7 Cara Jitu Tingkatkan Prestasi Belajar Si Kecil

7 Cara Jitu Tingkatkan Prestasi Belajar Si Kecil

font size A Ǎ

Setiap orangtua pasti menginginkan buah hatinya tumbuh menjadi anak yang berprestasi. Hal ini merupakan sebuah kebanggan tersendiri bagi orangtua – bahkan menganggap bahwa prestasi yang dicapai sang anak adalah hadiah terindah.

Meski demikian, prestasi yang gemilang tak dapat diperoleh anak dengan sendirinya. Dibutuhkan berbagai cara dan usaha yang juga ikut dilakukan orangtua untuk meningkatkan prestasi belajar si kecil.

 

 

Memang, meningkatkan prestasi belajar anak tidaklah mudah. Mengingat anak memiliki suasana hati yang mudah berubah. Itulah sebabnya diperlukan bantuan dan kreatifitas dari orangtua untuk membantu mencapai prestasi belajar anak yang baik.

Lalu, bagaimana caranya? Berikut ini 7 tips yang dapat dilakukan oleh para orangtua.

 

7 Tips Meningkatkan Prestasi Belajar Anak

7 Cara Jitu Tingkatkan Prestasi Belajar Si Kecil

7 Cara Jitu Tingkatkan Prestasi Belajar Si Kecil / Credit: schmoopie-lb.com

Menjadikan Anak Aktif

Anak yang aktif biasanya disenangi oleh orangtua dan guru. Dalam proses belajar, anak aktif tidak hanya dapat mengolah informasi yang didapat, tetapi ia juga lebih kritis dan banyak bertanya tentang hal yang sedang ia pelajari.

Mengajari anak menjadi aktif merupakan salah satu langkah untuk meningkatkan prestasi belajarnya. Karena, saat anak aktif ketika proses belajar, ia pun akan lebih banyak mendapat ilmu dan pengetahuan.

 

Metode Belajar yang Beragam

Menerapkan cara belajar yang beragam juga dapat bantu meningkatkan prestasi belajar anak. Dengan menerapkan metode yang berbeda- beda, membuat anak menganggap bahwa belajar adalah hal yang menyenangkan.

Selain itu, cara ini juga dapat menghindari si kecil dari rasa stres dan tertekan yang seringkali muncul ketika proses belajar.

 

Memberikan Hadiah Pada Anak

Jika anak sudah mendapat presetasi belajar yang baik, misalnya juara kelas, orangtua bisa memberikan hadiah sebagai tanda bangga padanya. Umumnya, anak-anak menyukai hadiah barang yang sedang mereka inginkan.

Bukan hanya sebagai tanda bangga, memberikan hadiah juga dapat memicu semangat anak untuk terus meningkatkan prestasi belajarnya.

 

7 Cara Jitu Tingkatkan Prestasi Belajar Si Kecil

7 Cara Jitu Tingkatkan Prestasi Belajar Si Kecil / Credit: indianexpress.com

Mendukung Anak Dalam Belajar

Memberikan dukungan – motivasi dalam bentuk mudahnya – dapat membantu meningkatkan prestasi belajar anak. Dukungan dari orangtua sangat diperlukan, sehingga anak merasa diperhatikan. Inilah yang menjadikannya semakin giat belajar.

Orangtua dapat memberi dukungan, misalnya dengan menanyakan apakah pekerjaan rumahnya sudah selesai atau belum. Atau, menanyakan apakah ada kesulitan dalam proses belajar yang sedang dijalani.

 

Bantu Kembangkan Bakat Anak

Setiap anak pasti terlahir dengan bakat yang berbeda- beda. Ada yang mahir dalam olahraga, hitungan, dan ada pula yang mahir dalam urusan teori. Disinilah tugas orangtua, untuk melihat dan membantu mengembangkan bakat sang anak.

Dengan mengembangkan bakat yang ada, maka prestasi belajar pun ikut meningkat. Karena, setiap anak pasti akan senang jika harus melakukan hal yang ia sukai, salah satunya bakat yang dimilikinya.

 

7 Cara Jitu Tingkatkan Prestasi Belajar Si Kecil

7 Cara Jitu Tingkatkan Prestasi Belajar Si Kecil / Credit: oxfordlearning.com

Ciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan

Menciptakan suasana belajar yang asyik memang penting dilakukan. Karena, suasana juga ikut memengaruhi anak dalam menerima informasi yang disampaikan.

Jika suasana belajar sudah menyenangkan, maka si kecil lebih mudah untuk menerima pelajaran tersebut. Dengan begitu, prestasi belajar anak akan terus meningkat dan ia tak mudah bosan ketika belajar.

 

Memberi Nasehat Pada Anak

Cara meningkatkan prestasi belajar selanjutnya adalah memberikan nasehat pada anak. Setiap anak harus tumbuh diiringi nasehat dari orangtua. Hal ini dapat membuat anak memilih mana yang baik untuk dikerjakan dan mana yang tidak.

 

 

 

Wah, bagaimana nih? Sekarang kamu sudah tahu ya kiat-kiat apa saja yang dapat diterapkan untuk membantu meningkatkan prestasi belajar si kecil? Nah, apakah kamu ingin menerapkan sejumlah tips berikut?

 

Featured Image - townpune.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!