Kenali Cara Sistem Imunitas Tubuh Dalam Melawan Infeksi yang Menyerang

Kenali Cara Sistem Imunitas Tubuh Dalam Melawan Infeksi yang Menyerang

font size A Ǎ

Tanpa disadari, tubuh manusia selalu dikelilingi oleh patogen dan berbagai hal yang dapat menyebabkan berbagai penyakit. Patogen – umumnya berbentuk virus, bakteri, maupun kuman. Tetapi, dalam hal ini, tubuh dapat melawan sejumlah patogen tersebut dengan imunitas.

Imunitas – dirancang untuk membantu melawan berbagai ancaman penyebab penyakit maupun infeksi, yang mungkin masuk ke dalam tubuh manusia. Inilah sebabnya, menjaga imunitas tubuh merupakan hal penting, agar tak mudah sakit. Terlebih, di situasi pandemi seperti sekarang ini. Sehingga, ketika imunitas sudah bekerja dengan baik, kekebalan tubuh akan membunuh bakteri, virus, maupun kuman. Dan, membiarkan bakteri baik tetap hidup dalam tubuh.

Namun, sudah tahukah kamu bagaimana mekanisme sistem imunitas dalam melindungi tubuh dari berbagai macam ancaman penyakit? Berikut ulasan lengkapnya.

 

 

 

Cara Kerja Sistem Imunitas

Kenali Cara Sistem Imunitas Tubuh Dalam Melawan Infeksi yang Menyerang

Kenali Cara Sistem Imunitas Tubuh Dalam Melawan Infeksi yang Menyerang / Credit: sehatq.com

Sistem kekebalan tubuh adalah hal yang kompleks dan berkaitan dengan setiap organ tubuh. Selain itu, imunitas juga memiliki beberapa komponen, termasuk di bagian lapisan internal dan eksternal tubuh dengan kinerja yang juga kompleks.

Imunitas – bekerja dengan respon yang berbeda- beda. Salah satu respon cepat, dikenal sebagai sistem kekebalan tubuh bawaan. Sedangkan, respon yang lebih spesifik dikenal dengan sistem kekebalan tubuh adaptif.

Ketika sistem kekebalan tubuh bawaan tidak mampu dalam melawan patogen, maka kekebalan adaptif akan mengambil alih. Kemudian, ia bereaksi dengan berbagai cara untuk melawan ancaman berbahaya bagi tubuh.

Sejumlah reaksi tersebut dapat berupa hal-hal sebagai berikut:

  • Ketika adanya infeksi lokal yang disebabkan oleh bakteri, maka imunitas merespon dengan membentuk peradangan.
  • Ketika terjadi infeksi umum seperti flu, sistem kekebalan akan menghasilkan respon seperti demam.

Peradangan yang terjadi dalam tubuh berperan untuk membantu melawan ancaman penyakit. Namun, peradangan yang terjadi dalam jangka panjang dapat menimbulkan berbagai risiko, lho.

Salah satu faktor yang memperburuk kondisi peradangan adalah pola makan yang buruk, obesitas, dan gaya hidup pasif. Akibatnya – tubuh akan mengalami peradangan kronis. Dan, memicu sejumlah penyakit seperti jantung, penurunan kognitif, dan penuaan dini.

Ada pula kondisi dimana imunitas yang bereaksi secara berlebihan. Sehingga, tak dapat membedakan antara sel tubuh dan sel dari patogen. Autoimun – sebutan untuk kondisi ini.

Autoimun dapat menyebabkan sejumlah penyakit, di antaranya:

  • Lupus.
  • Artitis Reumatoid.
  • Sklerosis Ganda.
  • Penyakit Celiac.
  • Sindrom Radang Usus.

 

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Kenali Cara Sistem Imunitas Tubuh Dalam Melawan Infeksi yang Menyerang

Kenali Cara Sistem Imunitas Tubuh Dalam Melawan Infeksi yang Menyerang / Credit: doktersehat.com

Agar sistem imunitas dapat bekerja dengan optimal, kamu dapat lakukan berbagai langkah agar daya tahan tubuh tetap terjaga, seperti menerapkan pola hidup sehat yang meliputi rutin berolahraga, memiliki pola makan sehat, cukup istirahat, dan kelola stres.

Biar semakin maksimal – konsumsi pula multivitamin yang mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks, seperti Enervon-C. Mengapa mesti Enervon-C?

Karena, kombinasi Vitamin C 500mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niasinamide, dan Kalsium Pantotenat yang bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh, biar nggak gampang sakit.

Selain itu, Enervon-C dapat bantu maksimalkan proses metabolisme. Sehingga, makanan yang kamu konsumsi dapat diubah jadi energi. Hal ini berkaitan dengan kandungan vitamin B kompleks, ya.

Nah, untuk membeli Enervon-C , kamu bisa datang ke apotek terdekat atau bisa membeli Enervon-C  di official store kami di beberapa e-commerce platform, seperti Tokopedia dan Shopee. Dapatkan segera ya!

 

 

 

Wah, bagaimana nih? Dari penjelasan di atas, sudah cukup jelas ya mengenai bagaimana imunitas melawan infeksi dalam tubuh. Agar kesehatan tetap prima, jaga selalu daya tahan tubuhmu, terlebih selama pandemi. Karena, imunitas yang baik adalah kunci!

 

Featured Image - healthline.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!