Covid-19 Serang Paru-Paru, Ini 5 Jenis Nutrisi Untuk Jaga Kesehatannya

Covid-19 Serang Paru-Paru, Ini 5 Jenis Nutrisi Untuk Jaga Kesehatannya

font size A Ǎ

Isu kesehatan sudah menjadi sorotan utama semenjak Covid-19 mulai merebak dan menginfeksi banyak orang di berbagai negara. Selain menjaga kekebalan tubuh tetap kuat, memperhatikan kesehatan saluran pernapasan, terutama paru- paru, sangatlah penting dilakukan.

Ya, seperti yang diketahui, Covid-19 merupakan virus yang menyerang saluran pernapasan, seperti paru, bahkan hingga dapat menyebabkan Pneumonia. Untuk itu, sebagian besar orang berupaya untuk menjaga paru- patu tetap sehat.

Memelihara kesehatan paru- paru, tak cukup hanya dengan menggunakan masker dan menghindari paparan asap saja, tetapi mengonsumsi sejumlah nutrisi penting juga dapat maksimalkan kesehatannya.

Berikut ini adalah 5 nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan paru- paru, terutama selama pandemi.

 

 

 

5 Nutrisi Untuk Jaga Kesehatan Paru- Paru

Covid-19 Serang Paru-Paru, Ini 5 Jenis Nutrisi Untuk Jaga Kesehatannya

Covid-19 Serang Paru-Paru, Ini 5 Jenis Nutrisi Untuk Jaga Kesehatannya / Credit: timesofindia.indiatimes.com

Vitamin A

Umumnya, orang mengenal vitamin A sebagai nutrisi untuk kesehatan mata. Namun, kandungan beta-karoten yang bertindak sebagai antioksidan, juga dapat menjaga kesehatan paru- paru.  Antioksidan akan menangkal radikal bebas pada sel manusia, sehingga kerusakan sel dapat dicegah.

Vitamin A dapat ditemukan pada buah dan sayur berwarna cerah – termasuk wortel, paprika hijau, labu, dan ubi jalar.

 

Vitamin C

Dikenal akan perannya sebagai anti-infalamasi, vitamin C dapat memelihara kesehatan pernapasan. Dilansir dari Klik Dokter, mengonsumsi vitamin C secara rutin dapat bantu mencegah penyakit asma, memperbaiki jaringan paru, dan meningkatkan fungsi paru. Dapatkan vitamin C dari buah dan sayur, seperti kiwi, jambu biji, stroberi, dan brokoli.

Lebih mudahnya – penuhi asupan vitamin C dengan rutin minum multivitamin, seperti Enervon-C.

Kandungan Vitamin C 500mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Panthotenat di dalam Enervon-C dapat bantu menjaga daya tahan tubuh.

Sekaligus, mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan dapat diubah jadi energi yang lebih tahan lama. Ini berkaitan dengan kandungan vitamin B kompleks di dalamnya, ya.

 

Covid-19 Serang Paru-Paru, Ini 5 Jenis Nutrisi Untuk Jaga Kesehatannya

Covid-19 Serang Paru-Paru, Ini 5 Jenis Nutrisi Untuk Jaga Kesehatannya / Credit: economictimes.com

Vitamin E

Sama seperti vitamin A, vitamin E juga memiliki efek antioksidan. Keduanya, dapat bekerja secara efektif untuk menangkal radikal bebas yang menyerang tubuh.

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi vitamin E dapat menurunkan angka masalah peradangan saluran napas akibat alergi. Vitamin E terkandung dalam kacang tanah, almond, kemiri, kedelai, dan minyak sayur.

 

Flavonoid

Tak perlu diragukan, flavonoid merupakan salah satu nutrisi yang sering ditemukan dalam buah dan sayur. Flavonoid dikenal sebagai antioksidan, antiradang, dan antialergi. Kandungan tersebut dapat bantu menurunkan risiko asma hingga 32 persen, lho.

 

Omega-3

Asam lemak omega-3 dikenal sebagai “pembangkit tenaga” antioksidan yang dapat mengurangi inflamasi pada paru dan memerangi bakteri.

Dalam studi dari jurnal medis The Journal of Immunology tahun 2016, peneliti mengungkapkan bahwa omega-3 dapat mengurangi inflamasi dan melawan infeksi bakteri yang biasanya ditemukan pada individu dengan masalah paru.

 

 

 

Wah, bagaimana nih? Dari penjelasan di atas, sudah cukup jelas ya apa saja nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan paru- paru.

 

Featured Image - webmd.com

Source - klikdokter.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!