4 Tips Menjadikan Kakak Sebagai Role Model Sang Adik

4 Tips Menjadikan Kakak Sebagai Role Model Sang Adik

font size A Ǎ

Setiap kakak pasti ingin selalu melindungi adiknya. Keinginan menjaga dan melindungi sang adik, biasanya sudah muncul sejak dini, bahkan ketika si adik masih berada dalam kandungan ibu. Hal ini tentu baik untuk hubungan keduanya, lho.

Tak hanya itu, dengan si kakak memiliki rasa menjaga dan melindungi. Ada kencenderungan bahwa si adik dapat meniru hal serupa. Memang, kakak merupakan role model kedua, setelah orangtua bagi sang adik.

 

 

 

Role model adalah seseorang yang pantas untuk kita jadikan sebagai teladan, karena berbagai prestasi maupun perilaku baik yang tentunya mencerminkan sikap positif bagi banyak orang. Terutama, pada lingkup yang lebih kecil, yaitu keluarga.

Parents! Jika kamu ingin mengajarkan si kakak agar bisa menjadi role model yang baik untuk adiknya. Berikut ini tips yang dapat dilakukan.

 

4 Tips Menjadikan Kakak Sebagai Role Model Adik

4 Tips Menjadikan Kakak Sebagai Role Model Sang Adik

4 Tips Menjadikan Kakak Sebagai Role Model Sang Adik / Credit: moslemlifestyle.com

Jadi Contoh Utama

Langkah paling efektif – orangtua perlu menjadi contoh utama. Pasalnya, anak belajar pertama kali dan terutama dari orangtua, terlebih masalah meniru perilaku. Jadi, jika kamu ingin menjadikan si kakak sebagai role model adik, berikanlah contoh yang baik terlebih dahulu.

Hindari bersikap sebaliknya. Misal, kamu ingin kakak bisa rapih dalam mengatur barang pribadinya. Tapi, kamu justru jarang merapihkan barang.

 

Diskusi Dengan Si Kakak

Kamu dapat ajak kakak untuk berdiskusi mengenai apa arti role model baginya. Setiap individu memiliki pemahaman yang berbeda mengenai hal ini. Maka, membangun pesan yang jelas mengenai role model dapat membuat si kakak lebih terarah.

 

4 Tips Menjadikan Kakak Sebagai Role Model Sang Adik

4 Tips Menjadikan Kakak Sebagai Role Model Sang Adik / Credit: kumparan.com

Bangun Ikatan Sehat Antar Kakak dan Adik

Dalam hal ini – orangtua perlu mendukung agar anak- anaknya dapat membangun ikatan sehat dan kuat yang berdasarkan rasa kasih sayang.

Meski tidak semua anggota keluarga memiliki bahasa kasih yang sama dan punya caranya sendiri untuk mengekspresikannya. Tapi, orangtua bisa mencontohkan pada anak seperti apa menyayangi satu sama lain melalui perilaku dan kata.

Hal ini bisa dimulai dari menghargai kebutuhan setiap anak, tidak membandingkan satu sama lain, dan menerapkan aturan pada semua anak.

 

Beri Apresiasi

Menghargai usaha si kakak dapat menumbuhkan rasa percaya dirinya, termasuk menjadi role model untuk si adik. Usahakan untuk beri kakak pujian, menunjukkan ekspresi bangga, dan ucapan terima kasih.

 

 

 

Nah, itu dia keempat tips yang dapat kamu terapkan untuk menjadikan kakak sebagai role model sang adik. Yang perlu diingat – hindari membebani si kakak dengan peran tersebut, ya. Karena, setiap anak memiliki karakternya masing- masing yang membuat mereka unik.

Intinya – dengan mengajarkan hak ini, kehangatan keluarga akan menjadi modal utama yang dapat diingat dan dikenang anak hingga mereka dewasa.

 

Featured Image - parenting.orami.co.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!