5 Cara Berkomunikasi yang Baik Di Lingkungan Kantor. Perlu Diterapkan!

5 Cara Berkomunikasi yang Baik Di Lingkungan Kantor. Perlu Diterapkan!

font size A Ǎ

Semua pasti setuju kalau komunikasi merupakan hal penting yang harus diperhatikan dengan baik. Tak hanya di lingkungan keluarga atau teman saja, lho. Cara berkomunikasi yang baik juga perlu diterapkan di dunia kerja. Bagaimana tidak? Berkomunikasi di lingkungan kantor dapat menentukan apakah karier seseorang akan sukses, stagnan, atau gagal.

Cara berkomunikasi yang baik memiliki pengaruh pada kualitas karyawan saat bekerja, dalam menyelesaikan konflik, menghadapi rekan kerja, dan bagaimana karyawan membangun pola kerja yang efektif dengan tim masing- masing.

Dalam kata lain – semua aktivitas kerja yang dilakukan membutuhkan komunikasi yang baik, lho. Tetapi, terkadang masih ada saja, nih, karyawan yang belum memiliki kemampuan tersebut. Eits, tenang saja! Berikut ini sejumlah cara berkomunikasi yang baik di tempat kerja.

Silahkan mencoba!

 

 

 

5 Cara Berkomunikasi yang Baik

Dalam Lingkungan Kantor

5 Cara Berkomunikasi yang Baik Di Lingkungan Kantor. Perlu Diterapkan!

5 Cara Berkomunikasi yang Baik Di Lingkungan Kantor. Perlu Diterapkan! / Credit: mindmybusinessnyc.com

Jadilah Orang yang Ramah

Menjadi friendly alias ramah adalah salah satu daya tarik yang perlu kamu miliki. Karena, hal ini dapat memudahkanmu berkomunikasi dengan rekan kerja, lho. Bahkan, orang- orang yang ada di lingkungan kerja akan mengarah padamu, secara alami. Yang pasti, rekan kerja pun jadi tak merasa sungkan atau takut ketika berbicara denganmu!

 

Jelas dan Tidak Bertele-Tele

Kalau kamu bersikap ramah saat berkomunikasi di lingkungan kerja, tetapi melakukannya dengan bertele-tele dan tanpa arah, hentikan kebiasaan ini! Pasalnya, hal seperti ini, justru membuat lawan bicara mudah bosan.

Cara komunikasi yang baik adalah berbicara dengan jelas dan informatif, sehingga apa yang ingin kamu sampaikan dapat diterima dengan baik.

 

Mau Mendengarkan

Selain menyampaikan informasi saja, tetapi komunikasi yang baik juga menyangkut soal mendengarkan lawan bicaramu. Ketika kamu mampu meningkatkan kemampuan mendengar saat berkomunikasi, maka ini adalah hal yang baik.

Artinya – kamu dapat berbicara dan mendengarkan, sehingga komunikasi dapat berjalan dengan baik.

 

5 Cara Berkomunikasi yang Baik Di Lingkungan Kantor. Perlu Diterapkan!

5 Cara Berkomunikasi yang Baik Di Lingkungan Kantor. Perlu Diterapkan! / Credit: thenewdaily.com.au

Memahami Bahasa Non-Verbal

Ketika berkomunikasi, kamu pun perlu memahami bahasa tubuh atau ekspresi lawan bicara. Misalnya, apakah lawan bicara menyilangkan lengan. Jika iya, kemungkinan besar ia tak setuju dengan hal yang kamu sampaikan.

Atau, ketika kamu berbicara tetapi lawanmu mengangguk tanpa melihat matamu, maka artinya ia ingin segera menyudahi pembicaraan tersebut.

 

Bersikap Open Minded

Yang tak boleh terlupa, bersikap open minded! Jika kamu tidak dapat berpikir secara terbuka, kemungkinan kamu bukanlah pendengar yang baik. Karena, kamu akan terlalu sibuk memberi respon secara objektif, terutama pada informasi yang disampaikan oleh lawan bicara.

Ketika pembicaraan dilakukan dengan pikiran terbuka, maka kerja sama atau penyelesaian masalah pun dapat dilakukan secara maksimal.

 

 

 

Nah, itu dia kelima cara berkomunikasi yang baik di lingkungan kerja. Mulai sekarang, coba terapkan sejumlah tips di atas, sehingga berbagai pekerjaan dan masalah yang ada dapat diselesaikan dengan baik bersama rekan kerja.

 

Featured Image - pro-counselling.co.uk


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!