Deretan Manfaat Buah Jeruk. Mulai Dari Imunitas Hingga Cegah Kanker

Deretan Manfaat Buah Jeruk. Mulai Dari Imunitas Hingga Cegah Kanker

font size A Ǎ

Hampir sebagian besar orang pasti mengenal buah jeruk, sebagai buah yang kaya akan vitamin C. Ya, kandungan vitamin C tersebut bermanfaat untuk menjaga imunitas atau sistem kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin C juga dapat mencegahmu terkena penyakit seperti sariawan, flu, dan lain sebagainya.

Seperti yang diketahui – menjaga imunitas tubuh penting untuk diperhatikan, terutama selama masa pandemi Covid-19. Bagaimana tidak? Virus lebih mudah menyerang individu dengan kekebalan tubuh yang lemah.

Berkaitan dengan buah jeruk – buah yang satu ini tak hanya dapat meningkatkan imunitas tubuh saja, tetapi memiliki deretan manfaat lainnya. Apa saja? Berikut ulasan lengkapnya.

 

 

 

5 Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan

Deretan Manfaat Buah Jeruk. Mulai Dari Imunitas Hingga Cegah Kanker

Deretan Manfaat Buah Jeruk. Mulai Dari Imunitas Hingga Cegah Kanker / Credit: robinsondental.org

Meningkatkan Imunitas

Manfaat buah jeruk yang paling dikenal adalah untuk mendukung fungsi imunitas tubuh. Selain itu, kandungan vitamin C dalam jeruk juga bermanfaat untuk mengurangi peradangan, dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menggunakan lemak sebagai sumber bahan bakar.

Kandungan vitamin C ini juga dapat bantu meningkatkan penyerapan zat besi, sehingga produksi oksigen berjalan secara optimal dan mengurangi kelelahan.

 

Menjaga Kesehatan Saluran Cerna

Jeruk mengandung serat yang berfungsi untuk menjaga kesehatan pencernaan, membantu mengatur kadar gula darah dan insulin. Bahkan, kandungan serat ini juga dapat membantu meningkatkan rasa kenyang.

Tak hanya itu, jeruk juga terbukti membantu mengurangi kolesterol darah dan menangkal lemak perut internal atau lemak visceral – yang terkait dengan peradangan dan risiko penyakit kronis, seperti diabetes tipe 2 dan tekanan darah tinggi.

 

Deretan Manfaat Buah Jeruk. Mulai Dari Imunitas Hingga Cegah Kanker

Deretan Manfaat Buah Jeruk. Mulai Dari Imunitas Hingga Cegah Kanker / Credit: healthline.com

Sumber Antioksidan

Manfaat buah jeruk selanjutnya adalah sebagai sumber antioksidan. Manfaatnya, sebagai anti-inflamasi, anti-virus, dan anti-mikroba, yang berperan untuk melawan stres oksidatif. Ini adalah ketidakseimbangan antara produksi radikal bebas yang dapat merusak sel dan kemampuan tubuh untuk melawan zat asing.

Dilansir dari Tempo, antioksidan dalam jeruk juga dapat melindungi kesehatan mental. Sebuah studi dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan, asupan flavonoid yang tinggi dapat dikaitkan dengan risiko depresi lebih rendah.

 

Menjaga Kesehatan Jantung dan Otot

Selain vitamin C, jeruk juga kaya akan kalium dan folat yang dapat mendukung kesehatan jantung, kontraksi otot, dan mempertahankan massa otot. Kedua mineral tersebut juga berperan sebagai diuretic alami, untuk mengurangi tekanan darah.

Sementara, folat bermanfaat untuk mendukung kerja otak dan sistem saraf, serta bantu melindungimu dari masalah depresi dan memori.

 

Mencegah Kanker

Berkaitan dengan manfaat buah jeruk mencegah kanker – ini berhubungan dengan kandungan flavonoid dalam kulit jeruk. Kandungan tersebut dapat membantu mencegah reproduksi, pertumbuhan, dan penyebaran sel kanker.

Lalu, kandungan flavonoid juga dapat mendukung apoptosis atau penghancuran diri yang digunakan tubuh untuk membunuh sel- sel yang sudah tak berfungsi.

 

 

 

Selain Rutin Konsumsi Jeruk, Ini Cara Memenuhi Kebutuhan Vitamin C

Deretan Manfaat Buah Jeruk. Mulai Dari Imunitas Hingga Cegah Kanker

Deretan Manfaat Buah Jeruk. Mulai Dari Imunitas Hingga Cegah Kanker / Credit: gulftoday.ae

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin C, dapat dilakukan dengan berbagai cara. Tak hanya dengan rutin mengonsumsi buah jeruk saja, lho.

Kamu dapat konsumsi sejumlah sumber makanan lainnya, seperti buah kiwi, pepaya, mangga, stroberi, dan jambu biji. Atau, sayuran seperti kale, brokoli, dan bayam. Untuk sayur – hindari memasaknya terlalu lama, ya. Karena, kandungan vitamin di dalamnya dapat rusak!

Untuk lebih mudahnya, kamu dapat penuhi kebutuhan vitamin C dengan minum multivitamin Enervon-C, lho. Kenapa harus Enervon-C?

Enervon-C mengandung beberapa multivitamin yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk daya tahan yang baik. Beberapa multivitamin itu adalah Vitamin C 500 gram, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12),  Niasinamide, dan Kalsium Pantotenat.

Selain menjaga daya tahan tubuh, sejumlah kandungan vitamin tersebut juga dapat membantu proses metabolisme tubuh, lho. Sehingga, makanan yang kamu konsumsi dapat diubah jadi energi tahan lama!

 

 

 

Wah, bagaimana nih? Berdasarkan penjelasan di atas, manfaat buah jeruk memang banyak dan baik ya untuk kesehatan.

 

Featured Image - delish.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!