Hari ulang tahun (HUT) Republik Indonesia yang ke-75 sudah tiba. Biasanya di tanggal 17 Agustus ini, masyarakat Indonesia merayakan kemerdekaan secara meriah, seperti upacara di berbagai daerah, hingga melakukan lomba Agustusan.

Tapi tahun ini perayaan HUT RI yang ke-75 akan berbeda. Karena, pandemi Covid-19 masih terus berlangsung melanda dunia. Upacara kemerdekaan pun di batasi, begitu pula perlombaan yang sebagian besar tidak dapat terlaksana.

Masyarakat pun dituntut menjadi lebih kreatif dalam mencari ide dan membuat perlombaan kekinian dengan mempertimbangkan sejumlah protokol kesehatan. Yang pada akhirnya, lomba- lomba 17 Agustusan ini dilaksanakan secara virtual.

Berikut ini 8 ide lomba Agustusan yang mungkin bisa kamu ikuti.

 

 

 

Lomba Video Kreatif

17 Agustus Di Tengah Pandemi, Ini 8 Lomba Online yang Bisa Bikin Meriah! / Credit: terasjabar.id

Di zaman sekarang, hampir semua generasi menonton video di YouTube. Ini bisa dimanfaatkan untuk merayakan momen 17 Agutusan di tengah pandemi, dengan membuat perlombaan video kreatif dengan tema hari Kemerdekaan.

Nantinya, peserta bisa diminta untuk memberi ucapan dalam bentu video dengan editan yang menarik, dan kemudian di upload ke YouTube.

 

Lomba TikTok

Ingin lomba 17 Agustusan yang unik dan berbeda, serta cocok bagi anak- anak yang masih duduk di bangku sekolah? Bisa juga melalui TikTok! para peserta dapat berkreasi sedemikian rupa dengan berbagai gerakan lucu dan kemudian ditampilan di TikTok.

 

Lomba Turnamen Game Online

Ide lomba yang satu ini juga bisa jadi alternatif untuk lomba 17 Agustusan di tengah pandemi. Tentu saja, game online akan sangat diminati dan aman karena dimainkan dari rumah masing- masing. Jadi, physical distancing dapat tetap diterapkan.

 

Lomba Kuis Online

Kalau biasanya lomba kuis atau cerdas cermat dilakukan dalam kelompok, kali ini bisa dicoba dengan bermain kuis sendiri- sendiri secara online di rumah. Panitia dapat mengangkat tema hari kemerdekaan sebagai pertanyaan.

 

Lomba Cuci Tangan

Cuci tangan bisa menjadi ide lomba yang sederhana, hemat biaya, dan tentu saja efektif untuk mengajarkan peserta untuk selalu menjaga kebersihan serta kesehatan. Lombanya pun mudah, peserta hanya tinggal mempraktekan bagaimana langkah cuci tangan yang benar.

17 Agustus Di Tengah Pandemi, Ini 8 Lomba Online yang Bisa Bikin Meriah! / Credit: amaven.co.za

 

Lomba Menghias Masker

Di masa pandemi, masker merupakan benda yang wajib digunakan setiap kali ke luar rumah. Nah, manfaatkan momen ini dengan membuat lomba menghias masker. Caranya mudah, cukup siapkan masker polos dan minta peserta untuk menghiasnya.

 

Lomba Tebak Bibir Online

Lomba ini dapat dilakukan secara virtual tanpa harus bertemu langsung. Peserta diminta untuk mengucapkan kalimat yang sudah ditentukan tanpa bersuara. Kemudian, peserta lainnya harus bisa menebak kalimat yang diucapkan.

 

Lomba Menulis

Menulis merupakan salah satu lomba yang paling sering dilakukan. Peserta bisa diminta untuk menuliskan cerita mengenai perjuangan, perayaan 17 Agustus, hingga rasa cinta terhadap tanah air.

 

 

 

Featured Image - glints.com

Source - detik.com