Masker merupakan salah satu perlengkapan yang wajib digunakan ketika berpergian ke luar rumah, di masa pandemi Covid-19. Masker merupakan langkah pencegahan yang efektif untuk melindungi bagian wajah dari paparan droplets yang mungkin mengandung virus.

Ada berbagai jenis masker yang berada di pasaran, seperti masker kain – sering digunakan oleh masyarakat umum dan dapat dipakai berulang kali. Dan, ada pula masker medis, salah satunya jenis masker N95 yang banyak digunakan oleh tenaga kesehatan.

Namun ternyata, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di UCLA, masker N95 dapat didekontaminasi dan digunakan hingga tiga kali.

 

 

 

Masker N95 yang Dapat Disterilisasi dan Digunakan Sampai Tiga Kali

Ketahui Cara Sterilisasi Masker N95 yang Dapat Digunakan Sampai 3 Kali / Credit: businessinsider.com

Seperti yang diketahui – masker N95 dapat mengurangi paparan infeksi di udara, termasuk virus corona. Jika sebelumnya masker N95 hanya dapat digunakan sekali saja, sekarang sudah ada metode dekontaminasi baru yang dapat memperpanjang usia pemakaian masker tersebut.

"Meskipun masker N95 dirancang hanya untuk satu kali penggunaan sebelum dibuang, masker N95 dapat didekontaminasi dan digunakan kembali sampai 3 kali," Ungkap James Lloyd-Smith, salah satu penulis studi dan profesor ekologi UCLA. Dilansir dari Detik.com.

Meski demikian, masker N95 dapat digunakan berulang, jika integritas perlengkapan dan segel respirator tetap terjaga. Dalam uji laboratorium, para peneliti mengungkapkan beberapa metode dekontaminasi pada bagian kecil kain filter N95 yang sudah terpapar virus.

Metodenya, termasuk hidrogen peroksida yang diuapkan, dipanaskan dalam suhu 70 derajat celcius, paparan sinar UV dan semprotan etanol dengan kadar 70 persen.

Dalam uji penlitian, ilmuwan mendekontaminasi masker sebanyak tiga kali, menggunakan prosedur yang sudah ditentukan untuk masing- masing masker. Keempat metode tersebut dilakukan untuk menguji apakah mampu menghilangkan virus yang menempel pada kain filter N95.

 

Bagaimana Hasilnya?

Ketahui Cara Sterilisasi Masker N95 yang Dapat Digunakan Sampai 3 Kali / Credit: sea.mashable.com

Hasil menunjukkan masker yang disterilkan dengan hidrogen peroksida yang diuapkan, dapat digunakan sampai tiga kali. Sementara, masker yang didekontaminasi dengan sinar UV dan suhu panas, hanya dapat digunakan sebanyak dua kali.

Sementara, semprotan etanol dapat merusak pelindung dan segel respirator setelah dua kali dekontaminasi. Sehingga, ilmuwan tak merekomendasikan metode yang satu ini.

Yang perlu diingat – meski dapat didekontaminasi, pengguna wajib memeriksa kembali kesesuaian masker N95 dengan wajah sebelum digunakan untuk kedua atau ketiga kalinya.

 

 

 

Featured Image - inquirer.com

Source - detik.com