Deretan Dongeng Anak Tradisional Indonesia yang Bisa Dibacakan Pada Si Kecil

Deretan Dongeng Anak Tradisional Indonesia yang Bisa Dibacakan Pada Si Kecil

font size A Ǎ

Seperti yang sudah pernah dijelaskan pada bahasan sebelumnya kalau membacakan dongeng anak bisa membuat tumbuh kembangnya menjadi lebih baik. Hal tersebut dikarenakan oleh daya imajinasinya yang kamu pacu dari pembacaan dongeng anak itu.

Selain itu, membacakan dongeng anak juga bisa membuat si kecil memiliki rasa keingintahuan yang tinggi dan juga bisa menumbuhkan minat membacanya sejak dini. Oleh karena itu, membacakan dongeng anak memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang si kecil.

Nah yang akan dibahas di ulasan kali ini adalah rekomendasi dongeng anak tradisional. Indonesia memiliki cerita rakyat yang sangat banyak dan beragam. Beberapa di antaranya cocok untuk diceritakan ke si kecil.

 

 

Rekomendasi dongeng anak tradisional ini bisa jadi opsi atau pilihan saat di mana kamu sudah kehabisan ide untuk mendongengkan apa lagi ke si kecil. Lagipula, dongeng anak tradisional ini tidak kalah seru kok ceritanya dengan dongeng-dongeng anak yang sifatnya lebih global.

Oh iya, salah satu manfaat menceritakan dongeng anak tradisional juga secara tidak langsung bisa mengajarkan si kecil apa itu keberagaman. Si kecil bisa belajar toleransi, saling menghargai dan menghormati dari berbagai cerita atau dongeng anak tersebut.

Wah sudah penasaran ya dongeng anak tradisional apa saja yang akan direkomendasikan di bawah ini? Daripada menebak-nebak sendiri, sila simak bahasan kali ini untuk selengkapnya ya!

 

Deretan Dongeng Anak Tradisional Indonesia yang Bisa Dibacakan Pada Si Kecil

Deretan Dongeng Anak Tradisional Indonesia yang Bisa Dibacakan Pada Si Kecil. credit image: freepik.com

Rekomendasi Dongeng Anak Tradisional

 

Lutung Kasarung

Mulai dari daerah Jawa Barat dulu nih, salah satu suku asli Jawa Barat adalah suku sunda yang punya cerita atau dongeng anak tradisional yang menarik. Salah satu dongeng anak tradisionalnya yang populer adalah Lutung Kasarung.

Dalam bahasa Sunda, Lutung Kasarung artinya Lutung yang Tersesat. Cerita dongeng ini cukup kompleks sehingga ada kemungkinan kamu bisa dua sampai tiga kali menceritakan kembali kepada si kecil. Namun jangan lupa untuk menyisipkan nilai moral yang ada di dalam dongeng anak tersebut.

Salah satu nilai moral yang ada di dalam dongeng anak ini adalah sebaiknya tidak punya sifat yang suka memandang rendah orang lain, harus memiliki sifat pemaaf dan tidak jadi individu atau seseorang yang pendendam karena itu tidak baik.

 

Legenda Danau Telaga Warna

Dongeng anak tradisional yang satu ini perlu kamu perhatikan juga, lho. Hal ini menyangkut cerita atau pesan moral yang ada di cerita Legenda Danau Telaga Warna. Pesan moral yang ada di cerita atau dongeng anak ini adalah orang tua yang sebaiknya tidak memanjakan anak.

Dan untuk yang mendengarkan cerita ini atau untuk si kecil – kamu bisa menyisipkan pesan moral di mana seorang anak tidak perlu menjadi anak yang manja karena menjadi mandiri itu baik.

 

Malin Kundang

Yang satu ini cukup klasik – sepertinya banyak anak yang didongengkan cerita legenda yang satu ini. Malin Kundang adalah salah satu dongeng anak yang populer di Indonesia. Ceritanya juga sangat menyentuh sehingga cukup direkomendasikan buat kamu ceritakan ke si kecil.

Seperti yang diketahui, Malin Kundang adalah anak yang durhaka kepada ibunya sehingga ia dikutuk menjadi batu. Pelajaran yang bisa kamu berikan untuk si kecil adalah agar seorang anak harus bisa selalu menyayangi orang tua dan keluarganya.

 

Legenda Batu Batangkup

Selain Malin Kundang, ada cerita atau dongeng anak yang perlu kamu ceritakan juga ke si kecil. Dongeng anak yang dimaksud adalah Legenda Batu Batangkup. Cerita atau dongeng ini dinilai cukup seru dan cukup baik diceritakan ke si kecil.

Hal ini mengacu kepada pesan moral yang ada di dalamnya. Pesan moral yang ada di dalamnya adalah jangan menjadi anak yang malas karena hal itu tidak baik sama sekali.

 

 

Wah bagaimana nih? Dari empat rekomendasi cerita atau dongeng anak tradisional yang sudah disebutkan di atas – mau yang mana dulu nih yang mau kamu ceritakan untuk si kecil?

 

Feature Image – medium.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!