Waspadai! 5 Makanan Ini Ternyata Dapat Lemahkan Imunitas Tubuh, Lho

Waspadai! 5 Makanan Ini Ternyata Dapat Lemahkan Imunitas Tubuh, Lho

font size A Ǎ

Sebagian besar darimu pasti sudah tahu bahwa imunitas yang baik dapat didapatkan, salah satunya dengan menjaga pola makan sehat. Tak hanya untuk imunitas dan kesehatan saja, tapi menerapkan pola makan sehat juga dapat membantumu mendapatkan bentuk tubuh yang ideal.

Sumber makanan yang sebaiknya dikonsumsi untuk mendukung pola hidup sehat, yaitu seperti buah, sayur, atau biji- bijian. Tapi, kamu masih perlu berhati- hati, nih. Karena, ada sejumlah makanan yang justru dapat melemahkan imunitas tubuh – ini disebabkan kandungannya yang kurang sehat dan cenderung merugikan tubuh.

Lalu, apa saja sejumlah makanan yang sebaiknya dihindari agar imunitas tubuh tidak melemah? Berikut ulasannya.

 

 

 

5 Makanan yang Dapat Melemahkan Imunitas Tubuh

Waspadai! 5 Makanan Ini Ternyata Dapat Lemahkan Imunitas Tubuh, Lho

Waspadai! 5 Makanan Ini Ternyata Dapat Lemahkan Imunitas Tubuh, Lho / Credit: home.bt.com

Kandungan Gula yang Tinggi

Dilansir dari IDN Times, sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi gula lebih dari 100 gram sehari dapat mengakibatkan penurunan imunitas tubuh. Mengapa demikian?

Karena, sel darah putih mengalami penurunan atau bahkan kehilangan kemampuannya dalam memerangi bakteri yang masuk ke tubuh. Tentu saja, hal ini dapat menyebabkan seseorang lebih mudah terserang penyakit.

Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi gula dapat meningkatkan risiko diabetes. Jadi, tetap konsumsi gula dalam jumlah yang wajar dan tak berlebihan.

 

Kafein

Terlalu banyak mengonsumsi minuman yang tinggi kafein juga dapat menurunkan imunitas tubuh, nih! Hal ini disebabkan terbunuhnya sel antibodi yang berperan untuk melawan berbagai macam virus, bakteri, dan kuman penyebab penyakit yang masuk ke dalam tubuh.

 

Waspadai! 5 Makanan Ini Ternyata Dapat Lemahkan Imunitas Tubuh, Lho

Waspadai! 5 Makanan Ini Ternyata Dapat Lemahkan Imunitas Tubuh, Lho / Credit: eatthis.com

Camilan Tak Sehat

Apakah kamu termasuk yang gemar ngemil camilan tak sehat? Mulai sekarang, coba yuk hentikan kebiasaan ini. Karena, kalau kamu terus melakukannya dalam jangka panjang, radang dapat sering muncul dan imunitas pun ikut menurun.

Tapi, bukan berarti kamu tidak boleh ngemil, ya. Hanya saja, disarankan untuk mengonsumsi camilan sehat. Seperti buah-buahan, kacang-kacangan, atau biskuit gandum.

 

Minuman Bersoda

Minuman bersoda juga termasuk minuman yang tidak baik untuk kesehatan. Faktanya, minuman bersoda mengandung gula yang tinggi, dan tentu ini dapat melemahkan imunitas.

Selain itu, terlalu sering minum minuman bersoda dapat mengganggu fungsi pencernaan, ,menimbulkan gangguan asam lambung, hingga menyebabkan infeksi. Kalau sudah begini, berbagai penyakit lainnya pun lebih mudah menyerang.

 

Waspadai! 5 Makanan Ini Ternyata Dapat Lemahkan Imunitas Tubuh, Lho

Waspadai! 5 Makanan Ini Ternyata Dapat Lemahkan Imunitas Tubuh, Lho / Credit: medicalnewstoday.com

Junk Food dan Makanan Instan

Kedua jenis makanan ini termasuk makanan tinggi kalori dan tidak baik dikonsumsi dalam jumlah terlalu banyak. Hal ini dapat membuat tubuh kekurangan nutrisi dan kehilangan kemampuan untuk mempertahankan diri dari serangan virus.

 

 

 

Tips Menjaga Imunitas Tubuh

Waspadai! 5 Makanan Ini Ternyata Dapat Lemahkan Imunitas Tubuh, Lho

Waspadai! 5 Makanan Ini Ternyata Dapat Lemahkan Imunitas Tubuh, Lho / Credit: healthline.com

Tak hanya menghindari sejumlah makanan di atas – ada deretan cara lainnya yang perlu kamu lakukan untuk menjaga imunitas tubuh tetap optimal. Yaitu, rutin makan sayur dan buah secara teratur, perbanyak minum air putih, rutin olahraga, istirahat yang cukup, dan kelola stres dengan baik.

Nah, yang tak kalah penting – konsumsi multivitamin vitamin C dan vitamin B kompleks, seperti Enervon-C.

Multivitamin Enervon-C mengandung Vitamin C 500mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat. Kandungan tersebut dapat bantu jaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Dan, kandungan vitamin B kompleksnya dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah jadi energi untuk beraktivitas.

 

Wah, bagaimana nih? Berdasarkan penjelasan di atas, penting ya untuk menghindari sejumlah makanan di atas dan terapkan pola hidup yang sehat agar imunitas tubuh tetap dalam keadaan optimal.

 

Featured Image - thatsugarmovement.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!