Keseimbangan finansial merupakan kondisi yang ingin dicapai oleh sebagian besar orang. Dalam kondisi ini, seseorang mungkin tak perlu terlalu khawatir soal kekurangan dana, termasuk untuk memenuhi kebutuhan sehari- hari.

Tetapi, kondisi pandemi Covid-19 sepertinya menyulitkan masyarakat untuk memiliki kestabilan keuangan. Ditambah lagi, banyak karyawan yang mengalami pemotongan gaji hingga PHK.

Tapi, tenang! Masih ada sejumlah cara yang dapat kamu lakukan untuk mencapai keseimbangan finansial selama pandemi. Mulai dari mengatur keluar masuknya uang, sehingga tetap dapat mencukupi kebutuhan sehari- hari.

Lalu, apa saja sejumlah cara tersebut? Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

 

4 Trik Mudah Memiliki Keseimbangan Finansial Selama Pandemi

4 Tips Mudah Dapatkan Keseimbangan Finansial Selama Pandemi  / Credit: jasindo.co.id

Buat Perencanaan Keuangan Dengan Matang

Mungkin dengan perencanaan yang kurang matang, kamu lebih sulit untuk mencapai keseimbangan finansial. Untuk itu, tentukan kebutuhanmu dan jumlah uang yang perlu dikeluarkan.

Dengan kebiasaan ini, kamu jauh lebih leluasa untuk melakukan belanja kebutuhan dan keinginan sendiri. Bahkan, perencanaan dapat membantu menekan budaya hedonisme yang seringkali muncul. Apalagi, setelah gajian. Pasti banyak dari kamu yang sering kalap belanja, ya?

 

Hindari Lapar Mata

Siapa disini yang suka lapar mata? Eits! Hati- hati, kebiasaan ini bisa mengganggu keadaan keuanganmu, lho. Dalam hal ini, budgeting dapat membantu kamu mencegah lapar mata.

Lalu, ketika kamu sedang menginginkan suatu barang, tunggu dulu! Jangan buru- buru membelinya, ya. Ingat, kamu harus tetap berpegang teguh pada budgeting yang sudah dibuat. Dengan begitu, keseimbangan keuangan pun lebih mudah dicapai.

 

4 Tips Mudah Dapatkan Keseimbangan Finansial Selama Pandemi  / Credit: cashadvancetfj.com

Simpan Uang Tambahan yang Didapat

Ketika mendapat uang tambahan – pasti ada kecenderungan untuk menghabiskannya dengan berbelanja. Padahal, cara ini tidak akan membawamu pada keseimbangan keuangan. Untuk itu, tetaplah mengacu pada kebiasaan belanjamu.

Dengan begitu, kamu dapat menabung uang tambahan tersebut dan dapat digunakan keperluan di masa depan!

 

Cermat Dalam Belanja Kebutuhan Sehari- Hari

Tak dapat dipungkiri bahwa bahan makanan pokok adalah kebutuhan yang wajib dipenuhi sehari- hari. Tapi, tunggu dulu! Jangan terburu- buru dalam berbelanja, ya. Cermat dalam berbelanja kebutuhan juga penting, sehingga pengeluaran jadi tidak boros.

Buatlah budgeting setiap kali berbelanja. Lalu, hindari berbelanja tanpa daftar belanja karena akan membuatmu kalap. Dan, makan di rumah sebelum belanja juga ampuh lho untuk menekan keinginan berbelanjamu.

 

 

 

Wah, bagaimana nih? Berdasarkan penjelasan di atas, menerapkan sejumlah kiat- kiat tersebut penting untuk mencapai keseimbangan finansial, ya. Apalagi, di masa pandemi ini berhemat adalah hal yang perlu dilakukan!

 

Featured Image - .zurich.co.id

Source - magazine.job-like.com