5 Nama Pahlawan Indonesia yang Jadi Nama Jalan Di Luar Negeri!

5 Nama Pahlawan Indonesia yang Jadi Nama Jalan Di Luar Negeri!

font size A Ǎ

Di Indonesia, sudah jadi hal yang lumrah dan sering ditemui jika nama jalan diambil dari nama pahlawan Republik Indonesia. Cara ini sendiri dilakukan untuk mengenang dan menghargai jasa mereka atas perjuangan yang sudah dilakukan untuk kemerdekaan bangsa Indonesia.

Tapi ternyata, sejumlah nama pahlawan Indonesia juga digunakan untuk nama jalan di luar negeri, lho! Jadi, tak hanya di Indonesia saja nih kamu bisa menemui nama- nama pahlawan kita.

Lalu, siapa saja pahlawan tersebut? Dan di negara mana nama mereka dijadikan sebagai nama jalan? Simak ulasannya berikut ini.

 

 

5 Nama Pahlawan Indonesia Yang Jadi Nama Jalan di Luar Negeri

Ir. Soekarno

5 Nama Pahlawan Indonesia yang Jadi Nama Jalan Di Luar Negeri!

5 Nama Pahlawan Indonesia yang Jadi Nama Jalan Di Luar Negeri! / Credit: travel.detik.com

Siapa yang tak kenal Ir. Soekarno? Semuanya pasti tahu, ya. Sebagai presiden pertama di Indonesia, Soekarno, tak hanya disegani di Indonesia saja, lho. Tapi, juga dikagumi di dunia internasional.

Sosok yang juga sebagai proklamator kemerdekaan Indonesia ini dijadikan nama jalan di negara Maroko, lebih tepatnya di Kota Rabat, yaitu Rue Soukarno. Jalanan ini merupakan jalan utama di kota tersebut, dan sudah diresmikan pada 2 Mei 1960.

 

Mohammad Hatta

5 Nama Pahlawan Indonesia yang Jadi Nama Jalan Di Luar Negeri!

5 Nama Pahlawan Indonesia yang Jadi Nama Jalan Di Luar Negeri! / Credit: kompas.com

Tak hanya Ir. Soekarno saja, tapi Mohammad Hatta pun dijadikan sebagai nama jalan, tepatnya di Harlem, Belanda. Jalan yang diberi nama Mohammed Hattastraat, sudah diresmikan pada tahun 1987 dan merupakan bentuk penghormatan Belanda atas peran Bung Hatta.

Selain itu, Bung Hatta juga pernah bersekolah di Belanda dan aktif di dalam organisasi pelajar Indonesia, lho! Organisasi ini sendiri juga merupakan pelopor pergerakan kemerdekaan.

 

R.A Kartini

5 Nama Pahlawan Indonesia yang Jadi Nama Jalan Di Luar Negeri!

5 Nama Pahlawan Indonesia yang Jadi Nama Jalan Di Luar Negeri! / Credit: hai.grid.id

Nama R.A Kartini semakin terkenal karena surat- surat pemikirannya yang ia kirimkan kepada temannya di Eropa. Atas jasanya dalam memperjuangkan hak kesetaraan perempuan Indonesia, R.A Kartini dijadikan nama jalan di Belanda.

Tak tanggung- tanggung, R.A Kartini dijadikan nama jalan di empat kota sekaligus, yaitu Kota Harlem, Amsterdam, Utrecth, dan Venlo.

 

Sutan Syahrir

5 Nama Pahlawan Indonesia yang Jadi Nama Jalan Di Luar Negeri!

5 Nama Pahlawan Indonesia yang Jadi Nama Jalan Di Luar Negeri! / Credit: brilio.net

Sutan Syahrir juga masuk dalam deretan nama pahlawan yang dijadikan nama jalan di luar negeri, nih. Beliau sendiri merupakan perdana menteri pertama Indonesia yang dikenal sebagai tokoh intelektual dan perintis kemerdekaan Indonesia.

Nama Sutan Syahrir, dijadikan nama jalan pada tiga kota di Belanda, yaitu di Gouda, Leiden, dan Harlem.

 

Pattimura

5 Nama Pahlawan Indonesia yang Jadi Nama Jalan Di Luar Negeri!

5 Nama Pahlawan Indonesia yang Jadi Nama Jalan Di Luar Negeri! / Credit: porostimur.com

Pattimura dijadikan nama jalan di Wierden, Belanda. Pada tahun 2011, nama jalan Pattimurastraat diresmikan sebagai cabang dari jalan Jan Jansweg. Usulan pemberian nama Pattimura ini sendiri diusung oleh komunitas Maluku yang sudah lama menetap di Wierden.

 

 

Nah, itu dia kelima nama pahlawan Indonesia yang dijadikan sebagai nama jalan di luar negeri. Sebagai warna negara Indonesia, tentu saja kita bangga akan hal ini, ya? Kalau kamu memiliki kesempatan untuk mengunjungi sejumlah negara di atas, coba mampir ke jalan- jalan tersebut ya!

 

Featured Image - lifestyle.okezone.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!