WFH Sembari Temani Anak Sekolah Online? Begini Cara Atur Waktunya

WFH Sembari Temani Anak Sekolah Online? Begini Cara Atur Waktunya

font size A Ǎ

Dengan kembali diberlakukannya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) – artinya tak hanya karyawan saja yang kembali bekerja di rumah, tetapi anak- anak juga masih terus melakukan kegiatan belajarnya di rumah secara online.

Bagi sebagian orang, kondisi ini mungkin menyulitkan, terlebih bagi orangtua yang perlu memantau dan membantu proses belajar anak. Mengingat, biasanya hal ini diserahkan pada pihak guru di sekolah.

Orangtua mesti pintar dalam mengatur waktu, emosi, pikiran, tenaga untuk bekerja di rumah alias work from home, mengerjakan pekerjaan rumah, dan juga memantau anak belajar online. Nah, apakah kamu salah satu orangtua yang mengalami kondisi ini?

Agar tidak stres dan malah jadi kelimpungan mengurus semuanya – ada berbagai tips yang bisa diterapkan untuk mengatur waktu antara WFH dengan anak belajar online.

Berikut ulasan lengkapnya.

 

 

 

6 Tips Atur Waktu WFH dan Anak Belajar Online

WFH Sembari Temani Anak Sekolah Online? Begini Cara Atur Waktunya

WFH Sembari Temani Anak Sekolah Online? Begini Cara Atur Waktunya / Credit: diversityq.com

Membuat Timetable

Agar seluruh kegiatanmu, termasuk WFH dan memantau anak belajar online bisa berjalan dengan baik, buatlah timetable yang rapih. Timetable – diperuntukkan bagi anak dan orangtua agar mengetahui jadwal kerja, belajar, melakukan kegiatan lainnya, dan istirahat.

Dengan jadwal yang jelas, kamu tetap bisa menyelesakan pekerjaan tanpa mengorbankan waktu bersama anak. Dan, begitu juga sebaliknya.

 

Berbagi Jadwal Dengan Pasangan

Hal yang satu ini juga penting sekali, lho. Usahakan untuk berbagi jadwal dengan pasangan, agar semua kegiatan dan pekerjaan bisa terselesaikan dengan baik.

Misal, hari ini ibu yang membantu anak belajar online, dan bapak dapat menyelesaikan urusan rumah tangga, seperti masak, beberes rumah, dan lain sebagainya. Tetapi, jadwal ini bisa dirotasi setiap hari atau sesuai jadwal dari kantor masing- masing, ya.

 

WFH Sembari Temani Anak Sekolah Online? Begini Cara Atur Waktunya

WFH Sembari Temani Anak Sekolah Online? Begini Cara Atur Waktunya / Credit: gasparinutrition.com

Selalu Jaga Kesehatan

Work from home dan belajar online memang membutuhkan tenaga ekstra. Jadi, selalu jaga kesehatan, terutama di kondisi seperti ini.

Kamu bisa minum multivitamin, seperti Enervon-C yang mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks. Kombinasi keduanya dapat bantu menjaga daya tahan tubuh kamu, nih. Ditambah, kandungan vitamin B kompleks bisa bantu optimalkan metabolisme, sehingga makanan dapat diubah menjadi energi untuk beraktivitas.

Lalu, imbangi dengan perbanyak makan sayur dan buah, kurangi fast food dan berminyak, serta istirahat yang cukup.

 

Atur Emosi

Terlalu lama di rumah dan harus menyelesaikan berbagai tugas, memungkinkan emosi lebih mudah memuncak. Hindari meluapkan emosi tersebut pada anak, ya. Pasalnya, mereka pun berada di posisi yang sama sepertimu.

Untuk mengatasinya, pesan makanan atau minuman favorit agar lebih semangat. Atau, kamu bisa keluarkan emosi dan rasa kesal dengan berolahraga, lho.

 

WFH Sembari Temani Anak Sekolah Online? Begini Cara Atur Waktunya

WFH Sembari Temani Anak Sekolah Online? Begini Cara Atur Waktunya / Credit: wnyc.org

Bermain Dengan Si Kecil

Berada di dalam rumah dan tak bisa bermain, sering membuat anak mengalami tantrum atau mogok belajar. Untuk itu, kamu bisa luangkan waktu bermain bersamanya atau duduk dan mengobrol bersama.

Hal ini diperlukan agar si kecil tetap tenang, senang, dan kembali semangat untuk belajar.

 

Beristirahat Sejenak

Yang satu ini juga penting – beristirahat sejenak sangat direkomendasikan, terutama setelah melakukan berbagai kegiatan yang melelahkan.

Ketika sedang kurang bersemangat, mungkin karena lelah atau bosan, kamu juga bisa mengonsultasikan rasa resahmu guru si kecil. Dengan begitu, solusi dapat dicari bersama- sama dan menemukan titik tengahnya.

 

 

 

Nah, itu dia keenam tips yang dapat kamu lakukan dalam mengatur waktu antara work from home dan anak belajar online. Yang perlu diingat – kamu tak perlu harus sempurna dalam segala hal, ya. Coba take it easy dan jalani secara perlahan!

 

Featured Image - workingmother.com

Source - glints.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!