4 Manfaat Mengajari Anak Untuk Peduli Lingkungan Sejak Kecil

4 Manfaat Mengajari Anak Untuk Peduli Lingkungan Sejak Kecil

font size A Ǎ

Saat ini, keadaan bumi dan lingkungan semakin memburuk. Hal ini disebabkan oleh berbagai aktivitas manusia, seperti penebangan pohon ilegal, pencemaran sungai, polusi udara, membuang sampah sembarangan, serta menggunakan terlalu banyak plastik dan sampahnya menjadi menumpuk. Kerusakan ini terjadi karena kurangnya rasa peduli lingkungan.

Padahal, sebagai makhluk sosial, manusia tidaklah bisa hidup sendiri. Manusia perlu berinteraksi dengan lingkungan sekitar, termasuk pada alam.

Tidak ada kata terlambat dalam persoalan peduli lingkungan. Orangtua – masih bisa mengajak anak-anaknya untuk peduli terhadap lingkungan sekitarnya. Bahkan, mengajarkan peduli lingkungan pun dapat memberikan dampak baik bagi si kecil.

Apa saja manfaat tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

 

 

 

4 Manfaat Mengajari Anak Untuk Peduli Lingkungan Sejak Kecil

4 Manfaat Mengajari Anak Untuk Peduli Lingkungan Sejak Kecil

4 Manfaat Mengajari Anak Untuk Peduli Lingkungan Sejak Kecil / Credit: blog.reservasi.com

Menghindari Rasa Egois

Orangtua dapat mengajak si kecil melihat keadaan sekitar, agar ia memahami bahwa tak semua orang bisa seberuntung dirinya. Beritahu pada anak bahwa di luar sana ada anak- anak yang belum bisa tinggal di rumah yang nyaman.

Jadi, hal ini dapat menumbuhkan rasa empati dan membuat mereka tumbuh menjadi pribadi yang tidak egois.

 

Meningkatkan Kasih Sayang

Peduli lingkungan – dapat diajarkan sejak kecil, sehingga ketika ia dewasa nanti, anak terbiasa berbagi hal-hal baik kepada orang lain di sekitarnya.

Untuk mengajarinya, mulailah dari hal simple seperti mengajarkan anak menawarkan dan membagi makanan yang ia punya kepada orang lain. Atau, ajak anak menyisihkan uang yang ia dapatkan pada hari raya, untuk disumbangkan kepada yang kurang beruntung. Dengan begitu, rasa kasih sayang dan peduli dalam diri anak semakin bertambah.

 

4 Manfaat Mengajari Anak Untuk Peduli Lingkungan Sejak Kecil

4 Manfaat Mengajari Anak Untuk Peduli Lingkungan Sejak Kecil / Credit: hellosehat.com

Memikirkan Masa Depan

Masa depan si kecil tergantung pada bagaimana ia memperlakukan lingkungannya sejak dini. Beritahu anak bahwa ada dampak buruk yang akan ia rasakan nanti, jika ia tidak berbuat baik pada lingkungan.

Misalnya, kalau ia sering buang sampah sembarangan atau boros memakai air, akan berakibat pada masa depannya. Dengan begitu, anak dapat lebih berhati- hati dalam bertindak.

 

Bertanggung Jawab

Mengajarkan anak peduli lingkungan sekitarnya, artinya kamu mengajarkannya untuk lebih bertanggung jawab terhadap segala tindakan dan pilihan yang ia lakukan. Sehingga, ada lebih berhati- hati sebelum berbuat sesuatu, karena ia tak lagi memikirkan dampak bagi dirinya sendiri, tetapi yang lainnya juga.

 

 

 

Wah, bagaimana nih? Sekarang kamu sudah mengetahui apa saja manfaat mengajarkan anak untuk peduli lingkungan, ya. Apakah kamu sudah mulai menamamkan pelajaran ini pada si kecil?

 

Featured Image - kindercare.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!