Alasan Mengapa Masker Penting Digunakan, Terutama Untuk Kurangi Keparahan Gejala Corona

Alasan Mengapa Masker Penting Digunakan, Terutama Untuk Kurangi Keparahan Gejala Corona

font size A Ǎ

Masih ada saja beberapa kasus yang menceritakan banyak orang yang tidak menggunakan masker. Padahal, seperti yang diketaui bersama kalau penggunaan atau pemakaian masker adalah salah satu protokol kesehatan yang wajib diterapkan.

Banyak pihak terkait seperti WHO dan lainnya, menyatakan kalau penggunaan dan pemakaian masker saat kamu berada di luar rumah bisa meminimalisir kemungkinan untuk tertular virus corona. Buat kamu yang kembali beraktivitas lagi di fase new normal ini, jangan lupa pakai masker, ya.

Mereduksi posibilitas untuk tertular virus corona saat menggunakan masker juga disebutkan oleh Monica Gandhi, salah satu spesialis penyakit menular di UC San Francisco, Amerika Serikat. Ia menyatakan pola epidemiologi ini memang mengharuskan kita semua menggunakan masker.

 

 

Selain Monica, para peneliti yang mengumpulkan hasil studinya di makalah Journal of General Internal Medicine mengatakan kalau pemakaian masker dapat mengurangi risiko pemakainya terpapar oleh virus corona ini.

Para peneliti tersebut menambahkan kalau masker sebenarnya bisa mencegah banyak sekali infeksi. Masker bisa menyaring berbagai jenis partikel sehingga hal inilah yang menghindari si penggunanya dari infeksi virus corona.

 

Alasan Mengapa Masker Penting Digunakan, Terutama Untuk Kurangi Keparahan Gejala Corona

Alasan Mengapa Masker Penting Digunakan, Terutama Untuk Kurangi Keparahan Gejala Corona. credit image: kompas.com

Terkait Dengan Mereka yang Tanpa Gejala

Mungkin mereka yang terinfeksi virus corona dan menunjukan gejalanya seperti apa – akan lebih mudah untuk dievakuasi dan mendapatkan treatment yang sesuai dengan protokol yang ada. Tentu hal ini adalah salah satu langkah pencegahan penyebarannya semakin luas.

Masih dari Monica, ia merekomendasikan penggunaan masker adalah langkah yang cukup signifikan untuk menghindari infeksi virus corona. Hal ini bisa ia nyatakan dari penelitian dan pengamatannya yang dilakukan di sebuah pabrik pengeolahan makanan laut di Oregon.

Di pabrik tersebut, Monica menemukan setidaknya ada 124 kasus positif virus corona dan secara tidak terduga, 95% di antaranya adalah mereka yang tidak menunjukan gejala apa-apa. Kemudian, di pabrik pengolahan ayam Tyson di Arkansas, juga seperti itu.

Dari 455 kasus positif virus corona, 95% tidak mengalami gejala apapun seperti yang sudah diberitakan di mana-mana. Hal ini jelas kalau virus corona merupakan ancaman tersendiri buat kita semua dalam melakukan aktivitas rutin.

 

Alasan Mengapa Masker Penting Digunakan, Terutama Untuk Kurangi Keparahan Gejala Corona

Alasan Mengapa Masker Penting Digunakan, Terutama Untuk Kurangi Keparahan Gejala Corona. credit image: kompas.com

Terdeteksi Gejala Ringan Saja

Masih dari beberapa sampel penelitian yang disebutkan di atas dan jumlah kasus positif tersebut, mayoritas mereka yang menggunakan masker tapi tetap terinfeksi virus corona hanya menunjukan gejala-gejala ringan saja.

Hal ini memungkinkan kalau masker adalah salah satu pelindung terluar yang baik untuk menghindarkan kamu dari gejala yang parah karena infeksi virus corona. Untuk keamanan lebih lanjut, sebaiknya sertakan masker dengan peralatan kebiasaan baru yang lainnya.

Sebut saja seperti hand sanitizer atau face shield dan lainnya. Hand sanitizer tentu berguna untuk memastikan tangan kamu selalu bersih sehingga tidak ragu untuk menyentuh apapun terutama di bagian kepala.

Sementara ini, tangan yang kotor atau terlalu banyak menyentuh permukaan yang terbiasa disentuh oleh banyak orang merupakan perjalanan penyebaran virus corona yang cukup efektif. Untuk itu, rekomendasinya adalah mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun minimal selama 20 detik.

Setelah itu mencuci tangan, kamu bisa gunakan tisu untuk mengeringkannya. Jika kamu sedang jauh dari fasilitas mencuci tangan, hand sanitizer jadi pertahanan sementara yang dinilai cukup efektif untuk membuat tangan kamu bersih.

 

 

Wah bagaimana nih? Dari segala penjelasan di atas – apakah kamu sudah paham bagaimana pentingnya menggunakan masker? Pastikan kamu terus gunakan masker saat berada di luar rumah, ya!

 

Feature Image – detik.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!