3 Manfaat Yoga Untuk Kesehatan Mental. Wajib Kamu Ketahui!

3 Manfaat Yoga Untuk Kesehatan Mental. Wajib Kamu Ketahui!

font size A Ǎ

Olahraga merupakan salah satu kebiasaan baik yang dapat bantu meningkatkan daya tahan tubuh. Bahkan, kegiatan fisik ini sedang gencar-gencarnya dilakukan oleh masyarakat, terutama di masa pandemi Covid-19. Mengingat – Covid-19 lebih mudah menyerang individu yang memiliki imunitas lemah.

Ada beragam olahraga yang sedang sering dilakukan, seperti bersepeda, jalan kaki cepat hingga 10 ribu langkah, dan yang tak kalah booming adalah yoga.

Tak hanya baik untuk kesehatan, termasuk bantu meningkatkan daya tahan tubuh saja, tetapi rutin melakukan olahraga yoga dapat membantu orang yang sedang mengalami rasa stres, cemas, bahkan hingga depresi.

Apalagi selama pandemi, sepertinya tidak sedikit orang yang mengalami rasa depresi. Meski demikian, depresi sering kali disepelekan, nih. Padahal, tindakan tersebut justru salah!

Dilansir dari Kompas, dari National Institute of Mental Health, menyebutkan bahwa depresi dapat memberikan dampak buruk pada perasaan dan pikirkan. Tak jarang, depresi dapat menganggu aktivitas sehari- hari dan memperburuk kondisi fisik seseorang.

Inilah sebabkan, para ahli merekomendasikan untuk rutin berolahraga agar kondisi fisik dan mental tetap terjaga. Dan, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, yoga merupakan olahraga dengan sejuta manfaat, termasuk untuk kesehatan mental.

 

3 Manfaat Yoga Untuk Kesehatan Mental

3 Manfaat Yoga Untuk Kesehatan Mental. Wajib Kamu Ketahui!

3 Manfaat Yoga Untuk Kesehatan Mental. Wajib Kamu Ketahui! / Credit: halodoc.com

Lebih lanjut – berikut ini ketiga manfaat baik yoga untuk kesehatan mental.

Mengurangi Depresi

Yoga merupakan aktivitas fisik yang juga melibatkan praktik mindfulness. Oleh karena itu, yoga dianggap bermanfaat untuk mengobati masalah kesehatan mental, salah satunya depresi.

Dalam sebuah riset yang diterbitkan oleh British Journal of Sports Medicine, yoga sudah terbukti dapat mengatasi depresi. Peneliti menyebutkan bahwa yoga memiliki efek yang cukup baik dalam mengurangi gejala depresi.

Manfaat ini terlihat pada penderita depresi dan skizofrenia. Bahkan, peneliti juga membuktikan, orang yang lebih teratur melakukan yoga mengalami efek positif pada gejala depresi yang dialami.

 

Meredakan Stres

Stres seringkali menyebabkan lonjakan hormon adrenalin dan kortisol yang dapat merusak pembuluh darah dan meningkatkan tekanan darah.

Penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang berlatih yoga secara teratur, dapat memiliki kadar kortisol yang rendah. Bahkan, disebutkan bahwa berlatih yoga selama minimal tiga bulan, bermanfaat untuk menurunkan stres yang dirasakan.

Selain itu, yoga dapat mengurangi sitokin pro-inflamasi yang dapat menyebabkan peradangan – dan akhirnya menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun.

 

3 Manfaat Yoga Untuk Kesehatan Mental. Wajib Kamu Ketahui!

3 Manfaat Yoga Untuk Kesehatan Mental. Wajib Kamu Ketahui! / Credit: au.reachout.com

Meredakan Rasa Cemas

Manfaat yoga selanjutnya adalah dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi tingkat kecemasan yang sedang dirasakan. Berdasarkan riset pada tahun 2010, rasa cemas umumnya disebabkan oleh tingginya kadar zat kimia otak Gamma-Aminobutyric Acid (GABA).

Aktivitas tersebut yang menyebabkan terjadinya gangguan kecemasan dan perubahan suasana hati dalam waktu singkat. Tetapi, kondisi ini dapat diatasi dengan melakukan latihan yoga secara rutin.

 

 

 

Nah, itu dia ketiga manfaat yoga untuk kesehatan mental. Selama pandemi, tak hanya kesehatan fisik saja yang perlu dijaga, tetapi kesehatan mental pun penting untuk diperhatikan.

Untuk mengurangi rasa cemas, stres, dan depresi yang kamu alami, dianjurkan untuk melakukan sejumlah aktivitas yang kamu senangi, sering melakukan komunikasi  dengan keluarga dan teman, konsumsi makanan yang sehat, dan rutin berolahraga untuk meningkatkan mood.Selamat mencoba!

 

Featured Image - shape.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!