7 Kiat Jitu Jalani Leadership yang Baik, Meski Kerja Dari Rumah

7 Kiat Jitu Jalani Leadership yang Baik, Meski Kerja Dari Rumah

font size A Ǎ

Dengan diberlakukannya kembali kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar, sebagian perusahaan pun ikut menerapkan work from home atau bekerja di rumah bagi para karyawannya. Bagi beberapa perusahaan, WFH dapat meningkatkan produktivitas meski ada beberapa kendala yang harus dihadapi.

Kendala yang kerap datang – tak hanya dialami oleh para karyawan saja, tetapi juga para leader, baik pemimpin perusahaan maupun tim kerja. Bahkan, para leader terkadang merasa lebih kesulitan dalam mengatur timnya.

Untuk itu dibutukan kemampuan leadership yang baik dalam memimpin tim selama WFH. Leadership – merupakan salah satu skill untuk memengaruhi, mengarahkan, memotivasi, dan mengawasi orang lain, dalam hal ini anggota tim, dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan yang sudah direncanakan.

Masih soal menjalani leadership selama WFH – memimpin tim secara virtual memang berbeda dan sulit dilakukan. Kalau bekerja di kantor, kamu bisa bertemu langsung dengan tim dan membahas masalah secara cepat. Tetapi, sekarang mungkin ada keterlambatan waktu – dapat diakibatkan chat yang tak langsung dibalas, atau koneksi internet yang kurang memadai.

Untuk mengatasinya, kamu dapat terapkan ketujuh tips ini untuk menjalani leadership yang baik selama WFH.

 

 

 

7 Tips Jalani Leadership Selama WFH

7 Kiat Jitu Jalani Leadership yang Baik, Meski Kerja Dari Rumah

7 Kiat Jitu Jalani Leadership yang Baik, Meski Kerja Dari Rumah / Credit: callcentrehelper.com

Virtual Bonding Secara Rutin

Jarang bertemu langsung dengan tim kerja dapat membuat hubungan menjadi lebih renggang, lho. Untuk itu, lakukan team bonding paling tidak seminggu sekali, ya.

Tidak hanya sekedar rapat saja, tapi tanyakan pula kabar, bercanda, mengobrol, hingga makan bersama melalui video chat.

 

Jalani Komunikasi yang Baik

Menjalani leadership selama WFH, bukan berarti kamu tidak memperhatikan anggota tim kamu, ya! Tapi, pastikan frekuensi komunikasi tetap berjalan seperti biasa. Ambil insiatif untuk mengontak rekan kerja, berkomunikasi, dan lain sebagainya.

Jadi, kalau ada kendala dalam hal pekerjaan, kamu bisa mengetahui dan memecahkannya secara tepat dan cepat.

 

7 Kiat Jitu Jalani Leadership yang Baik, Meski Kerja Dari Rumah

7 Kiat Jitu Jalani Leadership yang Baik, Meski Kerja Dari Rumah / Credit: suara.com

Buat Anggota Tim Merasa Terlibat

Hal ini berlaku terutama bagi karyawan baru, nih. Jangan hanya karena “anak baru” mereka jadi tak update mengenai hal- hal krusial yang terjadi di kantor. Pastikan mereka tetap mengetahuinya, ya.

Kalau anggota tim merasa tidak terlibat, lama-kelamaan mereka pun akan merasa malas! Pasalnya, beberapa orang tidak hanya bekerja untuk mendapatkan uang saja, tetapi juga ingin berkembang.

 

Adaptasi Dengan Teknologi

Pengunaan aplikasi dan software memang dapat membantu pekerjaan, seperti dalam hal meeting. Selama WFH, pastikan kamu dapat beradaptasi dalam mengoperasikan teknologi dasar yang dibutuhkan untuk menunjang pekerjaanmu.

 

Tentukan Stategi yang Jelas

Umumnya, perusahaan sering mengadakan meeting setiap beberapa minggu sekali untuk membicarakan perkembangan pekerjaan. Dalam hal ini – pastikan semua anggota tim kamu memahami hal yang dibicarakan, ya. Jadi, tak hanya sekedar absen muka saja, nih!

Lalu, pastikan anggota tim mengerti startegi dan rencana kantor meski secara virtual. Ini bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran, jika ada ide yang diajukan ke perusahaan.

 

7 Kiat Jitu Jalani Leadership yang Baik, Meski Kerja Dari Rumah

7 Kiat Jitu Jalani Leadership yang Baik, Meski Kerja Dari Rumah / Credit: wildsftours.com

Dorong Tim Untuk Berkembang

Riset menunjukkan bahwa leadership virtual yang efektif adalah pemimpin yang mendorong anggotanya untuk terus berkembang. Misalnya, melakukan kolaborasi dengan divisi lain.

 

Buat Anggota Tim Percaya Padamu

Anggota tim akan semakin erat kalau mereka dipimpin oleh seseorang yang bisa dipercaya. Hal ini bisa dilakukan dengan menunjukkan kredibilitas, hasil kerja, dan perilaku yang menginspirasi.

Kalau kamu bisa menunjukkan sejumlah hal tersebut – anggota tim akan senang membagikan berbagai ide kreatif untuk kemajuan tim dan perusahaan.

 

 

 

Nah, itu dia ketujuh tips menjalani leadership yang baik selama WFH. Yang penting – selalu tunjukkan kalau kamu tertarik terhadap perkembangan anggota tim kamu, ya. Dan, hargai waktu yang mereka berikan untuk mengembangkan diri dalam pekerjaan maupun karier.

 

Featured Image - businessinsider.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!