Anak bayi dan batita mungkin sulit dipisahkan dari botol susunya. Namun, seiring bertambahnya usia, si kecil tentu harus beralih menggunakan gelas untuk minum susu. Melatih anak berhenti ngedot, tidak mudah dan butuh cara khusus. Karena, selain memberi kemudahan bagi anak untuk minum, botol susu juga bisa memberikan  kenyamanan.

Penggunaan botol susu dalam waktu lama dapat menyebabkan gigi berlubang dan menyebabkan si kecil minum susu lebih banyak dari yang dibutuhkan. 

Untuk melatih anak agar mau beralih dari botol susu dan memakai gelas, kamu bisa mengikuti tips berikut ini.

1. Lihat kesiapan anak berdasarkan usianya

Credit: Theasianparents.id

Anak- anak sudah bisa dikenalkan dengan gelas bayi ketika usianya 6 bulan. Setelah usianya mencapai 1 tahun, anak sudah bisa memegang gelas bayi dengan baik. Pada usia inilah kamu bisa melatih anak untuk berhenti minum susu pakai botol dot.

Jangan mengajari anak terlalu cepat dan memaksanya karena bisa membuat anak frustrasi. Namun, ingat untuk jangan terlalu santai tidak mengenalkan gelas untuk minum susu karena akan membuat kamu sulit menghilangkan kebiasaannya untuk ngedot.

2. Ganti botol susu dengan gelas secara perlahan

Credit: Liputan6

Kemudian, cara selanjutnya untuk melatih anak berhenti ngedot adalah melatihnya melepas botol susu dengan sabar. Lakukan hal ini secara perlahan.

Misalnya, jika biasanya anak minum susu tiga kali sehari, ganti botol susu dengan gelas bayi saat minum susu di pagi hari. Lakukan ini secara bergantian, yaitu di waktu siang atau malam di hari selanjutnya.

Mengganti botol susu dengan gelas di malam hari memang lebih sulit dibanding waktu lainnya. Karena, ngedot di malam hari adalah rutinitas anak yang membuatnya tidur nyenyak. Namun, kamu bisa mengalihkan perhatian bayi dari rutinitas ngedot malam dengan aktivitas lain, seperti membacakan dongeng atau memberikan pijatan lembut yang bisa membuatnya mengantuk.

3. Beri contoh

Credit: Suara

Anak- anak belajar cepat dengan melihat orang- orang di sekelilingnya. Saat waktunya untuk minum susu, kamu bisa memperlihatkan kepada anak bahwa cara minum susu adalah dengan gelas. Kamu bisa minum susu bersama dengannya. Siapkan segelas susu untukmu dan susu dalam gelas bayi untuk si kecil.

Jika si kecil berhasil menghabiskan susu dalam gelas bayi, jangan lupa memberinya pujian. Pujian bisa memotivasi anak untuk melakukan yang terbaik. Bila latihan ini dilakukan dengan rutin, anak akan terbiasa dan melepas kebiasaan minum susu dengan botol dot.

4. Jauhkan botol dot dari jangkauan anak

Credit: Hellosehat

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan agar anak berhenti pakai botol dot adalah jauhkan botol susu yang ada di rumah dari jangkauannya. Seperti dimasukkan ke dalam wadah tertutup dan diletakkan di atas lemari.

Hilangnya botol susu dari pandangan anak, bisa membantu bayi melupakan botol dot lebih cepat, sekaligus mencegah anak merengek meminta botol dotnya kembali.

 

Featured Image - Hellosehat