Sering Begadang? Hati- Hati Kebiasaan Ini Dapat Turunkan Sistem Kekebalan Tubuh!

Sering Begadang? Hati- Hati Kebiasaan Ini Dapat Turunkan Sistem Kekebalan Tubuh!

font size A Ǎ

Kualitas tidur yang baik tentu dibutuhkan oleh setiap orangnya. Saat tidur, tubuh melakukan perbaikan pada berbagai organ tubuh dan juga mental. Namun, proses perbaikan tersebut tentu tidak dapat berjalan baik ketika kamu terlalu sering begadang.

Selain dapat membuatmu lebih mudah mengantuk, kurang tidur karena begadang juga berpengaruh pada kondisi emosi, kemampuan kognitif, fungsi otak, hingga menurunkan sistem kekebalan tubuh! Padahal, imunitas penting lho di masa pandemi seperti ini.

Ya, seperti yang sudah diketahui, virus corona lebih mudah menyerang individu yang imunitasnya sedang lemah.

Selain itu, begadang juga dapat berdampak bagi kesehatan, termasuk meningkatkan risiko penyakit, termasuk diabetes, obesitas, tekanan darah tinggi, kanker, dan penyakit jantung.

 

 

 

Kebiasaan Begadang Dapat Pengaruhi Sistem Kekebalan Tubuh

Sering Begadang? Hati- Hati Kebiasaan Ini Dapat Turunkan Sistem Kekebalan Tubuh!

Sering Begadang? Hati- Hati Kebiasaan Ini Dapat Turunkan Sistem Kekebalan Tubuh! / Credit: elitedaily.com

Setiap manusia membutuhkan tidur selama 7 sampai 8 jam dalam semalam. Dilansir dari Prevention, seseorang yang mengurangi jam tidurnya dapat mengalami berbagai dampak negatif bagi kesehatannya.

Banyak informasi yang mengatakan bahwa, kurang tidur dapat membuat suasana hati menjadi buruk sepanjang hari. Tak hanya itu, berbagai masalah kesehatan pun tidak akan sungkan untuk datang satu per satu, mulai dari yang ringan hingga berat.

Tidur kurang dari enam jam semalam sudah dapat menimbulkan sejumlah masalah serius bagi kesehatan. Untuk kamu yang sering begadang dan tidur di bawah enam jam semalam, berisiko 4 kali lebih besar terkena stroke. Sementara, risiko obesitas juga meningkat sebanyak 30 persen.

Bahkan, kebiasaan begadang pun dapat membuatmu lebih mudah lapar keesokan harinya. Sebuah penelitian menemukan bahwa seorang perempuan yang tidur kurang dari lima jam akan makan 329 kalori lebih banyak.

Seseorang yang kurang tidur dan menjadikannya sebagai kebiasaan dapat mengalami risiko penyakit jantung hingga kematian. Selain itu, risiko tekanan darah tinggi juga meningkat sebanyak 20 persen.

Kebiasaan begadang juga ikut mempengaruhi perubahan 700 gen dalam tubuh. Nantinya, ini akan mempengaruhi respon tubuh terhadap stres, sistem kekebalan tubuh, dan metabolisme.

Kurang tidur selama 1,5 jam pun dapat menurunkan tingkat kewaspadaan pada siang hari sebanyak 32 persen. Orang yang memiliki waktu tidur di bawah 7 jam tiga kali lebih mudah terserang flu, sensitivitas tubuh terhadap insulin menurun, dan meningkatkan risiko diabetes.

Lebih jauh lagi, tidur selama lima jam atau kurang dari itu, dapat meningkatkan risiko kematian dengan penyebab apapun hingga 26 persen.

Dalam kata lain, seluruh dampak negatif yang terjadi karena kebiasaan begadang terus menerus dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh, sehingga membuatmu lebih rentan terserang berbagai macam virus dan penyakit.

 

Tips Mengatasi Kebiasaan Begadang

Sering Begadang? Hati- Hati Kebiasaan Ini Dapat Turunkan Sistem Kekebalan Tubuh!

Sering Begadang? Hati- Hati Kebiasaan Ini Dapat Turunkan Sistem Kekebalan Tubuh! / Credit: scientificamerican.com

Untuk kamu yang memiliki kebiasaan begadang, ada sejumlah cara yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi kebiasaan tersebut, yaitu:

  1. Komitmen hidup teratur. Yakinkan pada diri sendiri bahwa kamu ingin pola hidup yang lebih teratur. Dan, pahami bahwa tubuhmu butuh istirahat yang cukup.
  2. Buat suasana tidur jadi nyaman. Suasana yang nyaman dapat membantumu lebih mudah terlelap.
  3. Menjaga pola hidup sehat. Seperti, hindari mengonsumsi makanan berat sebelum tidur, perbanyak konsumsi makanan bergizi, dan rutin berolahraga.
  4. Relaksasi tubuh dan pikiran. Hal ini diperlukan agar saraf- saraf tubuh menjadi rileks dan tidak tegang.
  5. Hindari bermain gadget atau menonton televisi sampai larut malam. Kebiasaan ini tentu dapat menghambatmu untuk tidur lebih cepat.

 

Selain Mengatasi Kebiasaan Begadang, Begini Cara Jaga Sistem Kekebalan Tubuh Lainnya

Sering Begadang? Hati- Hati Kebiasaan Ini Dapat Turunkan Sistem Kekebalan Tubuh!

Sering Begadang? Hati- Hati Kebiasaan Ini Dapat Turunkan Sistem Kekebalan Tubuh! / Credit: todaysparent.com

Tak hanya mengatasi kebiasaan begadang, tapi kamu juga perlu melakukan deretan langkah lainnya agar sistem kekebalan tubuh tetap kuat dan terjaga. Hal ini termasuk perbanyak konsumsi sayur dan buah, cukupi kebutuhan cairan tubuh, dan optimalkan dengan minum multivitamin Enervon-C setiap hari.

Mengapa demikian? Karena, Enervon-C mengandung Vitamin C 500mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin 12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat membantu jaga daya tahan tubuh.

Dan, kandungan vitamin B kompleks – berperan untuk membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah jadi energi untuk beraktivitas.

 

 

 

Wah, bagaimana nih? Berdasarkan penjelasan di atas, kebiasaan begadang memang tidak baik untuk kesehatan, ya – terutama sistem kekebalan tubuh. Yuk, mulai sekarang kurangi kebiasaan tersebut dan jalani hidup yang sehat serta teratur!

 

Featured Image - thesun.co.uk


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!