Di beberapa negara di luar sana seperti sejumlah negara di Eropa telah memiliki aturan yang cukup ketat untuk masyarakatnya agar tertib dan disiplin menggunakan masker. Seperti yang diketahui bersama kalau penggunaan masker adalah langkah preventif dari kemungkinan tertularnya oleh virus corona.

Perancis dan Belgia adalah beberapa negara dari negara di Eropa yang cukup ketat dalam pemberlakuan aturan penggunaan masker. Seperti di Belgia, penduduk Brussel sekarang harus memakai masker di semua ruang publik, tidak ada pengecualian.

Kedua negara tersebut sepakat kalau penggunaan masker yang tertib dan disiplin adalah sikap yang masuk akal sehat. Penggunaan masker dinilai menjadi langkah preventif yang cukup efektif untuk menghindarkan banyak orang dari virus corona.

Di fase new normal ini, penggunaan masker tidak hanya diarahkan di kondisi saat kamu berada di luar rumah saja atau ruang publik, tetapi juga saat berada di dalam ruangan-ruangan kantor yang dinilai punya risiko yang sama atau bahkan lebih tinggi.

 

 

Hal ini terkait dengan pemberitaan beberapa waktu lalu khususnya di Jakarta, Indonesia – yang menunjukan angka penularan naik lagi dan ditemukannya klaster penularan yang baru, yaitu perkantoran di kota-kota besar.

Khususnya Jakarta, kota metropolitan ini begitu kompleks untuk menerapkan satu aturan yang besar. Penggunaan masker masih kerap menjadi momok yang berat bagi para warganya. Masih ada saja dari warga Jakarta yang lupa menggunakan masker.

 

Arahan Penggunaan Masker

Di Dalam Gedung Perkantoran

Ahli: Masyarakat Wajib Gunakan Masker Di Dalam Ruangan Kantor. credit image: tribunnews.com

Cukup mengejutkan kalau sejumlah perkantoran, mulai dari kantor-kantor swasta, pusat pemerintahan, BUMN bahkan sampai internal Pemprov DKI Jakarta, disinyalir menjadi klaster baru dari penyebaran virus corona.

Salah satu penyebab mengapa di ruang tertutup bisa terjadi klaster penularan baru virus corona adalah sirkulasi udara yang tidak bagus atau tidak lancar. Hal ini terkait dengan partikel udara yang berkemungkinan mengandung partikel virus corona yang berputar di situ-situ saja.

Hal inilah yang berkemungkinan sebagai penyebab utama mengapa perkantoran jadi salah satu klaster penularan virus corona. Untuk menghindarinya, sekarang banyak perkantoran yang benar-benar ketat menerapkan protokol Kesehatan dan memerhatikan sirkulasi udara di tiap ruangannya.

Selain itu, penggunaan masker di dalam ruangan akhirnya juga jadi salah satu langkah preventif yang mesti dilakukan untuk memutus rantai penularan yang ada. Jika kondisi tidak begitu baik, maka para pegawai biasanya tidak disarankan untuk masuk dan diarahkan untuk WFH saja.

 

 

Wah bagaimana dengan kondisi kantor kamu nih? Apakah aman-aman saja? Mudah-mudahan tidak menjadi klaster penularan virus corona. Terapkan berbagai poin protokol Kesehatan ya!

 

Feature Image – tribunnews.com