Covid-19 merupakan jenis virus yang dapat menyebar, menular, dan menginfeksi siapa saja. Mulai dari anak-anak, orang dewasa, hingga lansia. kebersihan dan kesehatan tidak diperhatikan, maka semakin rentan pula terpapar Covid-19.

Untuk itu, mempertahankan kesehatan, terutama daya tahan tubuh merupakan hal penting. Ya, seperti yang diketahui, kekebalan tubuh adalah alat perlindungan utama dalam melawan virus corona. Selain itu, hidup bersih juga solusi terbaik.

Menjaga kebersihan dapat dilakukan dengan menggunakan hand sanitizer, serta segera mandi setelah berpergian seharian. Dan yang tidak boleh terlewat – membersihkan sejumlah benda setiap harinya.

Berkaitan dengan membersihkan berbagai benda – kebiasaan ini juga perlu dipertahankan, bahkan hingga pandemi usai. Langkah ini dilakukan agar kamu dan orang di sekitar tetap terhindar dari virus penyebab penyakit, tak hanya virus corona saja.

Lalu, apa saja benda yang wajib dibersihkan setiap harinya? Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

 

5 Benda yang Wajib Dibersihkan Setiap Hari, Bahkan Hingga Pandemi Usai

Deretan Barang yang Wajib Dibersihkan Setiap Hari, Bahkan Setelah Pandemi Usai / Credit: wonderwall.sg

Gagang Pintu

Benda yang penting dibersihkan setiap harinya – yaitu gagang pintu. Mengapa? Karena, benda ini selalu disentuh dan dipegang oleh banyak orang. Mudahnya, semakin sering suatu benda disentuh, maka semakin sering pula benda tersebut perlu dibersihkan.

Untuk membersihkan gagang pintu, sebaiknya gunakan air dan sabun terlebih dahulu. Kemudian, semprotkan cairan disinfektan dan lap hingga bersih.

 

Kemudi

Saat ini, aktivitas sudah mulai kembali normal, artinya kamu pun pasti lebih sering menggunakan kendaraan pribadi. Oleh karena itu, kamu harus mendisinfeksi kemudi mobil atau motor sesering mungkin. Jika perlu, bersihkan setiap hari.

Kamu dapat gunakan tisu disinfektan yang mengandung Lysol untuk membersihkan kemudi. Tetapi, sebaiknya gunakan tisu khusus untuk membersihkan jok kulit atau layar sentuh mobil, sehingga tidak mudah rusak.

 

Deretan Barang yang Wajib Dibersihkan Setiap Hari, Bahkan Setelah Pandemi Usai / Credit: tribunnews.com

Sakelar Lampu

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa Covid-19 dapat tetap hidup hingga 3 hari lamanya pada permukaan plastik dan stainless steel. Ini termasuk sakelar lampu. Tanpa disadari, sakelar lampu juga merupakan benda yang sering kamu sentuh setiap harinya.

Bersihkan bagian lampu terlebih dahulu dengan alkohol atau disinfektan yang bisa membunuh kuman. Tapi sebelumnya, pastikan aliran listik sudah dimatikan terlebih dahulu, ya.

 

Handphone

Sebuah studi ilmiah dari 56 studi dari 24 negara, handphone merupakan salah satu benda yang bisa menjadi sarang kuman dan virus, termasuk Covid-19. Sehingga, membersihkannya setiap hari penting dilakukan.

Bersihkan handphone dengan kain kering yang lembut untuk membersihkan kotoran, debu, dan sidik jari. Kemudian, gunakan tisu atau semprotan yang mengandung setidaknya 70 persen alkohol untuk mendisinfeksi bagian layar.

 

Deretan Barang yang Wajib Dibersihkan Setiap Hari, Bahkan Setelah Pandemi Usai / Credit: myhorizontoday.com

Kartu Kredit atau Debit

Sejumlah benda yang sering dibawa ke publik juga perlu dibersihkan secara rutin. Salah satunya adalah kartu kredit atau debit. Benda ini perlu didisinfeksi sesering mungkin untuk mencegah adanya virus, kuman, dan bakteri yang menempel.

Bersihkan kartu setelah digunakan, usap menggunakan tisu disinfektan, terutama setelah dipegang oleh kasir atau orang lain.

 

 

Nah, selain sejumlah benda di atas, perawatan yang sama juga berlaku untuk benda- benda lainnya yang sering kamu bawa, seperti kunci dan dompet. Perhatikan apa saja benda yang kamu bawa pergi, dan segera bersihkan setelah sampai di rumah.

 

Featured Image - thespruce.com

Source - medcom.id