memiliki penyakit penyerta seperti diabetes.

Penderita diabetes lebih rentan mengalami infeksi virus corona. Bahkan, jika sudah terserang, pasien berisiko mengalami gejala yang lebih berat dan kritis.

Data menunjukkan, diabetes merupakan salah satu penyakit penyerta atau komorbid terbanyak pada Covid-19. Berdasarkan data terakhir dari Kemenkes pada bulan Mei lalu, di Indonesia, diabetes merupakan penyakit penyerta tertinggi setelah hipertensi. Bahkan, studi menunjukkan bahwa tingkat kematian Covid-19 dengan diabetes 4,6 kali lebih tinggi, dibanding dengan yang tidak.

Oleh karena itu, pencegahan virus corona pada seseorang dengan diabetes penting dilakukan untuk mengurangi risiko yang kemungkinan dapat terjadi.

Berikut ini deretan langkah untuk mencegah Covid-19 pada orang dengan diabetes.

 

 

 

7 Langkah Pencegahan Virus Corona Pada Orang Dengan Diabetes

Begini Cara Cegah Orang Dengan Diabetes Tertular Covid-19 / Credit: health.kompas.com

Terapkan Protokol Kesehatan

Menerapkan protokol kesehatan tak hanya wajib untuk mencegah Covid-19 pada penderita diabetes saja, tapi untuk semuanya. Protokol ini meliputi menggunakan masker ketika pergi ke luar rumah, rutin mencuci tangan, dan jaga jarak.

Selain itu, penting sekali untuk pasien diabetes agar menghindari keramaian dan berada di rumah jika tidak ada keperluan mendesak.

 

Kendalikan Gula Darah

Pada pasien diabetes, pastikan glikemik atau gula darah selalu terkendali dengan baik. Gula darah yang dapat dikontrol bisa mencegah timbulnya komplikasi dan kerusakan organ. Hal ini bisa dilakukan dengan mengatur pola makan yang tepat, memilih makanan dengan indeks glikemik yang rendah, dan menjaga berat badan tetap seimbang.

Jika kadar gula baik, maka angka kematian bisa ditekan. Mengendalikan kadar gula darah menjadi kunci utama untuk mencegah Covid-19 pada pasien diabetes.

 

Memantau Gula Darah

Pasien diabetes dianjurkan untuk selalu memantau gula darah agar tetap terkontrol dengan baik. Jika ada perubahan, bisa segera konsultasikan dengan dokter agar perawatan yang tepat bisa segera didapat.

Begini Cara Cegah Orang Dengan Diabetes Tertular Covid-19 / Credit: lifestyle.kompas.com

Menjaga Kesehatan Jantung dan Ginjal

Diabetes erat hubungannya dengan kondisi jantung dan ginjal. Untuk itu, selalu jaga kesehatan jantung dan ginjal tetap baik, sehingga risiko komplikasi, sakit berat, dan kerusakan organ dapat menurun.

 

Perhatikan Asupan Makanan

Diabetes dan kadar gula seringkali dipengaruhi oleh asupan makanan yang dikonsumsi. Oleh karena itu, perhatikan asupan makanan yang baik. Pilih makanan yang tidak memicu naiknya kadar gula darah dengan cepat.

Dan ingat, selalu konsumsi makanan yang seimbang dalam porsi yang sesuai.

 

Latihan Fisik

Olahraga yang rutin merupakan salah satu langkah pencegahan yang tepat. Selain itu, olahraga dapat menjaga berat badan, yaitu salah satu hal penting pada pasien diabetes.

 

Kendalikan Stres

Selama pandemi, pasien diabetes juga harus selalu mengendalikan rasa stres. Karena, kondisi ini juga dapat menurunkan kesehatan pada pasien diabetes. Kendalikan rasa stres dengan melakukan berbagai kegiatan yang positif, menyenangkan, dan kreatif selama di rumah.

 

 

 

Featured Image - newscientist.com

Source - cnnindonesia.com