Menjaga imunitas tetap dalam kondisi optimal merupakan hal yang perlu dilakukan. Terlebih, selama pandemi Covid-19, imunitas berperan sebagai pelindung utama, sehingga tak mudah terpapar virus corona.

Imunitas yang baik dapat diperoleh dengan berbagai cara, seperti rutin berolahraga, istirahat yang cukup, dan kelola stres dengan baik. Tapi, cara yang paling mudah dan sederhana untuk meningkatkan imunitas, yaitu tertawa. Meski demikian, tertawa terkadang sulit dilakukan, seiring bertambahnya usia dan semakin seringnya dilanda stres. Intensitas tertawa pun kian berkurang.

Dilansir dari Kompas, tertawa dapat memberi dampak positif bagi kesehatan, lho. Apa saja manfaatnya? Dan bagaimana tertawa dapat bantu meningkatkan imunitas tubuh? Berikut ulasannya.

 

 

 

Super Mudah! Ternyata, Tertawa Dapat Bantu Meningkatkan Imunitas Tubuh, Lho / Credit: classpass.com

Manfaat Tertawa Untuk Imunitas Tubuh

Dari sekian banyaknya cara untuk meningkatkan imunitas – tertawa adalah cara paling mudah dan sederhana. Selain itu, tertawa memiliki banyak manfaat baik lain, di antaranya:

  • Meningkatkan kadar oksigen untuk menstimulasi jantung, paru-paru, dan otot.
  • Meningkatkan endorfin, sehingga kamu merasa lebih positif dan mengurangi rasa sakit.
  • Membuat rileks dengan menekan respons stres. Jadi, detak jantung pun ikut melambat dan tekanan darah turun.
  • Mengendurkan ketegangan dengan cara merangsang dan membantu relaksasi otot.
  • Mengurangi depresi dan gangguan kecemasan dengan menjaga suasana hati dalam kondisi stabil.
  • Meningkatkan imunitas tubuh dengan menekan stres.

 

Bagaimana Tertawa Dapat Meningkatkan Imunitas Tubuh?

Super Mudah! Ternyata, Tertawa Dapat Bantu Meningkatkan Imunitas Tubuh, Lho / Credit: eatthis.com

Seperti yang sudah diketahui – sistem imunitas tubuh juga ikut dipengaruhi oleh pikiran atau perasaan. Ketika pikiranmu dipenuhi dengan hal- hal negatif, kondisi ini akan memicu reaksi kimia yang memengaruhi imunitas tubuh, sehingga rasa stres pun tercipta.

Dilansir dari Very Well Mind, saat stress, hormon kortisol ikut melonjak. Kondisi ini dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk mengatasi peradangan, mengendalikan keseimbangan garam dan air, mengatur kadar gula, dan menggangu tekanan darah.

Untuk itu, dianjurkan agar rajin tertawa. Selain dapat mengurangi stres, tertawa juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh, dengan mendongkrak jumlah sel yang menghasilkan antibodi dan meningkatkan kinerja sel T, yang termasuk bagian dari sel darah putih yang memiliki kemampuan untuk mengenali patogen penyebab penyakit dan melawan infeksi.

 

Tips Jaga Daya Tahan Tubuh Lainnya Yang Dapat Dilakukan

Super Mudah! Ternyata, Tertawa Dapat Bantu Meningkatkan Imunitas Tubuh, Lho / Credit: thejakartapost.com

Tak hanya rutin tertawa – agar imunitas tetap terjaga kamu juga perlu menerapkan pola hidup sehat. 

Pola hidup sehat dapat dilakukan dengan rutin mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, cukupi kebutuhan cairan, serta istirahat selama 7-8 jam semalam. Dan, agar lebih optimal lengkapi pola hidup sehat dengan mengonsumsi multivitamin Enervon-C secara rutin.

Kenapa harus Enervon-C? Karena, kandungan Vitamin C 500 gram, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niasinamide, dan Kalsium Pantotenat di dalamnya dapat bantu menjaga sistem daya tahan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit.

Lalu, kandungan vitamin B kompleksnya berperan untuk membantu proses metabolisme – jadi makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi energi untuk beraktivitas.

Nah, untuk membeli Enervon-C , kamu bisa datang ke apotek terdekat atau bisa membeli Enervon-C  di official store kami di beberapa e-commerce platform, seperti Tokopedia dan Shopee. Dapatkan segera ya!

 

 

Wah, bagaimana nih? Sekarang sudah tahu ya manfaat tertawa bagi kesehatan tubuh, termasuk meningkatkan imunitas. Nah, mulai sekarang perlu nih rajin- rajin tertawa!

 

Featured Image - brnodaily.com