Kehidupan pekerjaan yang selalu dipenuhi banyak tugas penting seringkali menuntut totalitas waktu dan pikiran yang cukup besar. Kadang karena hal ini, muncul tekanan dan menyebabkan kita menjadi stress.

Supaya pekerjaan bisa selesai dengan cepat dan kamu bisa jadi lebih produktif. Kamu bisa mengikut tips berikut ini.

1. Atur Pekerjaan agar Lebih Terfokus

Credit: Liputan6

Agar pekerjaan dapat terselesaikan sesuai jadwal, maka penting untuk membuat to do list. Daftar tersebut berisi semua pekerjaan yang harus kamu selesaikan mulai dari yang harus selesai secepatnya hingga yang bisa ditunda.

Kemudian, kerjakan sesuai dengan daftar yang telah kamu buat tersebut. Usahakan agar fokus ketika bekerja, dan ada baiknya untuk menjauhkan gadget saat bekerja, agar pekerjaan bisa selesai lebih cepat dan waktu bekerja pun jadi semakin efektif.

2. Ubah Kebiasaan Multi-Tasking

Credit: Kompasiana

Memiliki kemampuan multitasking memang diperlukan, tetapi kemampuan tersebut kadang bisa membuat kamu jadi kurang produktif karena fokus jadi terpecah.

Akibatnya, pekerjaan jadi tidak dapat selesai tepat waktu bahkan tidak ada yang selesai satu pun karena terlalu banyak pekerjaan yang dilakukan secara bersamaan. Jika sudah begitu, stress pasti akan dengan mudah menyerang dengan cepat.

Ada baiknya untuk mengerjakan pekerjaan sesuai jadwal yang sudah dibuat dan kesampingkan keinginan untuk melakukan pekerjaan sekaligus. Jangan berusaha untuk terlihat menonjol tanpa melihat lebih dulu kemampuan yang kamu miliki.

3. Putar Musik Kesukaan

Credit: Tribunnews

Untuk membuatmu semakin semangat saat bekerja, kamu bisa memutar musik kesukaanmu. Mendengarkan musik selama bekerja dapat membantu otak menjadi lebih rileks, sehingga pekerjaan bisa selesai maksimal dan kamu pun bisa punya waktu untuk bersantai.

Musik yang energik dan penuh semangat membantu mengisi ulang energi dan mood yang menurun karena banyak tekanan.

4. Maksimalkan Waktu Istirahat

Credit: Hipwee

Kamu tidak bisa terus berkutat dengan pekerjaan yang selalu menumpuk, tubuh dan pikiranmu juga butuh waktu untuk beristirahat. Pekerjaan memang penting tetapi kamu juga harus bijak dalam mengelola waktu antara bekerja dan istirahat. Jika tidak ini bisa berakibat buruk pada kondisi fisik serta kesehatan untuk jangka waktu panjang.

Ada baiknya untuk memaksimalkan waktu istirahat dan gunakan untuk benar-benar mengistirahatkan tubuh maupun pikiran. Istirahatlah sejenak dari pekerjaan dengan meminum secangkir kopi atau teh hangat, atau jalan- jalan di sekitar kantor.

5. Bangun Semangat Tingkatkan Produktivitas

Credit: Okezone

Terkadang tekanan yang muncul karena pekerjaan membuat seseorang jadi kurang semangat yang akirnya menurunkan produktivitas. Untuk mengatasinya, semangat kerja perlu dijaga dan dipertahankan. Mulailah bangun semangat dari kebiasaan-kebiasaan kecil di tempat kerja, terutama aktivitas yang sering dilakukan setiap hari.

 

Featured Image - Kompas.com