Radang Tenggorokan Termasuk Gejala Covid-19, Kenali Sejumlah Hal Penting Ini!

Radang Tenggorokan Termasuk Gejala Covid-19, Kenali Sejumlah Hal Penting Ini!

font size A Ǎ

Pandemi Covid-19 yang menyerang saluran pernapasan manusia masih terus berlangsung hingga saat ini. Siapa pun dapat terserang virus ini, tak mengenal jenis kelamin maupun usia. Dari anak-anak hingga orang dewasa bisa kena. Meski demikian, gejala yang dialami berbeda- beda.

Namun, gejala yang kemungkinan dirasakan oleh hampir semua pasien Covid-19 adalah demam, sesak napas, dan radang tenggorokan. Mengapa radang juga termasuk gejala Covid-19? Karena, virus ini dapat terhirup dan masuk ke dalam tubuh melalui hidung serta tenggorokan.

Pada tenggorokan, kemungkinan virus corona sudah semakin berkembang biak, hingga akhirnya virus menyebabkan radang tenggorokan dan infeksi lebih lanjut. Meski demikian, saat ini, belum ada waktu pasti mengenai kapan gejala radang tenggorokan muncul, walaupun sudah terinfeksi.

Berkaitan dengan radang tenggorokan sebagai gejala Covid-19 – ada sejumlah hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu, nih.

Berikut ulasan lengkapnya.

 

 

 

Deretan Hal yang Perlu Diketahui Mengenai Radang Tenggorokan Sebagai Gejala Covid-19

Radang Tenggorokan Termasuk Gejala Covid-19, Kenali Sejumlah Hal Penting Ini!

Radang Tenggorokan Termasuk Gejala Covid-19, Kenali Sejumlah Hal Penting Ini! / Credit: doktersehat.com

Penyebab Radang Tenggorokan Saat Terinfeksi Virus Corona

Ketika seorang individu mengalami infeksi pada saluran pernapasannya, seperti yang dialami oleh pasien Covid-19, umumnya mereka juga akan mengalami postnatal drip, atau sebuah kondisi di mana banyak lendir berlebih dan menetes di bagian belakang tenggorokan. Kondisi inilah yang menyebabkan timbulnya radang.

Dilansir dari Prevention, dinyatakan bahwa jika setiap infeksi virus yang terjadi di saluran pernapasan bagian atas dapat menyebabkan radang tenggorokan.

Virus Covid-19 pun akan langsung menimbulkan iritasi dan inflamasi pada bagian tenggorokan. Meskipun lokasi utama infeksi Covid-19 bukan tenggorokan, tapi batuk yang disebabkan oleh virus corona juga dapat ikut mengiritasi bagian pernapasan tersebut.

 

Radang Tenggorokan Akibat Virus Corona atau Penyakit Lainnya

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya – radang tenggorokan bukan hanya gejala dari Covid-19 saja, melainkan penyakit lainnya mungkin dapat ditandai dengan kondisi ini. Jadi, cara terbaik untuk mengetahui penyebab radang tenggorokan yang dialami dalah dengan melihat gejala lainnya atau melakukan tes Covid-19.

 

Radang Tenggorokan Termasuk Gejala Covid-19, Kenali Sejumlah Hal Penting Ini!

Radang Tenggorokan Termasuk Gejala Covid-19, Kenali Sejumlah Hal Penting Ini! / Credit: alodokter.com

Lalu, Bagaimana Cara Membedakan Radang Tenggorokan Gejala Covid-19 Dengan Flu Biasa?

Radang tenggorokan bisa saja terjadi ketika akan flu, pilek, atau memang terinfeksi Covid-19. Untuk membedakan keduanya, kamu dapat perhatikan sejumlah hal ini:

  • Covid-19. Gejala biasanya akan berkembang secara betahap. Saat ini, gejala yang banyak dialami adalah demam, batuk, lelah, diare, sesak napas, dan radang tenggorokan.
  • Pilek. Gejala yang hadir juga biasanya datang secara bertahap. Tapi, gejala awal yang paling sering terjadi adalah radang tenggorokan dan hidung tersumbat. Dan, terkadang ada yang mengalami demam.
  • Flu. Gejala akan datang dengan cepat. Gejalanya pun banyak yang mirip dengan Covid-19. Tapi pilek, sakit kepala, dan nyeri pada tubuh yang merupakan gejala umum flu, justru jarang dialami oleh pasien Covid-19.

 

Berikut Ini Sejumlah Tips Untuk Mencegah Terinfeksi Covid-19

Radang Tenggorokan Termasuk Gejala Covid-19, Kenali Sejumlah Hal Penting Ini!

Radang Tenggorokan Termasuk Gejala Covid-19, Kenali Sejumlah Hal Penting Ini! / Credit: orogoldgiveaway.com

Menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat merupakan kunci utama dalam melindungi diri dari infeksi Covid-19. Seperti yang sudah diketahui, virus lebih mudah menyerang individu dengan imunitas yang lemah.

Untuk mencapai sistem kekebalan tubuh yang kuat, selalu terapkan pola hidup sehat. Hal ini meliputi:

  • Perbanyak makan sayur dan buah. Serta, makanan bergizi tinggi.
  • Cukupi kebutuhan istirahat.
  • Rutin berolahraga
  • Cukupi kebutuhan cairan tubuh.
  • Kelola stres dengan baik.

Lengkapi pula kebutuhan vitamin C harianmu. Vitamin C berperan untuk membantu jaga imunitas tubuh, terutama di masa pandemi Covid-19.

Penuhi kebutuhan vitamin C harian dengan mengonsumsi sejumlah sumber makanan, seperti sayur dan buah yang kaya akan vitamin C. Lebih mudahnya – kamu dapat minum multivitamin, seperti Enervon-C setiap hari.

Enervon-C mengandung sejumlah vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk daya tahan yang baik. Beberapa multivitamin itu adalah Vitamin C 500 gram, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niasinamide, dan Kalsium Pantotenat.

Dan, selain membantu tubuh memiliki daya tahan tubuh yang optimal, Enervon-C dapat mengoptimalkan proses metabolisme tubuh. Ini berkaitan dengan kandungan vitamin B kompleks yang dapat mengubah makanan jadi energi untuk beraktivitas.

 

 

 

Dari penjelasan di atas – kamu sudah mengetahui sejumlah hal penting mengenai radang tenggorokan yang termasuk salah satu gejala Covid-19, ya.

Yang tak kalah penting, selalu terapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, rutin cuci tangan, jaga jarak, dan hindari berpergian ke luar rumah jika tidak mendesak, selama pandemi Covid-19.

 

Featured Image - klikdokter.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!