Tren 10 Ribu Langkah, Ini Manfaat Olahraga Jalan Kaki Untuk Kesehatan!

Tren 10 Ribu Langkah, Ini Manfaat Olahraga Jalan Kaki Untuk Kesehatan!

font size A Ǎ

Di tengah Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini, olahraga sedang gencar-gencarnya dilakukan oleh banyak orang. Bahkan, tak jarang kegiatan ini dijadikan sebagai rutinitas dalam keseharian. Mulai dari melakukan olahraga sepeda dan jogging. Tapi, yang sedang tren sekarang ini, adalah jalan kaki hingga 10 ribu langkah!

Tak hanya murah dan ringan, tapi jalan kaki memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Seperti mengurangi stres, membantu menurunkan berat badan, mencegah diabetes, dan mengurangi risiko kanker.

Agar kamu bisa merasakan manfaat olahraga jalan kaki, sebaiknya lakukan selama 30 menit dalam sehari. Tapi, biar nggak kaget, kamu bisa mulai melakukannya selama 10 menit dahulu. Kemudian, secara bertahap tingkatkan durasinya.

Nah, jika dibarengi dengan sejumlah pola hidup yang sehat, kamu dapat merasakan sejumlah manfaat baik lainnya dari olahraga jalan kaki. Apa saja? Berikut ulasannya.

 

 

 

6 Manfaat Olahraga Jalan Kaki

Tren 10 Ribu Langkah, Ini Manfaat Olahraga Jalan Kaki Untuk Kesehatan!

Tren 10 Ribu Langkah, Ini Manfaat Olahraga Jalan Kaki Untuk Kesehatan! / Credit: blog.mypacer.com

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat olahraga jalan kaki yang bisa kamu rasakan adalah daya tahan tubuh jadi lebih meningkat dan terjaga. Sehingga, kamu tak mudah jatuh sakit. Jalan kaki dapat meningkatkan kekebalan tubuh yang berperan untuk melawan infeksi.

Tapi, jalan kaki saja mungkin belum cukup ya untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Barengi dengan gaya hidup sehat, seperti perbanyak konsumsi sayur dan buah, cukupi waktu istirahat, dan minum air minimal 8 gelas setiap hari.

Biar lebih maksimal, lengkapi dengan minum multivitamin Enervon-C setiap hari. Mengapa harus Enervon-C?

Karena, ada sejumlah vitamin baik yang terkandung di dalamnya. Yaitu, Vitamin C 500mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat.

Deretan vitamin tersebut dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, sekaligus mengoptimalkan proses metabolisme sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah jadi energi!

 

Menjaga Kesehatan Jantung dan Menurunkan Kolesterol

Jalan kaki juga baik untuk menjaga kesehatan jantung. Ini karena jalan kaki dapat meningkatkan denyut jantung, meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, dan memperkuat jantung.

Selain itu, jalan kaki secara rutin juga dapat menurunkan kadar kolesterol, gula darah, dan tekanan darah. Tapi, jika kamu memiliki masalah pada jantung. Sebaiknya, konsultasika lebih dahulu pada dokter sebelum melakukan olahraga ini ya. Agar kamu dapat mengetahui kapasitas dan kekuatan tubuhmu.

 

Mencegah Diabetes Tipe 2         

Manfaat olahraga jalan kaki selanjutnya adalah mencegah risiko diabetes tipe 2 hingga 30 persen. Dengan rutin jalan kaki selama 30 menit per hari, otot dapat bekerja lebih baik, sehingga dapat menyerap glukosa secara maksimal.

 

Tren 10 Ribu Langkah, Ini Manfaat Olahraga Jalan Kaki Untuk Kesehatan!

Tren 10 Ribu Langkah, Ini Manfaat Olahraga Jalan Kaki Untuk Kesehatan! / Credit: popbela.com

Menurunkan Berat Badan

Dengan rutin jalan kaki selama 30 menit, setidaknya kamu sudah bisa membakar 150 kalori setiap harinya. Namun, untuk menurunkan berat badan, tidak bisa hanya dengan jalan kaki saja, nih. Tapi, kamu perlu mengimbanginya dengan pola makan sehat.

 

Mengurangi Stres

Percaya atau tidak, tapi rutin jalan kaki dapat mengurangi atau mencegah stres. Ketika jalan kaki atau olahraga lainnya, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang membuatmu merasa lebih baik, mengurangi rasa cemas, dan depresi. Selain itu, olahraga jalan kaki dapat memperbaiki suasana hati dan membuatmu tidur lebih nyenyak di malam hari.

 

Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis merupakan kondisi yang disebabkan oleh adanya penipisan tulang, sehingga tulang pun jadi keropos, rapuh, dan lebih rentan patah. Dengan rutin jalan kaki, kamu dapat mempertahankan kesehatan tulang.

 

 

Nah, tidak hanya keenam manfaat olahraga jalan kaki yang sudah disebutkan di atas, tapi rutin melakukan aktivitas fisik ini dapat mengurangi risiko kemungkinan terserang stroke, obesitas, radang sendi, dan beberapa jenis kanker. Jadi, bagaimana, nih? Apakah kamu tertarik untuk rutin melakukan olahraga jalan kaki ini?

 

Featured Image - self.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!