Pandemi Covid-19 dan berbagai kondisi yang tidak menentu sekarang ini membuat sebagian besar orang merasa stres dan tertekan. Dari rasa stres yang dialami tersebut, tak sedikit pula orang yang pola tidurnya jadi berantakan, karena sebagian ada yang merasa lebih sulit tidur, sementara yang lainnya ada pula yang justru terlalu banyak tidur.

Kedua kondisi tersebut tentu saja tidak baik untuk tubuh. Padahal, tidur yang cukup dan berkualitas penting sekali untuk menjaga kesehatan.

Dilansir dari Sleep Foundation, tidur merupakan bagian penting dari proses biologis. Sepanjang pandemi ini, tidur yang baik merupakan hal penting untuk menjaga kesehatan fisik dan Tidur dapat meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga kamu pun tak mudah terserang berbagai macam virus penyebab penyakit, termasuk Covid-19.

Selain itu, tidur yang berkualitas dapat meningkatkan fungsi otak, sehingga membantumu berpikir lebih jernih dan fokus ketika melakukan aktivitas.

Dan, tentunya tidur dapat menjaga kesehatan mental. Karena, kurang tidur dapat memicu timbulnya depresi, gangguan kecemasan, bipolar, hingga gangguan stres pascatrauma.

Lalu, bagaimana sebenarnya pandemi Covid-19 dapat mengacaukan pola tidur? Dan bagaimana cara mudah atasinya? Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

 

Pandemi Covid-19 Dapat Kacaukan Pola Tidur

Pola Tidur Kacau Selama Pandemi, Begini Cara Atasinya / Credit: sains.kompas.com

Menurut Profesor Neurologi dari University of Michigan AS, Dr. Cathy Goldtein menyebut bahwa, pandemi dapat memberi dampak yang besar pada pola tidur. Menurunya, sejumlah orang yang dulu memiliki jadwal tidur tidak teratur, sekarang bisa lebih baik. Ini karena, mereka lebih banyak di rumah.

Sementara itu, ada pula yang jadwal tidurnya jadi berantakan. Hal ini disebabkan oleh berkurangnya aktivitas di luar rumah. Kondisi ini dapat membuat tubuh kurang aktif bergerak dan bisa memengaruhi sistem homeostatis tubuh.

Selain itu, kurangnya paparan sinar matahari saat di rumah saja juga bisa mengganggu siklus sirkadian. Kondisi tersebut akan memicu seseorang jadi makan lebih banyak atau jarang makan, sehingga pencernaan dan jam tidurnya pun ikut terganggu.

Dan, pandemi Covid-19 juga menimbulkan perasaan stres dan gangguan kecemasan. Keduanya juga dapat menimbulkan masalah tidur seperti insomnia akut.

 

Cara Mengatasi Susah Tidur Selama Pandemi

Pola Tidur Kacau Selama Pandemi, Begini Cara Atasinya / Credit: spine-health.com

Bagi kamu yang mengalami susah tidur selama pandemi, ada deretan cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasinya, yaitu:

  • Untuk mengatasi susah tidur, dapat dimulai dengan menjaga pikiran tetap rileks.
  • Usahakan untuk mengurangi rasa stres dan cemas yang dapat memicu susah tidur.
  • Kurangi penggunaan gadget. Karena, paparan sinar birunya dapat menimbulkan insomnia dan tidur tak nyenyak. Jadi, coba jauhkan gadget minimal satu jam sebelum tidur.
  • Cobalah rutin untuk bangun dan tidur di jam tertentu, termasuk saat weekend.
  • Hindari tidur siang terlalu lama dan jangan tidur di sore hari.

 

Featured Image - docwirenews.com

Source - kompas.com