4 Teknik Membaca Dongeng Anak Agar Si Kecil Tertarik

4 Teknik Membaca Dongeng Anak Agar Si Kecil Tertarik

font size A Ǎ

Seperti yang sudah pernah dibahas sebelumnya kalau membacakan atau menceritakan dongeng ke si kecil adalah langkah yang baik untuk tumbuh kembang, terutama untuk daya imajinasinya. Apakah kamu punya kebiasaan untuk bacakan cerita untuk si kecil?

Imajinasi si kecil perlu diasah untuk tumbuh kembang yang lebih baik. Salah satu cara untuk mengasahnya adalah dengan menceritakan dongeng. Banyak sekali dongeng atau cerita-cerita menarik yang bisa kamu berikan untuk si kecil.

Tidak hanya itu, manfaat dari membacakan dongeng untuk si kecil secara tidak langsung adalah menumbuhkan minat baca yang tinggi sehingga ini bagus sekali untuk pertumbuhannya. Si kecil jadi mempunyai rasa penasaran yang tinggi untuk menerima berbagai cerita yang ada.

Nah agar tumbuh kembangnya semakin maksimal dari pembacaan dongeng atau cerita untuk mereka, di bawah ini – terdapat empat teknik atau tips buat kamu membacakan dongeng untuk si kecil agar tidak cepat bosan, nih.

 

 

Penasaran apa saja teknik atau tips yang dimaksud? Daripada makin penasaran dan menebak-nebak sendiri, sila simak bahasan kali ini untuk selengkapnya ya!

 

4 Teknik Bacakan Dongeng Untuk si Kecil

4 Teknik Membaca Dongeng Anak Agar Si Kecil Tertarik

4 Teknik Membaca Dongeng Anak Agar Si Kecil Tertarik. credit image: okezone.com

 

Langsung Dari Buku Cerita

4 Teknik Membaca Dongeng Anak Agar Si Kecil Tertarik

4 Teknik Membaca Dongeng Anak Agar Si Kecil Tertarik. credit image: kompasiana.com

Teknik pertama ini adalah teknik yang umum dilakukan banyak orang tua untuk anaknya. Membacakan langsung dari buku cerita adalah cara yang pertama yang ampuh untuk membuat si kecil penasaran dengan apa isi bukunya, lho.

Dengan begitu, secara tidak langsung si kecil akan termotivasi dengan sendirinya untuk belajar membaca dan mengetahui apa isi dari buku tersebut. Namun, tantangannya dari teknik pertama ini adalah kamu mesti juga bisa berimprovisasi, ya.

Improvisasi yang kamu lakukan bertujuan untuk membuat si kecil tidak cepat bosan. Ada tipe si kecil yang mudah bosan jika hanya mendengarkan cerita yang kaku begitu saja dari buku. Oleh karena itu, sedikit improvisasi bisa membuatnya tertawa dan makin semangat mendengarkan cerita dari kamu!

 

Bercerita Menggunakan Gambar

Nah di teknik yang satu ini, ini benar-benar butuh improvisasi dari kamu sebagai pelantur ceritanya, nih. Menggunakan gambar sangat menarik buat si kecil untuk mendengarkan cerita, namun tantangannya adalah di kamu bagaimana membawakan gambar tersebut agar menarik untuk diceritakan.

Oleh karena itu, kamu mesti juga banyak-banyak membaca cerita agar improvisasi kamu semakin baik yang akhirnya si kecil senang kamu bacakan cerita.

 

Menggunakan Boneka

4 Teknik Membaca Dongeng Anak Agar Si Kecil Tertarik

4 Teknik Membaca Dongeng Anak Agar Si Kecil Tertarik. credit image: pinterest.com

Yang satu ini adalah kesukaan banyak anak, nih! Dianggap dan dinilai lebih menarik daripada gambar saja, bercerita menggunakan boneka benar-benar membutuhkan improvisasi dan imajinasi kamu yang tinggi juga nih.

Hal ini terkait dengan tidak terikatnya boneka dengan cerita yang ada. Bisa saja kamu menggunakan boneka yang ada, lalu mengarang cerita agar si kecil ternyenyak dalam tidurnya. Kurang lebih sama seperti sebelumnya, kamu perlu banyak membaca agar bisa melakukan improvisasi dengan baik ya!

 

Menggunakan Barang-Barang di Sekitar

Apalagi teknik yang satu ini nih – menggunakan barang-barang di sekitar tentu jadi tantangan tersendiri buat kamu untuk bercerita di depan si kecil. Improvisasi yang hebat tentu jadi kekuatan utama di teknik cerita yang satu ini.

Namun terlepas dari hal-hal itu, kamu perlu ketahui kalau menggunakan boneka atau menggunakan barang-barang di sekitar, bisa memacu si kecil mempunyai daya imajinasi yang bagus dan kuat, lho. Mereka secara tidak langsung akan membayangkan cerita yang kamu bawakan.

 

 

Wah bagaimana nih? Dari segala penjelasan di atas, apakah kamu sudah paham semua dan mau mencoba semua teknik yang ada?

 

Feature Image – grid.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!