Pada umumnya, orang yang suka membaca memiliki wawasan yang lebih luas. Mereka yang gemar baca buku biasanya sudah diajarkan oleh orangtua mereka sejak kecil sehingga menjadi terbiasa, bahkan ada yang sampai menjadi hobi.

Membaca merupakan kegiatan positif dan memiliki banyak manfaat bagi siapa pun, termasuk anak-anak. Itulah sebabnya kenapa banyak orangtua yang mulai memperkenalkan kebiasaan membaca buku pada anak sejak kecil. 

Mau tau apa saja manfaat membaca buku bagi anak? Berikut ulasannya.

1. Meningkatkan kemampuan otak dan mental anak

Credit: Jawapos

Membaca dapat memberikan pengaruh positif pada otak anak yang sedang berkembang. Bahkan, pengaruhnya juga bisa didapatkan sejak bayi saat mereka masih belum bisa membaca, tapi dibacakan cerita oleh orangtuanya.

Buku yang terdiri dari rangkaian kata, angka, gambar dan elemen lain, mampu mengembangkan keterampilan anak dalam berpikir. Dan hal ini memengaruhi bagaimana cara anak berbicara, memecahkan masalah, menulis, bahkan memperoleh pengalaman.

Selain itu, buku fiksi yang dibaca atau dibacakan kepada anak dapat merangang mereka untuk mengenail emosinya sendiri serta orang- orang yang ada di sekitar mereka. Bahkan, anak- anak yang menyukai buku fiksi cenderung memiliki imajinasi yang tinggi dan ide kreatif. Sementara itu, anak yang sering membaca buku nonfiksi dapat membangun citra diri yang kuat, percaya diri, dan berwawasan tinggi.

2. Meningkatkan ikatan antara anak dan orangtua

Credit Hipwee

Membaca bisa menjadi waktu yang menyenangkan untuk meningkatkan ikatan antara orangtua dengan anak.

Bukan sekadar membangun ikatan, membaca juga jadi cara orangtua untuk mengajari anak berbagai pengetahuan, informasi, dan aspek-aspek kehidupan yang ada di dalam buku yang mereka baca.

3. Mendukung masa depan

Credit: HaiBunda

Anak- anak yang sudah terbiasa membaca buku biasanya memiliki keinginan dan cita- cita yang lebih terarah. Dan mereka juga terpacu untuk mengetahui lebih dalam mengenai hal- hal yang mereka sukai.

Ketika usia anak menginjak remaja, mereka bisa dengan fokus menggeluti, mencari tahu, bahkan mempraktikkan hal-hal apa saja yang mereka bisa lakukan sesuai cita-cita mereka dari buku. Selain itu, membaca juga memberi mereka pemahaman tentang tanggung jawab dan risiko dari suatu perbuatan atau perilaku.

Cara memperkenalkan kebiasaan membaca pada anak sejak kecil

Credit: IDNTimes

Kamu bisa memperkenalkan kebiasaan membaca pada anak bahkan sebelum bayi dapat membaca dan berbicara.

Untuk bayi, kamu bisa mengenalkan buku yang menarik dan interaktif, seperti lebih berwarna, lebih banyak ilustrasi daripada teks, dan tema yang disukai anak, misalnya binatang. Selain itu, kamu perlu menunjukkan gambar dan menekankan kata-kata atau mengulanginya beberapa kali. Hal ini dapat membantu bayi untuk memperkuat kosakata yang baru didapatkannya.

Dan untuk usia 2 sampai 5 tahun, kamu bisa mengajak anak pergi ke toko buku dan membiarkannya memilih buku bacaan yang disukai.

 

Featured Image - Edukasi Kompas