja dan tujuan perusahaan.

Berdasarkan ulasan dari Business Insider, setidaknya ada lima soft skill yang paling dicari dan dibutuhkan tahun ini, terutama di masa pandemi. Berikut kelima soft skill tersebut.

 

 

 

Kreativitas

Keterampilan kreatiitas merupakan kemampuan seseorang untuk memiliki ide dan solusi kreatif ketika memecahkan masalah di berbagai situasi. Perusahaan memerlukan seseorang yang memiliki pemikiran kreatif saat bekerja, tidak terlalu kaki, dan mudah membaur dengan orang- orang yang ada di sekitarnya.

Cari Kerja di Tengah Pandemi? Coba Asah 5 Soft Skill Berikut Ini

Cari Kerja di Tengah Pandemi? Coba Asah 5 Soft Skill Berikut Ini / Credit: pintaria.com

 

Persuasi

Soft skill yang satu ini berhubungan dengan bagaimana seseorang dapat meyakinkan idenya, sehingga bisa diterima oleh orang lain. Perusahaan membutuhkan seseorang dengan keterampilan ini, apalagi di masa persaingan yang ketat dengan berbagai kompetitor.

 

Kolaboratif

Kemampuan ini perlu dimiliki ketika karyawan akan bekerja dalam tim. Seseorang yang bisa diajak berkolaborasi serta mengungkapkan gagasannya dengan anggota tim, tentu memiliki poin lebih ketimbang seseorang yang sulit untuk bekerja dalam tim.

Cari Kerja di Tengah Pandemi? Coba Asah 5 Soft Skill Berikut Ini

Cari Kerja di Tengah Pandemi? Coba Asah 5 Soft Skill Berikut Ini / Credit: aug.co

 

Adaptif

Soft skill yang satu ini mengharuskan karyawannya untuk cepat beradaptasi dan cocok dengan budaya kerja. Kemampuan adaptif ini penting, terutama saat dunia mengalami berbagai perubahan yang juga berdampak pada perusahaan.

 

Kecerdasan Emosional

Tekanan pekerjaan yang tinggi pasti akan dialami karyawan selama pandemi ini. Perusahaan memerlukan seseorang yang dapat mengelola stres dengan baik serta bisa fokus bekerja dalam kondisi apapun. Kemampuan emosional ini juga termasuk dapat menyesuaikan diri serta tidak mencampurkan masalah pribadi dengan pekerjaan.

 

 

 

Featured Image - knowledge.insead.edu

Source - katadata.co.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!