Wajib Diketahui! Ini Perbedaan Penyebab Pneumonia Biasa dan Covid-19

Wajib Diketahui! Ini Perbedaan Penyebab Pneumonia Biasa dan Covid-19

font size A Ǎ

Virus corona (Covid-19) yang menyerang saluran pernapasan manusia dapat menyebabkan berbagai dampak buruk, salah satunya pneumonia atau infeksi yang menimbulkan peradangan pada paru- paru. Penyebab pneumonia karena Covid-19, umumnya berbeda dari pneumonia yang biasa terjadi.

Pneumonia – kerap dikenal sebagai istilah paru- paru basah. Kondisi ini merupakan infeksi yang mengakibatkan terjadinya peradangan pada kantong- kantong udara pada salah satu atau kedua paru. Infeksi tersebut menyebabkan kantong udara meradang dan dipenuhi oleh cairan.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, penyebab pneumonia biasa dengan Covid-19 berbeda. Untuk sejumlah virus tertentu yang menyerang saluran pernapasan, umumnya akan memberikan gejala yang sama. Tetapi, tidak bagi Covid-19.

Lebih lanjut, berikut ini perbedaan penyebab pneumonia biasa dan Covid-19.

 

 

 

Perbedaan Pneumonia Biasa Dengan Covid-19

Wajib Diketahui! Ini Perbedaan Penyebab Pneumonia Biasa dan Covid-19

Wajib Diketahui! Ini Perbedaan Penyebab Pneumonia Biasa dan Covid-19 / Credit: health.detik.com

Virus dan Penularan

Pneumonia pada umumnya berawal dari infeksi saluran pernapasan atas (ISPA),  yaitu hidung dan tenggorokan. Peradangan akan terjadi, hingga menyebar ke saluran pernapasan bawah, yaitu paru- paru.

ISPA biasanya disebabkan oleh beberapa virus, seperti rhinovirus, influenza virus, dan coronavirus jenis lain. Sedangkan, penyebab pneumonia Covid-19 adalah jenis baru yang berkembang dengan cepat di tahun ini.

Penularan Covid-19 terjadi melalui kontak erat dan terpapar droplets orang yang sudah terinfeksi.

 

Gejala

Setelah masa inkubasi virus selama 2-14 hari, tubuh mulai memunculkan berbagai gejala. Untuk penyebab pneumonia Covid-19, pasien akan mengalami demam, flu, batuk, pilek, sakit kepala, diare, dan sesak napas.

Sedangkan, penyebab pneumonia pada virus lain, tidak memiliki gejala berupa diare dan sesak napas.

 

Wajib Diketahui! Ini Perbedaan Penyebab Pneumonia Biasa dan Covid-19

Wajib Diketahui! Ini Perbedaan Penyebab Pneumonia Biasa dan Covid-19 / Credit: abc.net.au

Penyebaran

Penyebaran Covid-19 berlangsung dengan cepat. Berbeda dengan penyebab pneumonia lainnya, yang terjadi secara bertahap dan umumnya sembuh dengan sendirinya pada tahap ISPA – hanya ada beberapa kasus parah saja yang terjadi.

Jika pasien Covid-19 mengalami pneumonia – kemampuan paru dalam mendapatkan dan menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh akan menurun.

 

Pengobatan

Untuk penyebab pneumonia biasa – pengobatan dilakukan dengan memberi antibiotik atau anti-virus untuk menghalau virus semakin berkembang. Sementara, pada Covid-19, masih belum ada obat atau vaksin untuk melumpuhkan virus tersebut.

Sehingga, tenaga kesehatan hanya memberikan pengobatan pendukung untuk mengurangi keparahan dan gejala yang dialami pasien.

 

Vaksin

Pada pneumonia biasa, terdapat tiga vaksin yang dapat digunakan sebagai langkah pencegahan, yaitu Vaksin PSCV13, Vaksin PPSV23, dan Vaksin Hib.

Sedangkan, pneumonia Covid-19 masih belum memiliki vaksin tersendiri untuk mencegahnya. Saat ini, sejumlah ahli masih terus meneliti perkembangan vaksin dan mencari berbagai pengobatan untuk mencegah virus tersebut.

 

Tips Mencegah Penularan Pneumonia

Wajib Diketahui! Ini Perbedaan Penyebab Pneumonia Biasa dan Covid-19

Wajib Diketahui! Ini Perbedaan Penyebab Pneumonia Biasa dan Covid-19 / Credit: halodoc.com

Berbagai pencegahan pneumonia dapat dilakukan dengan berbagai cara, di antaranya:

Mengenai menjaga daya tahan tubuh – bisa dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat, yang meliputi mengonsumsi makanan bergizi dan bernutrisi, rutin berolahraga, cukupi waktu istirahat, minum air putih minimal 8 gelas sehari, dan kelola stres.

Agar lebih optimal, konsumsi pula multivitamin yang kaya akan vitamin C dan vitamin B kompleks, seperti Enervon-C. Kombinasi kedua vitamin tersebut, dapat bantu menjaga daya tahan tubuh biar kamu nggak gampang sakit!

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks dapat bantu proses metabolisme. Jadi, makanan yang dikonsumsi dapat diubah menjadi energi yang lebih tahan lama.

Nah, untuk membeli Enervon-C , kamu bisa datang ke apotek terdekat atau bisa membeli Enervon-C  di official store kami di beberapa e-commerce platform, seperti Tokopedia dan Shopee. Dapatkan segera ya!

 

 

 

Wah, bagaimana nih? Sekarang kamu sudah mengetahui apa perbedaan penyebab pneumonia biasa dan Covid-19, ya. Agar kesehatan tetap terjaga, terapkan langkah pencegahan di atas dan jalani pola hidup yang sehat.

Stay healthy, Enervoners!

 

Featured Image - honestdocs.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!