Ajari Anak Peduli Lingkungan Dengan 7 Cara Mudah Berikut

Ajari Anak Peduli Lingkungan Dengan 7 Cara Mudah Berikut

font size A Ǎ

Seperti yang diketahui banyak orang tua kalau bermacam-macam hal positif yang bisa diajarkan ke si kecil sejak dini. Salah satu contohnya adalah memperkenalkan si kecil dengan lingkunan atau alam sekitar. Bagaimana cara memperkenalkannya ya?

Jika kamu mempunyai pertanyaan atau keresahan yang sama, tenang – kamu sudah berada di halaman artikel yang tepat kok. Karena di bawah ini, akan ada beberapa hal yang akan menerangkan bagaimana membuat si kecil peduli dengan lingkungan.

 

 

Seperti yang diketahui bersama juga kalau lingkungan atau alam sekitar adalah aset berharga untuk kelangsungan kehidupan berbagai generasi, termasuk generasinya si kecil nih. Jika tidak dijaga dengan baik, tentu akan berakibat fatal terhadap kehidupan-kehidupan selanjutnya.

 

Beberapa Cara Ajarkan si Kecil

Untuk Peduli Dengan Lingkungan

Ajari Anak Peduli Lingkungan Dengan 7 Cara Mudah Berikut

Ajari Anak Peduli Lingkungan Dengan 7 Cara Mudah Berikut. credit image: klikdokter.com

 

Membuang Sampah Pada Tempatnya

Tahap pertama ini adalah tahapan yang begitu sederhana tapi cukup berdampak besar bagi kehidupan manusia. Membuang sampah pada tempatnya ini bisa dimulai dari kamu yang mencontohkannya kepada si kecil.

Beritahu kalau sampah mesti ditempatkan di tempat seharusnya. Jika tidak, ada beberapa hal yang akan terjadi dan itu buruk untuk lingkungan. Misalnya, sampah yang berada di saluran pembuangan air, jika dibiarkan akan menghambat aliran air sehingga berpotensi menimbulkan banjir.

 

Hemat Penggunaan Air dan Listrik

Secara kompleks, ini adalah langkah untuk menurunkan potensi dan akibat dari pemanasan global. Kamu bisa beritahu dan contohkan si kecil untuk disiplin menggunakan air dan listrik saat ada keperluannya saja.

Beritahu si kecil soal pemanasan global secara singkat saja. Nanti seiring perkembangannya, barulah kamu bisa beritahu apa itu pemanasan global secara komprehensif.

 

Mengenalkan Konsep Daur Ulang

Selain bisa menyelamatkan lingkungan, mengenalkan konsep daur ulang kepada si kecil berpotensi untuk meningkatkan daya imajinasi dan kekreativitasannya, lho. Hal ini terkait dengan aktivitas seperti mendaur ulang botol minum plastik menjadi vas bunga atau barang lainnya.

Tentu kamu perlu memberitahu kenapa mesti melakukan hal ini. Beritahu kalau plastik dan beberapa bahan lainnya yang sejenis itu sulit untuk terurai sehingga cukup berdampak bagi lingkungan, konsep daur ulang adalah salah satu solusinya.

 

Produk Ramah Lingkungan

Dekat dengan hal sebelumnya, kamu juga bisa nih mengajarkan si kecil dengan menggunakan produk yang ramah lingkungan. Misalnya saat berjalan-jalan ke taman atau ke manapun, biasakan untuk membawa botol minum sendiri sehingga tidak lagi membeli botol plastik.

Lalu mengganti penggunaan tisu dengan sapu tangan, atau mengganti penggunaan sedotan plastik dengan stainless straw.

 

Biasakan Gunakan Kendaraan Umum

Emisi gas buangan yang dikeluarkan oleh kendaraan adalah salah satu hal yang bisa berpengaruh kepada lingkungan, khususnya untuk kualitas udara. Ingat ketika PSBB di beberapa kota diberlakukan? Langit di kota tersebut menjadi cerah karena udara yang lebih bersih.

Hal ini bisa kamu ceritakan kepada si kecil dan membiasakan mereka untuk menggunakan kendaraan umum. Hal ini tentu berdasarkan pemantauan kamu ya.

 

Belajar Tanam Pohon

Atau berkebun pun bisa! Pohon dan tanaman lainnya adalah salah satu bagian dari lingkungan yang amat penting. Kamu bisa bercerita kalau pohon bisa membuat lingkungan semakin asri dan hijau. Lalu kamu bisa ajarkan si kecil untuk berkebun.

 

Jalan-jalan ke Alam Bebas

Yang satu ini mungkin bisa kamu agendakan untuk waktu-waktu kedepannya kalau semuanya sudah aman dan terkendali lagi. Ajak si kecil untuk pergi ke alam bebas, ajak si kecil untuk benar-benar dekat dengan alam yang sebenarnya.

 

 

Wah bagaimana nih? Dari segala penjelasan di atas – apakah kamu sudah paham semua? Kalau iya, bisa kamu terapkan untuk si kecil, ya!

 

Feature Image – orami.co.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!