Jaga Imunitas Keluarga Selama PSBB, Terapkan 7 Tips Mudah Ini

Jaga Imunitas Keluarga Selama PSBB, Terapkan 7 Tips Mudah Ini

font size A Ǎ

Daya tahan tubuh – merupakan perlindungan utama agar tubuh tak mudah terserang berbagai virus penyebab penyakit, termasuk Covid-19. Tak heran, kalau masyarakat sekarang semakin gencar dalam menjaga kekebalan tubuh, agar tetap sehat dan fit.

Tak hanya bagi diri sendiri, tetapi menjaga kekebalan tubuh harus dilakukan oleh seluruh anggota keluargamu. Berbagai langkah pun bisa mulai diterapkan, seperti melakukan kegiatan yang sehat dan bermanfaat bagi tubuh.

Dengan begitu, pertahanan terhadap virus, bakteri, kuman, serta patogen atau zat asing lainnya dapat meningkat.

Lebih mudahnya – berikut ini rangkuman tips meningkatkan imunitas tubuh yang bisa diterapkan bersama keluarga, agar terhindar dari ancaman virus.

 

 

 

7 Tips Menjaga Imunitas Keluarga Selama Pandemi

Jaga Imunitas Keluarga Selama PSBB, Terapkan 7 Tips Mudah Ini

Jaga Imunitas Keluarga Selama PSBB, Terapkan 7 Tips Mudah Ini / Credit: heraldscotland.com

Tetap Lakukan Komunikasi

Ada banyak cara untuk melakukan komunikasi selama pandemi, seperti melalui telpon dan video call. Usahakan untuk berkumpul secara virtual bersama keluarga dan teman, misalnya melalui aplikasi Zoom maupun Google Hangout.

Tujuannya, agar kamu tidak merasa kesepian, terutama selama masa PSBB ini. Pasalnya, hubungan sosial yang kuat dapat menurunkan risiko terkena masalah kesehatan mental.

 

Kelola Stres

Stres merupakan musuh utama untuk kekebalan tubuh. ketika stres, sistem imun akan melemah dan risiko terpapar berbagai jenis penyakit akan meningkat. Saat sistem kekebalan lemah bahkan rusak, kamu akan mudah terinfeksi virus, seperti pilek, flu, dan Covid-19.

Kelola stres dengan melakukan berbagai kegiatan positif, seperti meditasi, relaksasi, melakukan hobi, dan olahraga.

 

Jaga Imunitas Keluarga Selama PSBB, Terapkan 7 Tips Mudah Ini

Jaga Imunitas Keluarga Selama PSBB, Terapkan 7 Tips Mudah Ini / Credit: missioncapital.org

Bersikap Positif

Pastikan kamu selalu mengharapkan dan berpikir positif dalam kehidupan. Dengan begitu, sistem kekebalan akan tetap terjaga. Coba untuk melihat segala aspel seperti melihat gelas setengah penuh, bukan setengah kosong.

Tak lupa, sering berucap syukur atas semua hal yang ada dihidupmu. Selalu syukuri segala situasi yang ada, bahkan situasi sulit sekalipun.

 

Rutin Tertawa

Tanpa disadari – tertawa juga dapat bantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Hal ini sendiri sudah didukung dalam sebuah penelitian terhadap laki- laki sehat yang menonton film lucu. Hasilnya, aktivitas sel pembunuh virus alami dalam tubuh meningkat.

 

Jaga Imunitas Keluarga Selama PSBB, Terapkan 7 Tips Mudah Ini

Jaga Imunitas Keluarga Selama PSBB, Terapkan 7 Tips Mudah Ini / Credit: ymcagwc.org

Lakukan Aktivitas Fisik

Olahraga memiliki berbagai manfaat baik untuk kesehatan, termasuk meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan risiko penyakit jantung, osteoporosis, dan beberapa jenis kanker.

Agar manfaat dapat dirasakan secara maksimal, lakukan olahraga setidaknya 4-5 kali dalam seminggu, dengan durasi 30 menit di setiap sesinya. Salah satu olahraga mudah yang dapat kamu lakukan, yaitu jalan kaki, bersepeda, yoga, dan Zumba.

 

Istirahat yang Cukup

Memiliki tidur yang cukup dapat meningkatkan fungsi sel darah putih. Dalam kata lain – ini dapat meningkatkan imunitas tubuh, sehingga risiko terserang penyakit pun menurun.

Optimalkan waktu tidur dengan bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap hari, termasuk di akhnir pekan. Hindari pula kandungan seperti kafein dan alkohol yang dapat mengganggu kualitas tidurmu.

Selain itu, kamu dapat mengatur suhu ruangan jadi lebih dingin, mandi air hangat sebelum tidur, putar musik santai, atau minum secangkir teh. Sejumlah rutinitas menenangkan tersebut dapat membantumu tidur lebih cepat.

 

Jaga Imunitas Keluarga Selama PSBB, Terapkan 7 Tips Mudah Ini

Jaga Imunitas Keluarga Selama PSBB, Terapkan 7 Tips Mudah Ini / Credit: pediatriccenterofroundrock.com

Rutin Cuci Tangan

Cuci tangan adalah salah satu cara sederhana dan efektif untuk mencegah penularan virus, termasuk Covid-19. Pasalnya, beberapa virus mudah ditularkan ketika terjadi kamu bersentuhan dengan orang yang sudah terinfeksi.

Rutin cuci tangan termasuk sebelum dan sesudah makan, sesudah menggunakan toilet, sebelum menyentuh bagian wajah, setelah batuk dan bersin, dan setelah menyentuh berbagai benda yang mungkin kotor, dapat bantu mengurangi risiko terinfeksi virus.

 

 

 

Selain berbagai tips di atas, jaga selalu daya tahan tubuh keluarga dengan menerapkan gaya hidup sehat. Ini meliputi pola makan bergizi seimbang, cukupi kebutuhan cairan tubuh, rutin berolahraga, dan kelola stres.

Untuk maksimalkan gaya hidup sehat, konsumsi pula multivitamin seperti Enervon-C. Kenapa harus Enervon-C?

Karena, kandungan Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat dalam Enervon-C dapat bantu menjaga daya tahan tubuhmu dan keluarga.

Untuk si kecil, berikan multivitamin Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, danVitamin B12), Vitamin C, Vitamin D, Niacinamide, dan Panthenol.

Dengan kandungan lengkap tersebut, dapat bantu si kecil untuk tetap aktif selama masa pertumbuhan, meningkatkan nafsu makan, sekaligus jaga daya tahan tubuhnya!

 

Berdasarkan penjelasan di atas, cukup jelas bahwa kamu direkomendasikan untuk menerapkan kiat- kiat di atas agar kekebalan tubuh tetap dalam kondisi prima dan terhindar dari berbagai macam penyakit!

 

Featured Image - ivyprep.org

Source - popmama.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!