Pandemi Covid-19 masih berlangsung hingga saat ini. Meski demikian, berbagai kegiatan sudah kembali berjalan. Fase inilah yang disebut dengan PSBB transisi atau Adaptasi Kebiasaan Baru. Pada fase ini, sebagian besar masyarakat sudah kembali bekerja di kantor.

Saat pergi ke kantor, kamu perlu mempersiapkan dan membiasakan diri dengan berbagai protokol kesehatan yang wajib dilakukan untuk melindungi diri dari paparan virus corona. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah menerapkan sejumlah protokol kesehatan ini saat berkendara ke kantor, termasuk ketika menggunakan kereta api, seperti MRT/KRL.

Agar kamu tetap merasa nyaman dan aman saat menggunakan kereta api seperti MRT/KRL untuk pergi ke kantor, berikut ini protokol kesehatan yang dianjurkan.

 

 

Protokol Kesehatan

Menggunakan Kereta Api, MRT, dan KRL Menuju Kantor

Deretan Protokol Kesehatan Menuju Tempat Kerja Menggunakan Kereta Api, KRL dan MRT / Credit: megapolitan.kompas.com
  1. Pastikan kondisi tubuh sehat. Sebelum berangkat, pastikan tubuhmu dalam kondisi yang sehat dan fit, ya.
  2. Hindari bermain gadget. Usahakan untuk tidak bermain gadget saat di dalam KRL atau MRT.
  3. Ikuti aturan pembedaan jam masuk atau pulang kantor. Sehingga, saat berada di dalam kereta, tidak terjadi desakan dan menimbulkan keramaian.
  4. Gunakan masker. Pastikan kamu selalu menggunakan masker selama berada dalam kereta.
  5. Gunakan jaket, baju lengan panjang, dan celana panjang. Agar tidak ada virus, bakteri, maupun kuman yang menempel pada bagian tubuh.
  6. Terapkan physical distancing. Jaga jarak aman dengan mematuhi marka yang sudah ditentukan, baik di stasiun atau di dalam MRT/KRL.
  7. Hindari interaksi. Sebaiknya, hindari melakukan percakapan dalam perjalanan, secara langsung maupun melalui telepon.
  8. Selalu bawa hand sanitizer. Pastikan kamu membawa hand sanitizer, dan gunakan setiap naik maupun turun dari KRL/MRT.
  9. Hindari menyentuh wajah. Terutama dalam keadaan tangan yang kotor.
  10. Gunakan pelindung tambahan. Jika kondisi KRL atau MRT sedang padat, gunakan pelindung wajah atau face shield.
  11. Jaga kebersihan. Setelah sampai di tempat kerja, segera cuci tangan dengan air mengalir dan sabun selama 20 detik.

 

Langkah Pencegahan Lainnya

Deretan Protokol Kesehatan Menuju Tempat Kerja Menggunakan Kereta Api, KRL dan MRT / Credit: finance.detik.com

Selain dari sejumlah protokol kesehatan yang dianjurkan saat menggunakan KRL atau MRT, berikut ini berbagai langkah pencegahan lainnya yang sebaiknya diterapkan:

  1. Terapkan physical distancing minimal sejauh 1,5 meter antar individu.
  2. Rutin cuci tangan dengan air mengalir dan sabun selama 20 detik. Terutama setelah menggunakan toilet, sebelum dan sesudah makan, serta setelah berpergian.
  3. Terapkan etika batuk dan bersin. Yaitu menutup hidung dan mulut menggunakan bagian lengan atau tisu, kemudian segera cuci tangan.
  4. Hindari menyentuh bagian wajah, terutama dengan tangan kotor.
  5. Karena virus corona dapat menular melalui udara, pastikan ruangan yang kamu tempati memiliki ventilasi udara yang baik.
  6. Terapkan pola hidup sehat. Seperti mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, penuhi kebutuhan cairan tubuh, dan istirahat yang cukup. Tujuannya, agar sistem kekebalan tubuh tetap terjaga, sehingga kamu pun tak mudah terserang berbagai virus penyebab penyakit.

 

Tingkatkan Kekebalan Tubuh Dengan Minum Multivitamin

Deretan Protokol Kesehatan Menuju Tempat Kerja Menggunakan Kereta Api, KRL dan MRT / Credit: healthline.com

Berkaitan dengan pola hidup sehat yang sebaiknya diterapkan, terutama selama pandemi Covid-19, kamu bisa lengkapinya dengan minum multivitamin Enervon-C secara rutin.

Enervon-C mengandung Vitamin C 500mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat. Sejumlah vitamin ini dapat membantu menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit maupun terkena paparan virus.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleksnya dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi dapat diolah jadi energi untuk beraktivitas. Jadi, tak hanya daya tahan tubuh saja ya yang tetap terjaga, tapi kamu pun jadi lebih produktif, nih!

 

 

Nah, berdasarkan penjelasan di atas, memang penting ya untuk menerapkan sejumlah protokol kesehatan saat menggunakan kereta api seperti MRT atau KRL, dan melakukan langkah pencegahan lainnya agar tetap aman dari paparan virus – Karena, mencegah lebih baik daripada mengobati!

 

Featured Image - liputan6.com