Imunitas Penting Selama Pandemi, Ini Tandanya Ketika Sedang Lemah!

Imunitas Penting Selama Pandemi, Ini Tandanya Ketika Sedang Lemah!

font size A Ǎ

Sebagian besar orang pasti mengetahui bahwa sistem kekebalan tubuh yang baik merupakan perlindungan utama dalam menghindari paparan virus corona. Tak hanya dapat melawan virus yang menyerang saluran pernapasan tersebut, tapi daya tahan tubuh yang baik juga berperan untuk melindungimu dari serangan berbagai virus dan penyakit lainnya.

Pada kasus Covid-19, ketika kamu terpapar virus ini tapi daya tahan tubuh sudah kuat, maka kemungkinan gejala yang timbul pun lebih ringan. Sebaliknya, jika tidak, gejala yang dialami kemungkinan lebih berat.

Untuk itu, menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh memang penting adanya! Lalu, bagaimana cara mengetahui kalau imun sedang menurun? Berikut ini deretan tanda yang mungkin kamu rasakan.

 

 

 

7 Tanda Sistem Kekebalan Tubuh Sedang Lemah

Imunitas Penting Selama Pandemi, Ini Tandanya Ketika Sedang Lemah!

Imunitas Penting Selama Pandemi, Ini Tandanya Ketika Sedang Lemah! / Credit: wowkeren.com

Mudah Masuk Angin

Masuk angin merupakan salah satu penyakit yang sering dialami masyarakat Indonesia. Kondisinya dapat ditandai dengan berbagai gejala, misalnya badan pegal- pegal, hingga perut yang terasa begah dan kembung.

Ketika kamu merasakan gejala tersebut, kemungkinan sistem kekebalan tubuhmu sedang melemah.

 

Stres Berkepanjangan

Apakah kamu sedang mengalami stres karena urusan pekerjaan atau apapun? Hati- hati, hal ini dapat membuatmu lebih mudah sakit, lho.

Stres yang berkepanjangan dapat menurunkan produksi limfosit. Jika limfosit berkurang, daya tahan tubuh bisa ikut melemah! Oleh karena itu, coba deh kelola stres dengan baik dan atasi dengan melakukan berbagai kegiatan yang positif.

 

Masalah Pencernaan

Salah satu tanda sistem kekebalan tubuh yang sedang melemah adalah timbulnya masalah pencernaan. Jika kamu merasa mudah mengalami gangguan pada asam lambung, diare, atau konstipasi. Mungkin kekebalan tubuhmu sedang menurun.

Mulailah dengan memperbaiki pola hidupmu, seperti mengonsumsi makanan bergizi dan minum vitamin agar tubuh – termasuk pencernaan menjadi sehat.

 

Imunitas Penting Selama Pandemi, Ini Tandanya Ketika Sedang Lemah!

Imunitas Penting Selama Pandemi, Ini Tandanya Ketika Sedang Lemah! / Credit: alodokter.com

Luka Sulit Sembuh

Jika kamu memiliki luka yang tak kunjung sembuh, bisa jadi ini tanda kalau imunitasmu sedang melemah! Kondisi seperti ini membuat tubuh menjadi lebih fokus untuk melawan infeksi, daripada menyembuhkan luka.

Padahal, jika kekebalan tubuh sedang baik, luka dapat cepat sembuh tanpa menimbulkan infeksi, lho.

 

Pilek

Meski terlihat sepele, tapi pilek merupakan salah satu tanda bahwa daya tahan tubuhmu sedang lemah. Oleh karena itu, ketika kamu mulai merasakan gejala pilek, usahakan untuk istirahat yang cukup dan mengonsumsi makanan bergizi. Sehingga, daya tahan tubuh dapat kembali meningkat.

 

Imunitas Penting Selama Pandemi, Ini Tandanya Ketika Sedang Lemah!

Imunitas Penting Selama Pandemi, Ini Tandanya Ketika Sedang Lemah! / Credit: wellandgood.com

Mudah Merasa Lelah

Ketika imunitas tubuh sedang melemah, terkadang kamu akan mudah merasa lelah. Untuk mengatasinya, kamu bisa beristirahat yang cukup. Namun, jika kamu sedang tidak melakukan aktivitas berat dan tetap merasa lelah, segera periksakan ke dokter, ya.

 

Alergi

Setiap orang mungkin memiliki penyebab alergi yang berbeda- beda. Tapi, jika kamu mengalami alergi yang berbeda dari biasanya, mungkin saja tubuhmu sedang memberi tahu bahwa daya tahannya dalam keadaan lemah.

 

 

 

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh

Imunitas Penting Selama Pandemi, Ini Tandanya Ketika Sedang Lemah!

Imunitas Penting Selama Pandemi, Ini Tandanya Ketika Sedang Lemah! / Credit: diet.ind.in

Untuk menjaga daya tahan tubuh tetap terjaga, ada sejumlah cara yang dapat kamu lakukan, yaitu:

  • Perbanyak makan sayur dan buah. Serta, makanan bergizi tinggi.
  • Cukupi kebutuhan istirahat.
  • Rutin berolahraga
  • Cukupi kebutuhan cairan tubuh.
  • Kelola stres dengan baik.

Agar semakin optimal, lengkapi dengan minum multivitamin Enervon-C secara rutin. Mengapa Enervon-C?

Karena, kandungan Vitamin C 500mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat di dalamnya dapat membantu jaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, Enervon-C mengandung vitamin B kompleks – yang berperan untuk mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah jadi energi tahan lama.

 

Wah, bagaimana nih? Sekarang kamu sudah mengetahui berbagai tanda imunitas tubuh yang sedang lemah, ya. Jika kamu mengalami salah satu gejala tersebut, segera atasi dengan memperbaiki pola hidupmu ya!

 

Featured Image  - intermountainhealthcare.org

Source - popmama.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!