Salah satu kunci sukses dalam melamar pekerjaan adalah dengan memberikan resume yang menarik agar lamaran kamu dapat dipertimbangkan. Resume yang menarik akan membuat perusahaan tertarik untuk melakukan wawancara dan kesempatan ini akan membuat kamu memiliki peluang diterima bekerja yang lebih besar.

Berikut ini adalah 5 hal yang sebaiknya kamu perhatikan saat menyusun resume untuk lamaran pekerjaan.

1. Komunikasi

Credit: Hipwee

Dalam membuat resume sebaiknya kamu cantumkan kemampuan komunikasi kamu. Jelaskan kelebihanmu dalam resume, misalnya kemampuan dalam mendengarkan, kemampuan

Sewaktu membuat resume cantumkan kemampuan komunikasi kamu. Jelaskan kelebihanmu dalam resume yang kamu buat, misalnya kemampuan dalam mendengarkan, kemampuan berkomunikasi dengan baik melalui lisan maupun tulisan. Dan jelaskan bahwa kamu bisa tampil percaya diri untuk berbicara di depan umum.

2. Pengalaman dalam Organisasi

Credit: Kaskus

Dalam resume, sebaiknya spesifikkan pengalaman organisasi yang pernah kamu ikuti. Pilih organisasi yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang kamu lamar. Pengalaman organisasi yang baik akan memberikan kesan bahwa kamu dapat membuat tujuan yang baik dan dapat bekerja dengan deadline.

3. Kemampuan Interpersonal

Credit: Liputan6

Kemampuan interpersonal secara efektif bermanfaat untuk berinteraksi dengan orang lain, rekan kerja. Kemampuan intrerpersonal ini seperti kemampuan bekerja sama dan rasa percaya diri.

4. Kemampuan Manajemen

Credit: Okezone

Dalam resume ada baiknya kamu menuliskan kemampuan kamu dalam memimpin, memahami tugas dengan cepat dan dapat berpikir kreatif untuk menyelesaikan masalah. Dengan begini, kamu dapat lebih dipertimbangkan untuk mengikuti wawancara kerja.

5. Kemampuan Membuat Perencanaan

Credit: IDNTimes

Tunjukkanlah kreatifitas ide kamu, kemampuan untuk menganalisa masalah dan mencari apa yang dibutuhkan orang lain. Dengan begitu, perusahaan yang melihat resume atau CV mu dapat mempertimbangkan kamu untuk mengikuti sesi wawancara.

Demikian 5 hal yang perlu kamu cantumkan dalam resume yang sedang kamu buat. Selain memastikan 5 hal di atas, kamu juga dapat membuat CV kamu menjadi sekreatif mungkin, sehingga tidak terlalu membosankan dan berbeda dengan lainnya.

 

Featured Image - Tempo.co