karyawan kurang produktif, maka berbagai kegiatan yang berkaitan dengan pekerjaan dapat terhambat dan akhirnya ikut mempengaruhi operasional perusahaan.

Agar produktivitas karyawan tetap terjaga, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan seperti merencanakaan apa saja yang akan dikerjakan, perkirakan waktu pengerjaan tugas, lakukan pekerjaan yang penting terlebih dahulu, dan hindari kegiatan atau hal yang bisa mengganggu pekerjaan.

Tapi, ada satu hal lagi yang bisa bantu menjaga dan meningkatkan produktivitas pekerja, yaitu mengonsumsi makanan sehat, terutama saat di kantor. Lalu, apa hubungannya mengonsumsi makanan sehat dengan produktivitas karyawan? Simak selengkapnya disini.

 

 

 

Alasan Mengonsumsi Makanan Sehat Bisa Bantu Jaga Produktivitas

Jarang Diketahui, Ini Hubungan Mengonsumsi Makanan Sehat dengan Produktivitas Kerja / Credit: careeraddict.com

Dilansir dari Healthline, ada berbagai alasan mengapa makanan yang kamu konsumsi dapat mempengaruhi produktivitas kamu. Ini di antaranya:

Hubungan Langsung Makanan dan Produktivitas

Jika kamu lebih sering mengonsumsi makanan yang kurang sehat dan tidak beragam, maka performa tubuhmu dapat berkurang, dan hal ini tentu akan mempengaruhi kinerja kamu. Tak hanya kinerja, tapi ada beberapa dampak lain yang dapat ditimbulkan yaitu menjadi mudah lelah, tak bersemangat, mudah marah, tidak mampu berpikir jernih, dan kemampuan menyelesaikan pekerjaan jadi menurun.

Hubungan Tak Langsung Makanan Dengan Produktivitas

Ada pula hubungan tak langsung antara makanan dengan produktivitas. Seperti makan siang yang terlalu tinggi karbohidrat, lemak, dan energi bisa menyebabkan sakit kepala. Selain itu, rasa kenyang setelah menyantap makanan tersebut juga bisa menimbulkan rasa kantuk berlebihan.

Karena hal ini, kamu akan lebih sulit konsentrasi, memecahkan masalah, mengingat, dan mengolah informasi. Sehingga, dapat dikatakan produktivitas akan menurun.

Tak hanya itu, makanan terlalu tinggi kalori pun dapat memicu obesitas, yang juga berdampak pada pola tidur. Jadi, secara tak langsung produktivitas kamu pun akan terganggu dan menurun.

 

Tenang, Ini 5 Trik Makan Sehat Untuk Para Pekerja!

Jarang Diketahui, Ini Hubungan Mengonsumsi Makanan Sehat dengan Produktivitas Kerja / Credit: 4residualinc.com

Jangan khawatir! Untuk mencegah hal ini terjadi, berikut sejumlah tips makan sehat untuk para pekerja kantoran.

Sarapan dan Makan Malam

Yang tak boleh dilewatkan adalah sarapan dan makan malan dengan menu lengkap dan seimbang. Menu makanan kamu harus mengandung karbohidrat, protein, lemak, dan juga serat.

Makan Siang Teratur

Hindari untuk menunda makan siang kamu ya. Karena, kebiasaan ini bisa membuatmu jadi lapar di jam yang tidak seharusnya. Dan, nantinya dapat memicu kamu mencari camilan.

Jika memungkinkan, kamu bisa membawa bekal masakan sendiri agar kamu benar- benar tahu apa saja yang kamu konsumsi dan berapa jumlah kalorinya.

Konsumsi Camilan Sehat

Kalau kamu ingin mengonsumsi camilan, pilihlah snack yang sehat ya. Hindari mengonsumsi camilan yang tinggi gula, garam, dan lemak. Sebagai alternatif, pilih buah atau kacang-kacangan sebagai camilan sehatmu.

Penuhi Kebutuhan Cairan dan Serat

Air putih dan serat juga tidak boleh dilupakan! Penuhi kebutuhan cairanmu dalam setiap hari dan hindari minum minuman yang tinggi gula. Selain itu, penuhi kebutuhan serat sebanyak 5 porsi kecil sayur dan buah dalam sehari.

Rencanakan Makan

Tips yang satu in bisa membantumu terhindar dari “lapar mata” atau keinginan mengonsumsi banyak makanan yang sebenarnya tidak dibutuhkan tubuh. Saat kamu merasa kenyang, kamu dapat memilih menu makanan lebih tenang. Selain itu, pemilihan makanan pun bisa lebih sehat dan bergizi seimbang.

 

 

Nah, itu dia hubungan makanan sehat dengan produktivitas kamu saat bekerja. Berdasarkan penjelasan di atas, mengonsumsi makanan sehat memang penting ya, terutama untuk menunjang produktivitas kerjamu.

Dan, mulai sekarang yuk coba terapkan ke-5 tips di atas agar pola makan tetap terjaga meskipun kamu memiliki aktivitas yang padat!

 

Featured Image - huffpost.com