5 Cara Berkomunikasi yang Baik di Kantor. Wajib Diterapkan Nih!

5 Cara Berkomunikasi yang Baik di Kantor. Wajib Diterapkan Nih!

font size A Ǎ

Komunikasi merupakan hal esensial dalam hidup yang mesti diperhatikan dengan baik. Apakah kamu setuju dengan hal tersebut? Selain di lingkungan keluarga maupun teman – cara berkomunikasi yang baik juga perlu diterapkan di dunia kerja, lho. Seperti diketahui, menjalin komunikasi di kantor, termasuk salah satu penentu karir seseorang.

Cara berkomunikasi yang baik juga berpengaruh pada kualitas yang dimiliki karyawan dalam bekerja – atau, menggambarkan bagaimana cara pekerja menyelesaikan konflik, menghadapi rekan kerjanya, hingga bagaimana karyawan membangun pola bekerja yang efektif dengan teman satu tim.

Jadi, dapat dikatakan bahwa semua aktivitas kerja yang dilakukan – sudah pasti membutuhkan komunikasi yang baik. Tapi sayangnya, masih ada saja nih karyawan yang belum menerapkan cara berkomunikasi yang baik.

Memangnya, bagaimana sih cara menerapkan kemampuan tersebut, terutama di lingkungan kantor? Tak usah berlama-lama, berikut ini tips yang bisa kamu terapkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini dan selamat mencoba!

 

 

1. Jadi Orang yang Ramah: Poin Paling Penting

5 Cara Berkomunikasi yang Baik di Kantor. Wajib Diterapkan Nih!

Credit Image - sleekr.co

Hal pertama yang mesti diperhatikan, yaitu menjadi orang yang ramah. Berlaku friendly alias ramah – menjadi salah satu daya tarik yang mesti dimiliki, lho. Poin ini juga tergolong sangat penting dalam cara berkomunikasi yang baik. Sudah pasti, bersikap ramah bisa mendatangkan banyak dampak positif untuk kamu.

Yang paling terlihat, yaitu rekan kerja maupun orang-orang yang ada di sekitar akan mengarah padamu, secara alami. Bahkan rekan kerja juga merasa tidak sungkan – atau takut untuk berbicara denganmu. Jadilah orang yang bersahabat, maka cara berkomunikasi yang baik pun bisa diterapkan secara maksimal.

 

2. Hindari Bertele-Tele Dalam Menyampaikan Pesan

Cara berkomunikasi yang baik satu ini sepertinya masih sering dilupakan. Apakah kamu setuju? Ketika membagikan informasi – ada baiknya kamu menyampaikan secara jelas dan tepat, sehingga lebih mudah dimengerti.

Kalau kamu bersikap ramah ketika berbicara dengan orang lain di kantor, tapi melakukannya dengan bertele-tele, sudah pasti lawan bicara juga jadi malas dan bosan, ya? Jadi, sebisa mungkin hentikan kebiasaan tersebut!

Berkomunikasi yang baik juga termasuk berbicara secara jelas dan informatif, lho. Sehingga hal yang ingin kamu sampaikan bisa diterima dengan baik oleh lawan bicara.

 

3. Menjadi Pendengar yang Baik, Sudah Kamu Menerapkannya?

5 Cara Berkomunikasi yang Baik di Kantor. Wajib Diterapkan Nih!

Credit Image - kumparan.com

Selain menyampaikan informasi secara jelas – tetapi cara berkomunikasi yang baik juga menyangkut soal mendengarkan. Tidak bisa lho seseorang hanya mau didengarkan saja, tapi juga harus mendengarkan ucapan dari lawan bicara.

Meskipun terdengar mudah, tapi sayangnya masih banyak orang yang cukup sulit untuk menerapkan poin yang satu ini. Padahal, menjadi pendengar yang baik – dapat membuat lawan bicara jadi lebih nyaman mengobrol denganmu, lho.

Untuk melatih kemampuan yang satu ini, bisa dilakukan dengan memperhatikan lawan bicara dengan baik sampai ia selesai berbicara. Kemudian, barulah kamu memberi respon – berupa pertanyaan yang berkaitan dengan ucapannya.

 

4. Pahami Juga Bahasa Tubuh Lawan Bicara

Selain berbicara dan mendengarkan – berkomunikasi juga menyangkut soal bahasa tubuh atau ekspresi lawan bicara, lho. Hal yang satu ini juga termasuk media dalam cara berkomunikasi yang baik. Untuk itu, kamu mesti memahami komunikasi non-verbal ya.

Dikutip dari Glints, supaya komunikasi yang dilakukan dapat berjalan lancar, sebaiknya perhatikan juga bahasa tubuh yang digunakan. Misalnya, apakah lawan berbicara menyilangkan tangan? Kalau iya, kemungkinan dia tidak setuju dengan hal yang kamu sampaikan.

Atau, supaya kamu terlihat lebih percaya diri ketika berbicara – coba hindari postur tubuh yang membungkuk. Kemudian, pertahankan kontak mata dengan lawan bicaramu.

 

5. Penting Untuk Bersikap Open Minded!

5 Cara Berkomunikasi yang Baik di Kantor. Wajib Diterapkan Nih!

Credit Image - kesslerrecruitment.com

Memiliki pemikiran yang terbuka alias open minded – juga termasuk dalam cara berkomunikasi yang baik nih. jika kamu tidak dapat berpikir secara terbuka, kemungkinan kamu bukanlah pendengar yang baik. Sebab, tanpa adanya sikap open minded – maka, kamu akan terlalu sibuk memberi respons secara objektif, terutama pada informasi yang disampaikan oleh lawan bicara. Kalau gini, sudah pasti menjengkelkan, ya?

Untuk itu, berusahalah untuk memiliki pikiran yang lebih terbuka, terutama ketika berkomunikasi. Buanglah prasangka dan persepsi buruk, maka komunikasi – maupun kerja sama, hingga penyelesaian masalah pun dapat dilakukan dengan maksimal.

 

6. Fleksibel Ketika Melakukan Komunikasi

Setiap orang memang memiliki karakter yang berbeda. Jadi, perbedaan tersebut wajib kamu pahami – karena, hal ini akan memengaruhimu dalam penerapan cara berkomunikasi yang baik ya. Misalnya, jika punya lawan bicara yang sensitif dan mudah tersinggung, coba gunakan bahasa yang halus tapi tetap bisa dipahami.

Selain itu, ketika kamu masih kurang memahami perkataan dari lawan bicara – tidak ada salahnya untuk bertanya kok. Mengajukan pertanyaan ketika berkomunikasi sangat penting. Sebab, hal ini menandakan bahwa kamu tidak hanya mendengarkan, namun juga memahami apa yang dikatakan.

 

Nah, itu dia keenam cara berkomunikasi yang baik di lingkungan kerja. Mulai sekarang, yuk coba terapkan sejumlah tips di atas – agar komunikasi dengan rekan kerja semakin lancar dan efektif. Selamat mencoba ya!

 

 

Featured Image - vice.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!