PSBB Ketat: Ketahui Panduan Berbelanja di Supermarket

PSBB Ketat: Ketahui Panduan Berbelanja di Supermarket

font size A Ǎ

Terhitung sejak Senin 14 September 2020, Pemprov DKI Jakarta kembali menerapkan kebijakan Penerapan Sosial Berskala Besar (PSBB) sebagai bentuk upaya untuk menekan angka penularan virus corona. Ya, seperti yang sudah diketahui, kasus positif Covid-19 terus meningkat, sementara fasilitas kesehatan semakin tak terkendali dan tercancam kolaps.

Terkait PSBB – berbagai kegiatan yang dapat menimbulkan massa atau kerumunan sangat dibatasi. Hal ini, termasuk kegiatan belajar dan mengajar tatap muka, aktivitas perkantoran yang dibatasi, kegiatan di rumah ibadah dan fasilitas umum, transportasi umum, dan mobil pribadi yang hanya boleh diisi 50 persen dari kapasitas.

Untuk kamu yang harus pergi keluar rumah, terutama membeli kebutuhan sehari- hari di supermarket, ada sejumlah hal yang wajib kamu perhatikan. Yaitu, menerapkan protokol kesehatan, selalu menggunakan masker, dan bawa hand sanitizer.

Kemudian, usahakan untuk berbelanja di jam-jam sepi dan tetap jaga jarak antar individu ketika berada di dalam supermarket. Dan, sebisa mungkin lakukan aktivitas berbelanja dengan cepat, serta hindari membawa keluarga, terutama anak- anak ketika pergi ke supermarket.

 

 

 

Berbelanja Aman di Supermarket Selama Masa PSBB

PSBB Ketat: Ketahui Panduan Berbelanja di Supermarket

PSBB Ketat: Ketahui Panduan Berbelanja di Supermarket / Credit: kompas.com

Masih berkaitan dengan belanja di supermarket selama PSBB – ada prosedur belanja lainnya yang juga perlu kamu perhatikan, di antaranya adalah

  1. Sebisa mungkin gunakan layanan antar atau online.
  2. Pasar grosir, pasar basah, supermarket, dan toko kelontong tetap buka dengan waktu terbatas selama masa PSBB.
  3. Pengelola pasar dan swalayan harus menyediakan sarana, sehingga physical distancing dapat dilakukan secara layak dan nyaman. Terutama, bagi lansia, anak-anak, dan individu dengan kebutuhan khusus.
  4. Pastikan rantai pasokan pangan tetap terkendali, untuk menghindari adanya penimbunan bahan pangan atau panic buying.
  5. Gunakan masker dan bawa hand sanitizer ketika pergi ke supermarket atau pasar.
  6. Hindari menyentuh wajah setelah memegang barang belanjaan.
  7. Belanja pada jam sepi, dan tetap jaga jarak.
  8. Hindari mengajak anggota keluarga saat berbelanja.
  9. Pengelola pasar dan supermarket wajib menyediakan Alat Pelindung Diri (APD) untuk para karyawan. Dan, digunakan sesuai dengan pedoman yang ada.

 

 

Berdasarkan penjelasan di atas – sudah cukup jelas ya mengenai sejumlah hal yang perlu kamu lakukan ketika harus berbelanja di supermarket atau pasar. Terapkan prosedur di atas, sehingga kamu tetap aman dari penularan virus corona.

 

Featured Image - cermati.com

Source - detik.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!