Bayi memang membutuhkan bantuan untuk makan. Namun, semakin besar usianya, ia harus mulai diajari makan sendiri. Hal ini bisa kamu mulai dengan memberi bayi finger food.

Ketika berusia 6 bulan, bayi mulai diperkenalkan dengan makanan padat. Pada tahap ini, bayi masih membutuhkan bantuan orangtua untuk mengarahkan makanan ke mulutnya. Akan tetapi, saat usianya memasuki 9 bulan, keterampilan motorik halus anak, seperti mengambil dan menggenggam sudah mulai dikuasai. Dan inilah waktu yang tepat untuk mengasah kemampuan motorik halus serta kemandirian anak untuk makan sendiri.

Untuk melatih anak agar bisa makan sendiri, kamu bisa memberikan finger food yang lembut dan aman seperti berikut ini:

1. Sayuran rebus

Credit: Hipwee

Sayur merupakan finger food untuk bayi yang sangat direkomendasikan. Hal ini karena sayur mengandung banyak nutrisi yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Kamu bisa memilih sayuran seperti wortel, kentang, ubi, atau brokoli. Kemudian, potong dan rebus sayuran hingga lunak sehingga mudah untuk dikunyah oleh bayi.

2. Buah yang teksturnya halus

Credit: Topmedia

Buah yang sudah matang biasanya memiliki daging buah yang lunak. Ini merupakan finger food yang cocok untuk bayi. Kamu bisa menyiapkan buah pisang, semangka, pepaya, mangga, atau alpukat untuk anakmu.

Buah-buahan tersebut bukan hanya mengenalkan beragam rasa makanan pada anak, tapi juga memenuhi kebutuhan gizinya.

Namun, sebelumnya, cuci buah dengan air bersih mengalir dan kupas bagian kulitnya. Kemudian, buang biji dan potong menjadi ukuran yang mudah digenggam anak.

3. Telur orak-arik

Credit: CNNIndonesia

Telur bisa menjadi sumber protein sekaligus finger food yang baik untuk bayi. Kamu bisa menggoreng telur dengan sedikit minyak kemudian dipotong kecil- kecil. Atau kamu juga bisa mengaduknya langsung ketika telur dimasak.

Meskipun banyak nutrisi, kamu harus memastikan bahwa anak bebas dari alergi telur. Jika anak menunjukkan reaksi alergi, seperti ruam pada kulit setelah makan telur, segera periksa ke dokter.

4. Pasta

Credit: Wikihow

Tidak hanya untuk bayi yang usianya sudah lebih besar, pasta juga cocok untuk bayi yang belum memiliki gigi. Pasta memiliki tekstur yang kenyal dan lembut sehingga cocok dijadikan finger food untuk bayi. Khusus untuk bayi yang belum memiliki gigi, kamu bisa memberikan pasta fusili atau makaroni.

Kamu bisa menyajikan pasta rebus tanpa tambahan bumbu apapun. Namun, jika kamu sudah memperkenalkan banyak rasa kepada anak, kamu bisa menambahkan sedikit minyak zaitun dan saus tomat rendah garam.

5. Tahu

Credit: Hipwee

Selain telur, tahu juga bisa menjadi sumber protein yang baik untuk bayi. Finger food ini memiliki tekstur yang lembut sehingga mudah dimakan oleh bayi.

Namun, pastikan jangan memilih tahu yang mudah rapuh karena akan hancur ketika digenggam. Dan hal ini bisa menyulitkan anak untuk makan.

 

Featured Image - Parenting Dream