Ketika cuaca sedang tidak menentu, mau tidak mau tubuh harus siap diterpa hujan deras atau terkena sinar matahari panas yang bisa menimbulkan berbagai gejala penyakit. Dalam menghadapi cuaca yang tidak menentu, tubuhmu harus cukup kuat agar terhindar dari penyakit.

Hal ini bisa dilakukan dengan memperkuat sistem imun agar tubuh kebal terhadap penyakit-penyakit umum yang doyan mampir. Seperti menjaga kebersihan, rutin berolahraga, serta menambah asupan makanan bisa memperkuat sistem imun tubuh.

Selain itu, kamu juga bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan mengonsumsi makanan- makanan berikut ini.

1. Jeruk

Credit: Jawapos

Jeruk mampu menjauhkan seseorang dari penyakit, karena kandungan vitamin C yang mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Tidak hanya itu, vitamin C juga dapat membantu meningkatkan produksi sel darah putih yang penting untuk melawan infeksi.

Selain jeruk, jenis buah-buahan sitrus lain seperti jeruk bali, lemon, atau jeruk nipis juga bisa jadi pilihan kamu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Brokoli

Credit: Liputan6

Brokoli adalah jenis sayuran yang tidak boleh dilewatkan. Brokoli mengandung banyak vitamin A, C, E, antioksidan, dan serat yang mampu meningkatkan sistem imun tubuh.

3. Bawang putih

Credit: Topmedia

Bawang putih sudah dikenal sebagai salah satu jenis bumbu untuk masakan. Selain itu, bawang putih yang beraroma tajam ternyata mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa bawang putih mampu memerangi bakteri penyebab infeksi, mengatasi tekanan darah rendah, hingga memperlambat pengerasan arteri.

4. Jahe

Credit: Antaranews

Jahe memiliki rasa pedas dan hangat yang menyimpan komponen anti inflamasi. Hal ini yang mampu meningkatkan sistem kekebalan pada tubuhmu. Selain itu, jahe juga mampu membantu mengurangi radang tenggorokan serta rasa mual.

5. Almond

Credit: Hipwee

Almond sangat direkomendasikan sebagai camilan sehat yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Almond mengandung vitamin E larut lemak yang dapat terserap sempurna oleh tubuh.

Sama halnya dengan vitamin C, vitamin E juga turut berperan penting untuk kekebalan tubuh. Dengan mengonsumsi setengah cangkir almond sehari, maka kebutuhan vitamin C dan E harianmu sudah bisa terpenuhi.

6. Ayam

Credit: Kumparan

Saat sakit, sup ayam sering jadi makanan yang mampu memberikan rasa hangat dan nyaman pada tubuh. Faktanya ayam mengandung nutrisi yang diperlukan untuk membantu tubuh bangkit kembali setelah terserang penyakit.

Selain itu, daging ayam juga tinggi akan kandungan vitamin B-6 yang penting untuk pembentukan sel darah merah yang baru.

 

Featured Image - Dokter Sehat