Sejumlah Fakta Manfaat Olahraga Untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh!

Sejumlah Fakta Manfaat Olahraga Untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh!

font size A Ǎ

Selama masa pandemi Covid-19, menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat merupakan poin penting. Karena, individu yang memiliki sistem imunitas lemah cenderung lebih mudah terpapar virus maupun berbagai macam penyakit.

Ada sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan dan menjaga sistem kekebalan tubuh, salah satunya adalah rutin melakukan aktivitas fisik alias berolahraga. Ketika tubuh kurang gerak, imunitas justru dapat melemah dan meningkatkan risiko infeksi.

Meski sebagian besar orang sudah mengetahui bahwa olahraga adalah kegiatan yang baik untuk kesehatan – lebih spesifik, untuk imunitas tubuh. Namun, masih ada sejumlah fakta mengenai olahraga yang mungkin belum diketahui.

Berikut ini sejumlah faktanya.

 

 

 

Deretan Fakta Olahraga

Untuk Tingatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sejumlah Fakta Manfaat Olahraga Untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh!

Sejumlah Fakta Manfaat Olahraga Untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh! / Credit:healthylnb.com

Intensitas Sedang

Olahraga yang dilakukan dalam intensitas sedang (moderate) dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, olahraga moderate juga bermanfaat untuk mengeluarkan hormon stres yang juga menjadi penyebab inflamasi, meningkatkan fungsi microbial killing, serta meningkatkan sitokin (produksi sel imunitas tubuh).

Sebaliknya, jika kamu terlalu berlebihan dalam berolahraga – atau melakukan olahraga intensitas berat dalam durasi lama – hal ini justru akan menyebabkan imunosepresan atau kekebalan tubuh menurun. Karena, kebiasaan tersebut justru dapat membuat tubuh lebih mudah terkena infeksi.

Olahraga intensitas rendah dapat ditandai dengan kamu masih bisa bernyanyi atau berbicara saat berolahraga. Sebagai contoh, jalan- jalan cepat yang termasuk olahraga moderate.

 

Selingi Dengan Peregangan

Tak hanya selama berolahraga saja, tapi peregangan juga perlu dilakukan disela-sela bekerja. Ya, peregangan juga termasuk kegiatan berolahraga ringan, lho.

Saat bekerja, kamu cenderung duduk dalam posisi yang sama selama berjam- jam. Hal ini berisiko menurunkan sistem kekebalan dan memengaruhi postur tubuh. Jadi, pastikan kamu melakukan peregangan setiap 1-2 jam sekali. Lakukan selama 5-10 menit, ya.

 

Sejumlah Fakta Manfaat Olahraga Untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh!

Sejumlah Fakta Manfaat Olahraga Untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh! / Credit: verywellfit.com

Neck Check Rule

Apa itu neck check rule? Ini merupakan cara untuk memeriksa apakah kamu layak untuk berolahraga. Misalnya, ketika kamu mengalami batuk, bersin, dan tenggorokan terasa tak nyaman. Kamu test dahulu dengan melakukan olahraga 10 menit.

Kalau tidak memburuk, lanjutkan olahraga selama 30-40 menit. Tapi, jika memburuk, sebaiknya hentikan dan beristirahat.

 

Waktu Melakukan Olahraga

Olahraga dapat dilakukan pada pagi maupun malam hari. Tapi, keduanya tentu memiliki kelebihan maupun kekurangan masing- masing.

Olahraga pagi mengharuskanmu melakukan pemanasan lebih lama, karena tubuh belum bergerak dan beraktivitas. Sebaliknya, olahraga malam tidak memerlukan hal ini – karena tubuh sudah beraktivitas sepanjang hari.

Tapi, jika kamu memilih berolahraga pada malam hari. Pastikan disiplin waktu sehingga jam tidur tidak terganggu.

 

Sejumlah Fakta Manfaat Olahraga Untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh!

Sejumlah Fakta Manfaat Olahraga Untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh! / Credit: hipwee.com

Latihan Kekuatan Otot

Latihan yang satu ini seringkali dilupakan, nih! Padahal latihan kekuatan otot dapat menghindari tubuh dari risiko cedera, lho. Kamu dapat lakukan latihan ini dengan push up, sit up, atau plank.

 

 

 

Selain Olahraga, Jaga Daya Tahan Tubuh Dengan Pola Hidup Sehat

Tak hanya sekedar rutin berolahraga saja, tapi menjaga sistem kekebalan tubuh juga perlu diimbangi dengan pola hidup sehat. Apa saja yang bisa diterapkan?

Tentu, mengonsumsi makanan bergizi seimbang, usahakan perbanyak makan sayur dan buah. Selain itu, cukupi kebutuhan tidurmu, selalu hidrasi tubuh, dan minum multivitamin lengkap seperti Enervon-C.

Enervon-C mengandung sejumlah vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk daya tahan yang baik. Beberapa multivitamin itu adalah Vitamin C 500 gram, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niasinamide, dan Kalsium Pantotenat.

Dan, selain membantu tubuh memiliki daya tahan tubuh yang optimal, Enervon-C dapat mengoptimalkan proses metabolisme tubuh. Ini berkaitan dengan kandungan vitamin B kompleks yang dapat mengubah makanan jadi energi untuk beraktivitas.

 

Berdasarkan penjelasan di atas – rutin berolahraga untuk meningkatkan kekebalan tubuh memang penting. Tapi, imbangi pula dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Agar kekebalan tubuh yang optimal dapat dicapai!

 

Featured Image - healthclubs.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!