3 Alasan Mengapa Mengekspresikan Kasih Pada Anak Itu Penting

3 Alasan Mengapa Mengekspresikan Kasih Pada Anak Itu Penting

font size A Ǎ

Setiap orang tua pasti menyayangi dan ingin semuanya yang terbaik untuk anak mereka. Oleh karena itu, menunjukan rasa kasih sayang pada anak itu penting sekali, lho. Meski demikian, seringkali orang tua tak bisa menyampaikan rasa tersebut secara langsung. Hal ini terjadi karena ada orang tua yang masih merasa malu atau bingung untuk menunjukkan rasa kasih sayangnya.

Dengan sering menunjukkan kasih sayang pada anak, dapat membantu membangun keharmonisan dalam keluarga. Dan anak pun merasa bahwa ia merupakan sumber kebahagiaan bagi orang tuanya.

Tak hanya itu, masih ada berbagai manfaat lainnya dari mengutarakan rasa kasih sayang pada anak. Apa saja? Berikut ini ulasannya.

 

 

 

3 Manfaat Menunjukkan Rasa Kasih Sayang Pada Anak

3 Alasan Mengapa Mengekspresikan Kasih Pada Anak Itu Penting

3 Alasan Mengapa Mengekspresikan Kasih Pada Anak Itu Penting / Credit: fimela.com

Meningkatkan Kepercayaan Diri

Tak peduli seberapa sayang kamu sudah memanjakan anak, tapi mereka pasti akan selalu senang ketika orang tua menunjukkan kasih sayang dan kehangatan padanya. Melalui ungkapan kasih sayang ini, ikatan orang tua dan anak dapat semakin erat.

Selain itu, sering menunjukkan rasa kasih sayang pada anak juga dapat membantunya dalam membangun kepercayaan diri. Langkah ini merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan mental si kecil.

 

Meningkatkan Perkembangan Anak

Kamu mungkin menyadari bahwa nilai-nilai, perasaan, dan perlakuan yang diberikan oleh orang tua kita pada masa pertumbuhan sangat berpengaruh pada kehidupan kita di masa sekarang.

Begitu pula dengan ekspresi kasih sayang yang kamu berikan pada anak- anak, ini akan berdampak pada pembentukan karakter dan membantunya berkembang secara emosional. Dengan menunjukkan kasih sayang dalam bentuk pujian, belaian, dan tindakan yang dilakukan dapat menjadi dasar karakter anak ketika ia dewasa.

 

3 Alasan Mengapa Mengekspresikan Kasih Pada Anak Itu Penting

3 Alasan Mengapa Mengekspresikan Kasih Pada Anak Itu Penting / Credit: bukalapak.com

 

Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi

Mungkin kamu pernah menemui orang yang cukup sulit dalam berkomunikasi dengan orang lain. Bisa jadi, hal ini disebabkan karena ia tak menerima rasa kasih sayang yang cukup serta kurang mendapat dukungan dari orang di sekitarnya.

Inilah mengapa menunjukkan kasih sayang pada anak adalah hal penting dan merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan kemampuan bersosialisasi mereka. Jika ia dapat menerima banyak kasih sayang, mereka pun dapat memberikan rasa sayang pada orang-orang di sekelilingnya.

 

 

 

Wah, bagaimana nih? Berdasarkan penjelasan di atas, menunjukkan rasa kasih sayang pada anak memanglah penting. Beri anak kasih sayang, bahkan ketika ia sudah beranjak dewasa. Semakin besar anak, maka seharusnya semakin banyak pula rasa sayang yang diberikan padanya. Karena, seiring bertambahnya usia, anak mulai lebih banyak membentuk nilai- nilai dalam kecerdasan emosinya.

 

Featured Image - theheartysoul.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!