Sistem kerja work from home menjadi salah satu terapan yang mesti dilakukan oleh hampir sebagian orang di masa pandemi Covid-19 ini. Namun sebagian orang juga sepertinya belum akrab dengan sistem ini sehingga mungkin tidak begitu efektif untuk mereka.

Sebenarnya sistem ini juga punya nilai positif, lho. Nilai-nilai yang dimaksud seperti kamu jadi punya banyak waktu dengan keluarga, jam kerja yang fleksibel serta kamu jadi bisa mencoba hobi-hobi yang sebelumnya belum kamu lakukan.

 

 

Namun terlepas dari hal itu, sistem work from home mempunyai beberapa persyaratan agar penerapannya bisa berjalan dengan lancar. Persyaratan terkait seperti kesadaran diri akan tanggung jawab pekerjaan, disiplin waktu dan fokus.

 

credit: mamamia.com.au

Oleh karena itu – ada beberapa hal yang sebaiknya tidak kamu lakukan selama WFH ini. Karena jika kamu lakukan, hal-hal ini berpotensi besar untuk membuat work from home kamu berantakan. Penasaran apa saja hal-hal itu? Sila simak bahasan kali ini untuk selengkapnya ya!

 

Bekerja Dengan Masih Menggunakan Piyama

Walau tidak ada yang bisa mengomeli mu bekerja dengan piyama saat work from home, tapi langkah ini adalah salah satu hal yang sebaiknya tidak kamu lakukan. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Northwestern University – piyama tidak membuat ada berada di dalam ‘mode’ bekerja.

Hal ini bisa terbukti dari pekerjaan yang terus tertunda karena kamu mendapatkan distraksi. Seperti malas melakukan apapun, malah menonton tv sepanjang waktu dan hanya tidur-tiduran tanpa menyelesaikan pekerjaan. Alhasil, pekerjaan kamu terbengkalai.

 

Kasur Jadi Working Space

Membuat tempat tidur kamu menjadi working space sepertinya tidak masuk ke dalam rekomendasi untuk work from home yang efektif. Hal ini terkait dengan pembawaan tempat tidur yang bisa membuat kamu bermalas-malasan seharian.

Oleh karena itu, agar WFH kamu efektif dan semua pekerjaan kantor bisa dikerjakan dengan baik dan benar – sila siapkan meja tersendiri atau ruang dengan pencahayaan yang baik agar kamu bisa mendapatkan semangat dari hal tersebut.

 

Jangan Tidak Berkomunikasi

Salah satu tips efektif untuk WFH adalah terus berkomunikasi dengan teman kantor dari berbagai platform. Oleh karena itu, kamu jangan sampai absen nih buat terus berkomunikasi sama teman kantor.

Hal ini bisa terus membuat kamu update dengan pekerjaan kantor dan bisa terus memperbarui progress pekerjaan kamu ya!

 

Tidak Berolahraga

Walaupun bekerja dari rumah – tapi tidak membuat kamu tidak berolahraga ya! WFH membuat waktu kamu jadi lebih banyak dan bisa melakukan apapun yang kamu mau, termasuk berolahraga. Oleh karena itu, jaga daya tahan tubuh kamu dengan berolahraga juga!

 

Tidak Membuat Daftar Tugas

Nah hal ini adalah salah satu hal yang penting dan harusnya mesti kamu lakukan. Jika tidak membuat daftar pekerjaan, diprediksi kamu jadi lupa apa saja yang mesti kamu selesaikan.

Kalau sudah begitu, dikhawatirkan kamu tidak akan menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan benar, malah terbengkalai.

 

 

Wah bagaimana nih? Berdasarkan lima hal di atas – sebaiknya kamu menghindari hal-hal tersebut supaya WFH kamu tetap efektif dan pekerjaan selesai sesuai ekspektasi ya.

 

Feature Image – IDN Times