Berkebun Di Rumah Bareng Si Kecil, Coba Tanam 6 Sayuran Ini!

Berkebun Di Rumah Bareng Si Kecil, Coba Tanam 6 Sayuran Ini!

font size A Ǎ

Akhir pekan merupakan waktu yang pas untuk bersantai, maupun melakukan berbagai aktivitas menyenangkan bersama keluarga. Terlebih, kamu sudah sibuk bekerja dan tak sempat menghabiskan waktu bersama si kecil. Weekend memang waktu yang tepat!

Menghabiskan akhir pekan bersama anak – tidak hanya dapat meningkatkan bonding antar anak dan orangtua saja, tetapi juga dapat membantu perkembangan pola pikir serta kepribadian si kecil.

Mengisi waktu di akhir pekan tidak harus pergi ke tempat- tempat umum, kok. Apalagi, selama pandemi Covid-19, ada baiknya kamu tetap berada di rumah saja, ya. Selain irit, kamu dapat mengajarkan anak untuk peduli terhadap hal- hal di sekitarnya, termasuk memahami alam, bertanggung jawab, dan belajar bekerja sama.

Lebih mudahnya – kamu bisa ajak si kecil untuk berkebun di rumah, lho! Nah, berikut ini deretan rekomendasi tanaman sayur yang bisa kamu pilih.

 

 

 

6 Rekomendasi Sayuran Untuk Ditanam Di Rumah Bersama Anak

Berkebun Di Rumah Bareng Si Kecil, Coba Tanam 6 Sayuran Ini!

Berkebun Di Rumah Bareng Si Kecil, Coba Tanam 6 Sayuran Ini! / Credit: liputan6.com

Cabai

Menanam cabai cukup mudah, lho. Kamu tidak memerlukan banyak perlengkapan atau pupuk berbahan kimia yang mungkin bisa membahayakan kesehatan anak.

Cara menanamnya pun mudah – kamu hanya perlu membuat jalur vertikal, kemudian tanam bibit cabai dengan memberi jarak 10 cm antar benih, siram dengan air, dan tutupi dengan karung goni selama 4 hari. Biasanya, cabai akan tumbuh dalam waktu 2,3 – 3 bulan.

 

Tomat

Ingin menanam tomat bareng si kecil di rumah? Bisa banget, nih! Sediakan polybag dan biarkan anak menaruh biji tomat di polybag tersebut. Jangan lupa untuk siram tanaman setiap pagi selama satu bulan, ya.

Kalau tanaman sudah mulai tumbuh, kamu dapat pindahkan ke dalam polybag yang lebih besar.

 

Berkebun Di Rumah Bareng Si Kecil, Coba Tanam 6 Sayuran Ini!

Berkebun Di Rumah Bareng Si Kecil, Coba Tanam 6 Sayuran Ini! / Credit: donotdisturbgardening.com

Bawang Bombay

Kamu juga dapat ajak si kecil menanam bawang bombay di rumah. Karena, tanaman ini membutuhkan udara yang sejuk agar bisa tumbuh dengan sempurna, ada baiknya kamu menanam bombay di pagi hari, ya. Dan, letakkan pula tanaman di tempat sejuk.

 

Jahe

Kalau kamu tak memiliki lahan yang luas, bisa ajak anak menanam jahe di halaman rumah. Tapi sebelumnya, sediakan campuran tanah dan pupuk kandang dahulu. Lalu, lakukan pembiakan jahe di tempat yang tertutup dan lembab, agar bibitnya dapat tumbuh.

Jika sudah ada dua tunas yang tumbuh, kamu bisa segera tanam jahe di polybag atau kebun rumah.

 

Berkebun Di Rumah Bareng Si Kecil, Coba Tanam 6 Sayuran Ini!

Berkebun Di Rumah Bareng Si Kecil, Coba Tanam 6 Sayuran Ini! / Credit: gardenerspath.com

Kunyit

Sama seperti jahe, untuk menanam kunyit kamu perlu menggunakan setidaknya bibit yang sudah berumur 7-12 bulan dan sudah ada 1-3 tunas, ya. Setelah itu, barulah pembiakan dapat dilakukan.

Kalau tunas sudah tumbuh sekitar 3 cm, kamu dapat ajak anak untuk memindahkannya ke polybag, agar kunyit dapat tumbuh secara maksimal.

 

Daun Pandan

Menanam daun pandan cukup mudah dan fleksibel, lho. Karena kamu bisa menanamnya di polybag atau kebun di rumah. Gunakan daun pandan tua sebagai bibit dan tanam di tanah yang basah, ya. Dan, selama merawat tanaman, ajarkan anak untuk menyiraminya.

 

 

 

Nah, itulah keenam rekomendasi tanaman sayur yang bisa kamu rawat bersama si kecil di rumah. Cukup sederhana dan bermanfaat untuk mendorong anak melakukan kegiatan yang bermanfaat, ya!

 

Featured Image - parenting.orami.co.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!