Begini Cara Cerdas Ciptakan Lingkungan Belajar Anak yang Menyenangkan

Begini Cara Cerdas Ciptakan Lingkungan Belajar Anak yang Menyenangkan

font size A Ǎ

Tidak hanya kamu saja yang pernah merasakan work from home atau WFH yang cukup lama, si kecil mungkin sampai sekarang belum bisa menghadapi fase new normal dengan kembali lagi ke sekolahnya. Hal ini terkait dengan penilaian kerumunan di sekolah bisa jadi klaster baru penularan Covid-19.

Oleh karena itu, beberapa sekolah yang masih berada di zona merah atau bahkan zona hitam, tidak melakukan kegiatan belajar mengajar secara fisik bertemu di sekolah. Kebanyakan masih menggunakan sistem daring untuk KBM nya itu sendiri.

 

 

Nah terkait KBM yang masih dilakukan secara online tentu si kecil akan berada di rumah saja untuk sementara ini. Sayangnya karena berada di rumah saja, beberapa anak mungkin tidak terlalu termotivasi untuk belajar karena menganggap belajar hanya di sekolah saja.

Dikhawatirkan yang seperti ini akan semakin tertinggal karena tidak ada motivasi untuk belajar lagi. Namun tenang – ada hal yang bisa kamu lakukan untuk mereka, lho. Seperti yang akan dibahas di ulasan kali ini, Dilansir dari CNN Indonesia, setidaknya ada 7 hal yang bisa kamu terapkan untuk mereka rajin belajar lagi.

Penasaran apa saja tujuh hal tersebut? Daripada semakin penasaran dan menebak-nebak sendiri, sila simak bahasan kali ini untuk selengkapnya ya!

 

7 Hal yang Bisa Kamu Terapkan

Agar si Kecil Semangat Belajar

 

Begini Cara Cerdas Ciptakan Lingkungan Belajar Anak yang Menyenangkan

Begini Cara Cerdas Ciptakan Lingkungan Belajar Anak yang Menyenangkan. credit image: okezone.com

Area Khusus Untuk Belajar

Usahakan untuk tidak berada di kamar tidur atau ruangannya si kecil untuk membuatnya ia belajar mengikuti KBM daring yang diselenggarakan oleh pihak sekolah. Hal ini menghindari rasa malas dan rasa ingin tidur-tiduran dari si kecil, nih.

Oleh karena itu, kalau bisa kamu bisa siapkan area tertentu atau area khusus untuk ia belajar. Misalnya, teras di depan rumah, atau teras di taman samping, yang terpenting asal tidak berada di kamar tidurnya saja. Jika tidak ada area yang bisa kamu siapkan, kamu bisa menggunakan ruang tamu atau ruang keluarga untuk si kecil belajar dari rumah.

 

Area Belajar yang Bersih

Kamu bisa minta bantuan si kecil untuk ikut membersihkan area yang akan digunakan untuk belajar tersebut. Kamu bisa mengajarkan kalau kebersihan adalah pangkal kesehatan dan bisa membuat ia tenang dalam proses belajarnya.

Kondisi ruangan atau area untuk belajar yang bersih bisa meningkatkan suasana hati si kecil saat belajar, lho. Oh iya, di area ini – sebaiknya kamu menghindarkan si kecil dari distraksi seperti televisi atau mainannya ya!

 

Begini Cara Cerdas Ciptakan Lingkungan Belajar Anak yang Menyenangkan

Begini Cara Cerdas Ciptakan Lingkungan Belajar Anak yang Menyenangkan. credit image: tribunnews.com

Area Belajar Personal

Kalau sebelumnya kamu menyiapkan area belajar yang bisa diakses oleh kamu juga dengan mudah untuk memantau si kecil belajar dengan baik atau tidak – sekarang kamu bisa menanyakan si kecil apakah perlu ditemani atau tidak.

Area belajar personal bisa menjadi salah satu hal yang bisa membuat si kecil termotivasi untuk belajar karena tidak ingin diganggu.

 

Fasilitasi Dengan Teknologi

Salah satu hal yang mesti kamu siapkan dalam metode pembelajaran daring adalah teknologi yang mumpuni. Seperti halnya laptop, komputer dan tentunya akses internet yang memadai. Namun terlepas dari teknologi yang kamu berikan, pastikan kamu ajari si kecil untuk menggunakannya hanya untuk sarana belajar terlebih dahulu.

Kalau ia meminta untuk main dengan menggunakan gawai atau teknologi yang sudah kamu sediakan, boleh-boleh saja asal waktunya tepat dan tentunya kamu temani. Menemani si kecil menggunakan teknologi adalah langkah yang tepat untuk menghindari hal-hal yang bisa saja terjadi.

 

Membuat Jadwal

Jadwal belajar bisa kamu sesuaikan dengan pengaturan dari sekolah yang sudah ada. Membuatkan jadwal secara tidak langsung mendidik si kecil untuk selalu disiplin terhadap apapun, termasuk saat belajar dengan kondisi daring.

 

Begini Cara Cerdas Ciptakan Lingkungan Belajar Anak yang Menyenangkan

Begini Cara Cerdas Ciptakan Lingkungan Belajar Anak yang Menyenangkan. credit image: ayosemarang.com

Memberikan Jeda

Kamu memang tidak bisa memaksakan si kecil untuk melahap semua materi belajar yang diberikan. Kamu bisa berikan jeda waktu, kurang lebih 10-15 menit untuk memberinya kesempatan mencerna apa yang ia pelajari.

Pastikan kamu juga bisa membantunya mencerna pengetahuan yang diberikan dengan mengajarinya perlahan atau menggunakan metode pembelajaran lainnya yang lebih kreatif.

 

Bantu Untuk Buat Target

Dengan membuat kan target, si kecil jadi terbiasa untuk menyelesaikan belajar dengan tepat waktu serta dengan tujuan apa yang diinginkan. Hal ini bisa membuat si kecil disiplin untuk mengerjakan apapun, lho.

 

 

Wah bagaimana nih? Dari ketujuh hal yang ada di atas – apakah kamu sudah paham semuanya dan siap menerapkannya untuk si kecil?

 

Feature Image – theasianparent.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!