Ajari Anak Menghormati Orang Tua Dengan Tips Cerdas Berikut!

Ajari Anak Menghormati Orang Tua Dengan Tips Cerdas Berikut!

Buat kamu yang baru saja jadi orang tua dan masih punya si kecil yang perlu sekali perhatian penuh dari kamu, perlu kamu ketahui kalau budi pekerti atau etika adalah hal yang penting di tumbuh kembangnya.

Budi pekerti adalah hal yang penting karena untuk bersosialisasi kepada banyak kalangan di luar, terutama untuk kepada yang lebih tua, si kecil perlu diajarkan bagaimana cara menghormati, berbicara dan tentunya bersosialisasi dengan yang lebih tua.

 

 

Buat kamu yang masih bingung bagaimana cara mengajarkan si kecil untuk berbudi pekerti yang baik terutama untuk mereka yang lebih tua, kamu bisa simak bahasan kali ini untuk selengkapnya ya!

 

5 Cara Ajarkan si Kecil Untuk Hormat Pada yang Lebih Tua

Ajari Anak Menghormati Orang Tua Dengan Tips Cerdas Berikut!

Ajari Anak Menghormati Orang Tua Dengan Tips Cerdas Berikut! credit image: sayangianak.com

 

Kasih Pengertian Pentingnya Punya

Sikap Menghormati Yang Lebih Tua

Cara pertama untuk mengajarkan si kecil untuk punya sikap menghormati yang lebih tua adalah dengan mengomunikasikannya dengan perlahan. Berikan pengertian, ajak bicara santai dan beritahu bagaimana cara menghormati dan menghargai mereka yang lebih tua.

Beritahukan kalau ada kewajiban sendiri yang muda mesti menghormati yang lebih tua. Kamu bisa komunikasikan dengan tegas, tapi tetap santai tanpa ada nada memarahi si kecil, ya. Kamu juga bisa buat diskusi kecil untuk memberitahukan pentingnya bersikap sopan.

 

Tanamkan Rasa Empati

Rasa empati adalah salah satu cara untuk mengajarkan si kecil untuk berbudi pekerti yang baik dan hormat kepada yang lebih tua. Kamu bisa ajarkan si kecil untuk menanamkan rasa empatinya dengan cara mengetahui kisah hidup mereka yang sudah lebih tua, beraktivitas bersama dan lainnya.

Contoh, kamu bisa ceritakan soal kisah hidup kakek dan nenek, lalu ajak mereka untuk beraktivitas bersama. Dari sini, kamu bisa lihat perkembangan bagaimana rasa empati tersebut berjalan dengan baik di dalam si kecil.

 

Terus Ingatkan Soal Kebaikan

Masih berkaitan dengan rasa empati yang harusnya kamu tanamkan ke tumbuh kembangnya si kecil, kamu juga paralel bisa terus mengingatkannya soal berbuat kebaikan. Berbuat kebaikan ini boleh ke siapa saja, terlebih kepada mereka yang lebih tua.

 

Jadi Panutan Dengan Mencontohkan

Berkaitan dengan berbagai cara yang sudah disebutkan di atas – pastikan kamu menjadi panutan dengan mencontohkan apa saja yang sudah kamu ajari kepada si kecil. Kamu perlu menunjukan bagaimana sopan santun yang harusnya dilakukan dan sebagainya.

Dari sini tentu si kecil akan semakin paham kalau orang tuanya saja mencontohkan hal yang baik, pastinya si kecil akan merasa ia juga mesti melakukan hal yang sama sehingga kebaikan itu terus mengalir dengan baik.

 

Kunjungi Kakek dan Nenek!

Untuk membiasakan si kecil mempunyai rasa hormat dan rasa saling menghargai dengan yang lebih tua, biasakan untuk bertemu dengan kakek nenek atau om dan tante sehingga si kecil tahu bagaimana mesti bersikap kepada yang lebih tua.

Membiasakan hal seperti itu tentu akan memudahkannya untuk mengingat apa saja yang mesti dilakukan ketika bertemu dan berkomunikasi dengan yang lebih tua.

 

 

Nah dari berbagai cara yang sudah dijelaskan di atas – apakah kamu sudah paham sepenuhnya? Jika iya, bisa kamu terapkan dengan baik ya!

 

Feature Image – review.bukalapak.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!