5 Karakteristik Wirausaha yang Perlu Dihindari Agar Bisnis Tetap Lancar

5 Karakteristik Wirausaha yang Perlu Dihindari Agar Bisnis Tetap Lancar

font size A Ǎ

Menjadi wirausaha bukanlah hal yang mudah, tak semudah mendengar berbagai cerita sukses dari para pengusaha lainnya. Wirausaha seringkali dihadapkan dengan berbagai tantangan yang membuatnya harus mengalami jatuh bangun, bahkan hingga kegagalan. Namun, dari proses tersebutlah yang membuat mereka berhasil sukses.

Apakah kamu ingin mengikuti jejak pengusaha yang sudah sukses? Ada sejumlah karakteristik wirausaha yang perlu banget kamu hindari, nih!

Apa saja karakteristik wirausaha tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

 

 

 

7 Karakteristik Wirausaha yang Perlu Dihindari

5 Karakteristik Wirausaha yang Perlu Dihindari Agar Bisnis Tetap Lancar

5 Karakteristik Wirausaha yang Perlu Dihindari Agar Bisnis Tetap Lancar / Credit: entrepreneur.com

Tidak Ada Tindakan

Karakteristik wirausaha pertama yang mungkin membuatmu gagal, yaitu sedikit mengambil tindakan dan terlalu banyak berbicara. Kesuksesan tentu saja tidak dapat diraih dengan cara seperti ini, lho! Bisnis yang sukses merupakan usaha yang perlu dikerjakan, bukan hanya sekedar pembicaraan saja.

 

Target Tidak Masuk Akal

Memiliki target itu penting. Namun, buatlah target yang masih masuk diakal, ya. Misalnya, menginginkan bisnismu memperoleh untung besar dalam waktu 5 sampai 10 tahun merupakan target yang masih wajar. Sementara, bernafsu memenuhi keuntungan di bawah 3 tahun mungkin hal yang perlu kamu pikirkan kembali.

Tetapkan target yang masih akal, sehingga usahamu dapat berkembang dengan baik.

 

Menunda-Nunda

Sama seperti terlalu banyak berbicara, menunda-nunda pekerjaan juga merupakan karakterstik wirausaha yang perlu dihindari. Sifat ini dapat membuatmu melewatkan banyak kesempatan baik yang sebenarnya dapat dimanfaatkan untuk membuat usaha maju.

 

5 Karakteristik Wirausaha yang Perlu Dihindari Agar Bisnis Tetap Lancar

5 Karakteristik Wirausaha yang Perlu Dihindari Agar Bisnis Tetap Lancar / Credit: rimma.co

Kurang Fokus

Memulai suatu pekerjaan baru memang tidaklah mudah, termasuk memulai bisnis baru. Usaha ini memerlukan waktu untuk berkembang dan memberikan hasil yang sesuai targetmu.

Ketika kamu sudah mulai menjadi wirausaha, usahakan tetap fokus dalam menjalaninya, sehingga bisnismu dapat semakin maju.

 

Manajemen yang Buruk

Manajemen yang buruk juga merupakan karakteristik wirausaha yang kurang baik, nih! Sebagai wirausaha, sebaiknya rencanakan terlebih dahulu bagaimana usaha tersebut akan dijalani. Pastikan kamu juga mempekerjakan orang- orang yang capable dalam menjalani tanggungjawab masing-masing.

 

5 Karakteristik Wirausaha yang Perlu Dihindari Agar Bisnis Tetap Lancar

5 Karakteristik Wirausaha yang Perlu Dihindari Agar Bisnis Tetap Lancar / Credit: analisafundamental.com

Pengelolaan Keuangan yang Buruk

Semua usaha pasti harus memiliki pengelolaan keuangan yang baik. Ini meliputi perhitungan modal, cash flow, profit, dan bagaimana cara mengatasi kerugian. Jika kamu saja sudah cukup sulit untuk mengelola keuangan pribadi, maka kemungkinan besar kamu bisa kewalahan mengelola keuangan sebagai wirausaha.

 

Kurang Visioner

Memiliki kemampuan untuk berpikir ke depan, merupakan salah satu karakteristik wirausaha yang penting dimiliki. Jika tidak, kamu sulit untuk menentukan produk yang sedang diminati, menyusun startegi pemasaran, dan lain sebagainya.

Terlebih di era digital, pengusaha dituntut untuk dapat beradaptasi dengan segala perubahan yang terjadi secara cepat. Jadi, jika kamu kurang visioner, kemungkinan kamu gagal dalam menjalani bisnis pun lebih besar.

 

 

 

Nah, itu dia ketujuh karakteristik wirausaha yang perlu dihindari. Apakah kamu siap untuk menghilangkan berbagai karakteristik tersebut dan menjadi wirausahawan yang sukses? Selamat mencoba!

 

Featured Image - entrepreneur.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!