5 Tips Bersikap Profesional Selama WFH Di Masa PSBB

5 Tips Bersikap Profesional Selama WFH Di Masa PSBB

font size A Ǎ

Salah satu “julukan” yang mungkin diinginkan oleh sebagian besar pekerja adalah profesional. Pasti, kamu pun tak lagi asing dengan kata yang satu ini. Ya, kata profesional, kerap diberikan pada seorang pekerja yang dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik, serta memiliki etos kerja yang tak perlu diragukan lagi.

Lebih detail – profesional adalah seseorang yang memiliki keahlian dan keterampilan di bidang yang ia kerjakan. Bahkan, seorang profesional juga mendalami dan berkomitmen tinggi atas pekerjaan tersebut. Dalam hal ini, ia ikut melibatkan diri, pikiran, dan tekun dalam menyelesaikan tugas yang ada.

Tak hanya saat bekerja langsung di kantor, tapi sikap profesional mesti diterapkan ketika work from home. Mengingat, banyak perusahaan yang menerapkan WFH – terlebih sekarang kebijakan PSBB kembali di terapkan.

Bagi kamu yang masih belum terbiasa dengan konsep work from home, perubahan pola kerja memang merupakan tantangan tersendiri. Agar, tetap dapat bersikap profesional ketika WFH, ada sejumlah tips yang patut kamu coba.

Berikut ini ulasannya.

 

 

 

5 Tips Bersikap Profesional Selama WFH Di Masa PSBB

5 Tips Bersikap Profesional Selama WFH Di Masa PSBB

5 Tips Bersikap Profesional Selama WFH Di Masa PSBB / Credit: editorial.femaledaily.com

Berkomunikasi Satu Sama Lain

Tips pertama – usahakan untuk tetap berkomunikasi satu sama lain. Walaupun bekerja di rumah, luangkan waktu untuk memiliki percakapan ringan dengan rekan- rekan kerja, selayaknya di kantor.

Misalnya, ketika sedang rapat online, mulailah dengan menyapa rekan kerja dan menanyakan kabar mereka. Atau, selalu aktif dalam menjawab pertanyaan mengenai hal apapun di grup chat.

 

Hadir Saat Meeting dan Simak Dengan Baik

Ketika melakukan meeting virtual, terkadang tanda- tanda kehadiran hilang terutama ketika kamu mematikan mikrofon, atau terlalu fokus ke layar laptop. Untuk itu, nyatalan mikrofon dan simak secara sesama penjelasan dari rekan kerja.

Simpan pula gadget saat melakukan konferensi video, kecuali kamu menggunakan ponsel untuk mencatat poin- poin penting.

 

Selalu Ingat Rekan yang Berlokasi Jauh

Terkadang, ada anggota tim yang tinggal di lokasi jauh, sehingga ia lebih sulit untuk menyampaikan pendapatnya saat rapat. Pasalnya, mereka cukup sering mengalami kendala, koneksi yang kurang stabil misalnya.

Oleh karena itu, kamu bisa bantu dengan memberi mereka kesempatan berbicara. Dahulukan mereka untuk menyampaikan pendapat. Lalu, jika kamu melihat rekan yang ingin bicara, berhenti sejenak dan beri mereka kesempatan.

 

5 Tips Bersikap Profesional Selama WFH Di Masa PSBB

5 Tips Bersikap Profesional Selama WFH Di Masa PSBB / Credit: inside.unsw.edu.au

Tetapkan Aturan Tim

Dorong anggota tim untuk memiliki aturan yang jelas. In terkait dalam cara berkomunikasi yang baik dan dapat pengambilan keputusan. Seperti, kapan harus membalas email. Dan, tetapkan pula aturan mengenai waktu rapat di luar jam kerja.

 

Makan Bersama Melalui Video Call

Tak boleh dilupakan – luangkan waktu untuk video call sembari menanyakan kabar. Jika memungkinkan, adakan meeting santai untuk mengobrol dan bertukar cerita antar rekan kerja.

Selain itu, kamu bisa video call dengan rekan satu tim sambil sarapan atau makan siang. Gunanya, untuk mempererat bonding sesama anggota. Pasalnya, dapat melihat wajah rekan kerja, meskipun tak secara langsung, dapat membantu mengetahui keadaan mereka.

 

 

 

Nah, itu dia kelima tips agar tetap profesional selama work from home. Berdasarkan penjelasan di atas – kiat-kiat tersebut patut dicoba, sehingga pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik dan ikatan dengan rekan kerja tetap terjaga!

 

Featured Image - careerbright.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!