Sebagian orang mungkin mudah jatuh sakit karena mereka mengalami penurunan kemampuan untuk melawan bakteri, virus, dan benda asing lain yang dapat menyebabkan penyakit. Hal ini sering disebut melemahnya sistem imun pada tubuh. Dan jika sistem imun lemah, tubuh tidak dapat mempertahankan diri dari berbagai ancaman kesehatan.

Berikut hal yang dapat menyebabkan sistem imun tubuh menjadi lemah.

1. Stres

Credit: Liputan6

Hampir semua orang pasti pernah merasakan efek stress di dalam kehidupan. Ketika stress, biasanya kamu akan merasakan sakit kepala, rasa sakit di dada, timbul rasa gelisah, dan perasaan tegang.

Faktor-faktor tersebut mengakibatkan sistem kekebalan tubuh harus bekerja lebih keras untuk mempertahankan tubuh dari ancaman kesehatan. 

2. Kurang aktif

Credit: Topmedia

Penurunan sistem imun bisa disebabkan karena kamu kurang aktif atau tidak berolahraga. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa olahraga teratur dapat membantu fungsi sel darah putih untuk membunuh mikroorganisme yang tidak diinginkan dan terkadang dapat membahayakan kesehatan.

3. Kurang tidur

Credit: Hipwee

Kamu mungkin tidak menyadari, saat kamu sedang tidur sel-sel dalam darah yang melawan infeksi bekerja untuk menjaga tubuh. Jadi, kurang tidur bisa menyebabkan tubuh tidak dapat bekerja efektif dalam melawan infeksi atau kuman penyakit.

4. Dehidrasi

Credit: Fimela

Setiap jaringan dan organ di dalam tubuh bergantung pada air, karena air membantu membawa nutrisi dan minera ke sel tubuh serta menjaga mulut, hidung, dan tenggorokan kamu tetap lembab dan terhindar dari penyakit. Dan kalau kamu kekurangan cairan, maka sistem imun pada tubuh akan menurun dan menyebabkan kamu menjadi mudah sakit.

Gejala dehidrasi ini biasanya ditandai dengan timbulnya nyeri, mudah lelah, sakit kepala, tekanan darah rendah, detak jantung menjadi cepat, dan merasa kebingungan.

5. Kurangnya asupan nutrisi yang diperlukan

Credit: Hipwee

Dalam menjaga kesehatan, penting untuk mengonsumsi berbagai makanan seimbang seperti buah- buahan, sayur, dan sumber gandum utuh yang membantu mendukung sistem kekebalan tubuh.

Asupan nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan sistem imun tubuh adalah vitamin C, ginseng dan bunga echinacea.

Vitamin C diperlukan tubuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh, melindungi tubuh dari penyakit jantung, mata dan kerutan pada kulit. Vitamin C dapat diperoleh dari buah maupun sayuran. Namun jika daya tahan tubuhmu sedang menurun, maka ada baiknya kamu mengonsumsi suplemen tambahan untuk memenuhi kebutuhan vitamin C.

Selain vitamin C, kamu juga bisa mengonsumsi gingseng terutama ginseng Asia dan Amerika atau bunga echinacea. Kedua kandungan ini mengandung antioksidan yang mampu meningkatkan sistem imun atau daya tahan tubuh.

 

Tips meningkatkan sistem imun tubuh

Credit: IDNTimes

Kurang tidur, stress, dan pola makan buruk bisa membuat sistem imun kamu melemah. Oleh karena itu, ada baiknya kamu mengonsumsi suplemen vitamin C yang memudahkan kamu memenuhi nutrisi harian.

Selain nutrisi tersebut, kamu juga harus tetap memperhatikan waktu tidur, mengurangi stress, menjaga hidrasi tubuh dan tetap berolahraga. Hal ini dapat membantu tubuh agar tetap fit dan tidak mudah terserang penyakit.

 

Featured Image - Hello Sehat